MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN VII
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi
"1,2,3,4,5,6,7,8,..."
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa bermain menuliskan lambang
bilangan yang dibacakan oleh guru
2. Siswa yang bisa maju ke depan
menuliskan lambang bilangannya di papan tulis
·
KEGIATAN
AKHIR
1.
Siswa diminta mengerjakan latihan dari buku kerja tematik
Mat (lm 4)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk
Matematika jilid 1B, Jakarta
: Erlangga
Media
: Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
tanya jawab
VII.
PENILAIAN
1.
Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai
perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru
tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan
semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian
tertulis
Kunci
jawaban lm 4:
1.
limapuluh enam : 56
2. tigapuluh sembilan : 39
3. tujuhpuluh delapan : 78
4. enampuluh Satu : 61
5.
delapanpuluh delapan : 88
6.
sembilanpuluh tiga : 93
7.
lima puluh lima : 55
Setiap
soal diberi nilai 2 dan dibagi 1,5
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar