MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI
WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN IV
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi "balonku ada lima ..."
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan membaca dan
menulis lambang bilangan pada buku panduan tematik 1B hal 14
2.
Siswa diminta membaca lambang bilangan dari 51 sampai 100
pada buku panduan tematik 1B hal 15 di depan kelas secara bergiliran
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa berkelompok 4-5 orang
bermain kartu yang disediakan (mencari kartu yang berisi bilangan yang
disebutkan oleh guru secara lisan)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk
Matematika jilid 1B, Jakarta
: Erlangga
Media
: Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
diskusi kelompok
VII.
PENILAIAN
Penilaian
sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai
9 : Mengerjakan semua tugas sesuai
perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai
8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai
perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah
guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai
perintah guru
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar