Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan X



MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN X


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

II.                  KOMPETENSI DASAR
Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

III.               INDIKATOR
·         Siswa dapat memerankan tokoh dongeng
·         Siswa dapat melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa mendengarkan guru menjelaskan tentang dongeng

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa mendengarkan guru membacakan dongeng pada buku panduan tematik 1B hal 9
2.       Siswa memerankan tokoh dongeng tersebut secara berkelompok 5 orang (katak, peri, kelinci, ikan, dan bunga matahari) di depan kelas

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6          : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru

2.       Penilaian secara lisan (bercakap-cakap)
"BERCAKAP-CAKAP"
Nilai 9            : Melakukan percakapan dengan penghayatan, lafal dan intonasi yang tepat
Nilai 8            : Melakukan percakapan dengan penghayatan , lafal dan intonasi kurang tepat
Nilai 7            : Melakukan percakapan tanpa penghayatan , lafal dan intonasi yang tepat
Nilai 6            : Melakukan percakapan tanpa penghayatan , lafal dan intonasi kurang tepat

Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     









 



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More