MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN V
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana,
dan dongeng
II.
KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan
sederhana
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat menyampaikan rasa suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
·
Siswa
dapat menjelaskan alasan suka atau tidak suka terhadap hewan dan tumbuhan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi bernyanyi "aku punya anjing
kecil" sambil bertepuk tangan
·
KEGIATAN
INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa berkelompok 4-5 orang bermain, salah satu anggota
siswa memeragakan hewan atau tumbuhan di depan kelas, siswa lainnya menebak
namanya
2.
Setiap siswa yang berhasil menebak nama hewan atau
tumbuhan menyebutkan suka atau tidak suka beserta alasannya
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa diminta untuk mengerjakan
latihan pada buku kerja tematik BI (Lb 5 dan 6)
2.
Siswa mendapat nilai dari guru (bagi yang sudah selesai)
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik
1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat tulis dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai
perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru
2. Penilaian secara tertulis
(menyebutkan suka atau tidak suka)
"SUKA ATAU TIDAK SUKA"
Nilai 9 : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat
runtut dan alasan yang jelas
Nilai 8 : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat
runtut dan alasan kurang jelas
Nilai 7 : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan kalimat
tidak runtut dan alasan jelas
Nilai 6 : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
dengan kalimat tidak runtut dan alasan tidak jelas
Nilai
5 : Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka tanpa disertai alasan
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar