MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN IV
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan
sederhana, dan dongeng
II.
KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan
sederhana
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat menyampaikan rasa suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
·
Siswa
dapat menjelaskan alasan suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi sambil bertepuk
tangan menyanyikan "lihat kebunku"
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan gambar hewan
dan tumbuhan pada buku panduan tematik 1B hal 6.
2. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan guru mengenai hewan dan tumbuhan tersebut (misalnya nama,
ciri, kegunaan atau kerugiannya)
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa diminta menyebutkan rasa
suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan beserta alasannya secara
bergiliran di depan kelas
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1.
Penilaian secara lisan (menyampaikan rasa suka atau tidak
suka)
"RASA
SUKA ATAU TIDAK SUKA"
Nilai
9 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan yang jelas
Nilai
8 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan kurang jelas
Nilai
7 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan jelas
Nilai
6 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan tidak jelas
Nilai
5 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka tanpa disertai alasan
2. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan semua
tugas sesuai perintah guru
Nilai
5 : Tidak mau mengerjakan tugas
apapun
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar