Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan V





MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP


PERTEMUAN V

I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

II.                  KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana

III.               INDIKATOR
·         Siswa dapat menyampaikan rasa suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
·         Siswa dapat menjelaskan alasan suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi bernyanyi "aku punya anjing kecil" sambil bertepuk tangan

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa berkelompok 4-5 orang bermain, salah satu anggota siswa memeragakan hewan atau tumbuhan di depan kelas, siswa lainnya menebak namanya
2.       Setiap siswa yang berhasil menebak nama hewan atau tumbuhan menyebutkan suka atau tidak suka beserta alasannya

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta untuk mengerjakan latihan pada buku kerja tematik BI (Lb 5 dan 6)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru (bagi yang sudah selesai)

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat tulis dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6           : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru

2.       Penilaian secara tertulis (menyebutkan suka atau tidak suka)
"SUKA ATAU TIDAK SUKA"
Nilai 9            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan yang jelas
Nilai 8            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat runtut dan alasan kurang jelas
Nilai 7            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan jelas
Nilai 6          : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat tidak runtut dan alasan tidak jelas
Nilai 5            : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tanpa disertai alasan


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                      









 






  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More