MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN
III
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENDENGARKAN
Memahami
wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengulang
deskripsi tentang benda-benda di sekitar
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat menyebutkan nama hewan dan tumbuhan yang dideskripsikan oleh guru
·
Siswa
mendeskripsikan ciri-ciri hewan dan tumbuhan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bersama-sama menyanyikan lagu "aku punya
anjing kecil" dibimbing oleh guru
·
KEGIATAN INTI ( PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI
SISWA)
1.
Siswa memperhatikan guru menjelaskan ciri-ciri hewan dan
tumbuhan pada buku panduan tematik 1B hal 4-5
2. Siswa diminta menuliskan nama
hewan dan tumbuhan tersebut pada kotak yang tersedia
·
KEGIATAN
AKHIR
1.
Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik
BI (lb 3 dan lb 4)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Penilaian tertulis
a.
Kunci jawaban lb 3 :
Setiap butir soal diberi nilai 2
b.
kunci jawaban lb 4:
Nilai
9 : Menyebutkan semua nama dan
ciri-ciri hewan dan tumbuhan dengan benar
Nilai
8 : Menyebutkan semua nama hewan
dan tumbuhan dengan benar dan menyebutkan ciri-ciri sebagian hewan dan tumbuhan
dengan benar
Nilai 7 : Menyebutkan sebagian nama dan
ciri-ciri hewan dan tumbuhan dengan benar
Nilai
6 : Menyebutkan sebagian nama hewan dan
tumbuhan dengan benar dan semua ciri-ciri hewan dan tumbuhan tidak tepat
2.
Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah
berulang-ulang dari guru
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar