Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan VIII




MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN VIII


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
MEMBACA
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

II.                  KOMPETENSI DASAR
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang jelas

III.               INDIKATOR
Siswa dapat membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang jelas

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa memperhatikan guru membaca puisi "ikan" pada buku panduan tematik 1B hal 8

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa diminta membaca puisi dengan nyaring dan intonasi yang benar bersama-sama

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta maju ke depan membacakan puisi dengan memeragakan gerakan ikan
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6          : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru

2.       Penilaian secara lisan (membaca puisi)
"MEMBACA PUISI"
Nilai 9            : Membaca puisi dengan nyaring dan intonasi yang benar, memeragakan gerakan ikan
Nilai 8          : Membaca puisi dengan nyaring dan intonasi yang benar, tanpa memeragakan gerakan ikan
Nilai 7            : Membaca puisi dengan pelan dan intonasi yang benar, memeragakan gerakan ikan
Nilai 6            : Membaca puisi dengan pelan dan intonasi yang benar, tanpa memeragakan gerakan ikan
NiLai 5           : Membaca puisi dengan pelan dan intonasi tidak tepat, tanpa memeragakan gerakan ikan


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     









 


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More