Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan I



RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                                                                                   : HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER                                                                        : SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU                                                                           : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN                          : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP


PERTEMUAN I
I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

MENDENGARKAN

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

MEMBACA

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

II.                  KOMPETENSI DASAR

·         Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
·         Siswa dapat membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan menyanyikan “kelinciku”  pada buku panduan tematik 1B hal 29

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa membaca cerita “kebun yang indah” pada buku panduan tematik 1B hal 2

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta menyebutkan kata yang tepat untuk menggantikan gambar hewan dan tumbuhan pada cerita “kebun yang indah”
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN

1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru











2.    Penilaian secara lisan (mendeskripsikan gambar)
“DESKRIPSI”
Nilai 9            : Mendeskripsikan semua gambar dengan kalimat yang tepat
Nilai 8            : Mendeskripsikan sebagian gambar dengan kalimat yang tepat
Nilai 7            : Mendeskripsikan semua gambar dengan kalimat yang kurang tepat
Nilai 6            : Mendeskripsikan sebagian gambar dengan kalimat yang kurang tepat



Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     












  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More