RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER :
SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU :
16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND,
MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan
tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
MEMBACA
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak
II. KOMPETENSI DASAR
·
Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang
tepat
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat mengulang deskripsi tentang benda-benda di
sekitar
·
Siswa dapat membaca lancar beberapa kalimat sederhana
yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan menyanyikan
“kelinciku” pada buku panduan tematik 1B
hal 29
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa membaca cerita “kebun yang indah” pada buku
panduan tematik 1B hal 2
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa diminta menyebutkan kata yang tepat untuk
menggantikan gambar hewan dan tumbuhan pada cerita “kebun yang indah”
2.
Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII. PENILAIAN
1.
Pengamatan (sikap dan
perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan semua
tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara lisan (mendeskripsikan
gambar)
“DESKRIPSI”
Nilai 9 : Mendeskripsikan semua gambar dengan kalimat yang tepat
Nilai 8 : Mendeskripsikan sebagian gambar dengan kalimat yang
tepat
Nilai 7 : Mendeskripsikan semua gambar dengan kalimat yang kurang
tepat
Nilai 6 : Mendeskripsikan sebagian gambar dengan kalimat yang
kurang tepat
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,
0 komentar:
Posting Komentar