MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENDENGARKAN
Memahami
wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
BERBICARA
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan
sederhana, dan dongeng
II.
KOMPETENSI DASAR
·
Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
·
Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana
dengan bahasa yang mudah dimengerti
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat menyusun huruf menjadi nama hewan atau tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan gambar tunggal yang termasuk hewan dan tumbuhan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi "ular naga panjangnya ..."
secara berkelompok 7-10 orang, sambil bermain dengan saling memegang pundak
temannya dan berjalan mengitari kelas
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa bermain kartu berisi nama hewan dan tumbuhan dengan
menebak nama hewan dan tumbuhan yang dideskripsikan oleh guru
·
KEGIATAN
AKHIR
1.
Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik
BI (lb 1 dan lb2)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat
: Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan
guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Kartu,
alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1.
Penilaian secara tertulis :
Kunci jawaban lb 1 :
Hewan
|
Tumbuhan
|
1
3
4
8
9
11
|
2
5
6
7
10
|
Setiap butir
soal diberi nilai 1
Kunci jawaban lb 2 :
1.
jambu
2.
kucing
3.
kutu
4.
angsa
5.
melon
6.
mawar
7.
udang
8.
kuda
9.
singa
10. apel
setiap butir
soal diberi nilai 1
2. Pengamatan
(sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah
berulang-ulang dari guru
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,
0 komentar:
Posting Komentar