MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN IX
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
MEMBACA
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
II.
KOMPETENSI DASAR
Membaca
puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang jelas
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi
yang jelas
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa memperhatikan guru membaca
puisi "kucing" pada buku kerja tematik 1B (lb 9)
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA
1.
Siswa diminta membaca puisi dengan nyaring dan intonasi
yang benar bersama-sama
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa diminta maju ke depan
membacakan puisi dengan memeragakan gerakan ikan
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah
berulang
ulang dari guru
2.
Penilaian secara lisan (Membaca puisi)
"MEMBACA
PUISI"
Nilai
9 :
Membaca puisi dengan nyaring dan intonasi yang benar, memeragakan gerakan
kucing
Nilai
8 : Membaca puisi dengan nyaring
dan intonasi yang benar, tanpa memeragakan gerakan kucing
Nilai
7 : Membaca puisi dengan pelan
dan intonasi yang benar, memeragakan gerakan kucing
Nilai
6 : Membaca puisi dengan pelan
dan intonasi yang benar, tanpa memeragakan gerakan kucing
Nilai
5 : Membaca puisi dengan pelan
dan intonasi tidak tepat, tanpa memeragakan gerakan kucing
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar