MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN XI
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BERBICARA
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan gambar, percakapan
sederhana, dan dongeng
II.
KOMPETENSI DASAR
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah
dikuasai
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat memerankan tokoh dongeng
·
Siswa
dapat melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata
yang sudah dikuasai
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa mendengarkan guru
menjelaskan tentang dongeng
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa mendengarkan guru
membacakan dongeng pada buku kerja tematik 1B (lb 10)
2. Siswa memerankan tokoh dongeng
tersebut dengan teman sebangku di depan kelas
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber
: Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai
perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru
2.
Penilaian secara lisan (bercakap-cakap)
"BERCAKAP-CAKAP"
Nilai
9 : Melakukan percakapan dengan penghayatan,
lafal dan intonasi yang tepat
Nilai
8 : Melakukan percakapan dengan
penghayatan , lafal dan intonasi kurang tepat
Nilai
7 : Melakukan percakapan tanpa
penghayatan , lafal dan intonasi yang tepat
Nilai
6 : Melakukan percakapan tanpa
penghayatan , lafal dan intonasi kurang tepat
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar