MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN VI
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENULIS
Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
II.
KOMPETENSI DASAR
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak
bersambung
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2. Siswa memperhatikan menulis dengan huruf tegak
bersambung
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa mendengarkan guru membaca cerita pada buku panduan
tematik 1B hal 7
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa diminta menutup buku
2. Guru membaca kalimat demi kalimat
, diulang 2-3 kali
3. Siswa diminta menyalinnya sesuai
dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
4. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses
pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat tulis dan pinsil 2B
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah
berulang-ulang dari guru
2. Penilaian secara tertulis
(menulis dikte dengan huruf tegak bersambung)
"DIKTE"
Nilai 9 :
Menulis sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
Nilai 8 : Menulis sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf
lepas
Nilai 7 : Menulis tidak
sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
Nilai 6 : Menulis tidak dengan yang didiktekan dengan huruf lepas
Niali 5 : Menulis dikte tidak selesai
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar