Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan VI





MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN VI


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
MENULIS
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

II.                  KOMPETENSI DASAR
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

III.               INDIKATOR
Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa  memperhatikan menulis dengan huruf tegak bersambung

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa mendengarkan guru membaca cerita pada buku panduan tematik 1B hal 7

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta menutup buku
2.       Guru membaca kalimat demi kalimat , diulang 2-3 kali
3.       Siswa diminta menyalinnya sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
4.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat tulis dan pinsil 2B

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan


VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6          : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru

2.       Penilaian secara tertulis (menulis dikte dengan huruf tegak bersambung)
"DIKTE"
Nilai 9            : Menulis sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
Nilai 8            : Menulis sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf lepas
Nilai 7            : Menulis  tidak sesuai dengan yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung
Nilai 6            : Menulis tidak dengan yang didiktekan dengan huruf lepas
Niali 5            : Menulis dikte tidak selesai




Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     









 



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More