MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN VI
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi "satu
ditambah satu ..."
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa berkelompok 4-5 orang bermain ular tangga pada buku
panduan tematik 1B hal 18 (untuk menguatkan konsep) dibimbing oleh guru
·
KEGIATAN
AKHIR
1.
Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik
Mat (lm 3)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008).
Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Matematika jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : dadu dan gelas pengocok, alat dan benda
di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
penugasan
VII.
PENILAIAN
1.
Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan
semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian tertulis
Kunci jawaban lm 3 :
1. enampuluh sembilan : 69
2. tujuhpuluh dua : 72
3. delapanpuluh Satu : 81
4. limapuluh lima :
55
5.
sembilanpuluh tiga : 93
6. seratus : 100
Setiap
soal diberi nilai 5 dan dibagi 3
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar