Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan IV




MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP


PERTEMUAN IV

I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

II.                  KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana

III.               INDIKATOR
·         Siswa dapat menyampaikan rasa suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
·         Siswa dapat menjelaskan alasan suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan menyanyikan "lihat kebunku" 

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan gambar hewan dan tumbuhan pada buku panduan tematik 1B hal 6.
2.       Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru mengenai hewan dan tumbuhan tersebut (misalnya nama, ciri, kegunaan atau kerugiannya)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta menyebutkan rasa suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan beserta alasannya secara bergiliran di depan kelas

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.       Penilaian secara lisan (menyampaikan rasa suka atau tidak suka)
"RASA SUKA ATAU TIDAK SUKA"
Nilai 9            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan yang jelas
Nilai 8            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan kurang jelas
Nilai 7            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan jelas
Nilai 6          : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan tidak   jelas
Nilai 5            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tanpa disertai alasan

2.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Nilai 5            : Tidak mau mengerjakan tugas apapun

Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     








 



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More