Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan III



MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN III


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

II.                  KOMPETENSI DASAR
Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

III.               INDIKATOR
·         Siswa dapat menyebutkan nama hewan dan tumbuhan yang dideskripsikan oleh guru
·         Siswa mendeskripsikan ciri-ciri hewan dan tumbuhan





IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bersama-sama menyanyikan lagu "aku punya anjing kecil" dibimbing oleh guru

·         KEGIATAN INTI ( PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan guru menjelaskan ciri-ciri hewan dan tumbuhan pada buku panduan tematik 1B hal 4-5
2.       Siswa diminta menuliskan nama hewan dan tumbuhan tersebut pada kotak yang tersedia

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik BI (lb 3 dan lb 4)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.   Penilaian tertulis
a. Kunci jawaban lb 3 :
        


Setiap butir soal diberi nilai 2
b. kunci jawaban lb 4:
Nilai 9            : Menyebutkan semua nama dan ciri-ciri hewan dan tumbuhan dengan benar
Nilai 8          : Menyebutkan semua nama hewan dan tumbuhan dengan benar dan menyebutkan ciri-ciri sebagian hewan dan tumbuhan dengan benar
Nilai 7          : Menyebutkan sebagian nama dan ciri-ciri hewan dan tumbuhan dengan benar
Nilai 6          : Menyebutkan sebagian nama hewan dan tumbuhan dengan benar dan semua ciri-ciri hewan dan tumbuhan tidak tepat

2.   Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6          : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     








 



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More