MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN V
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bermain siapa cepat dia dapat (siswa yang bisa maju
membaca lambang bilangan secara lisan yang ditulis oleh guru di papan tulis)
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa mengerjakan latihan motorik
dengan menebalkan lambang bilangan pada buku panduan tematik 1B hal 16
2. Siswa menulis lambang bilangan yang
sesuai dengan gambar bilangan pada buku panduan tematik 1B hal 17
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk
Matematika jilid 1B, Jakarta
: Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
tanya jawab
VII.
PENILAIAN
1.
Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai
6 : Tidak mau mengerjakan
semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian
tertulis
Kunci
jawaban buku panduan tematik 1B hal 17 :
53
58
56
setiap
butir soal diberi nilai 3
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar