MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI
WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN III
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membilang banyak benda melalui kegiatan mencongak
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bermain kartu yang telah dibuat untuk memperkuat
konsep membilang banyak benda secara kelompok kecil 4-5 orang
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa membilang secara lisan pertanyaan dari guru yang
menggunakan benda kongkrit yang ada di kelas (untuk melatih konsentrasi)
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa mencongak (membilang banyak
benda dengan melihat benda kongkrit yang diperlihatkan oleh guru sebagai soal
secara lisan)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk
Matematika jilid 1B, Jakarta
: Erlangga
Media
: Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
tanya jawab
VII.
PENILAIAN
1. Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian tertulis
Setiap
butir soal diberi nilai 2
Butir soal dan kunci jawaban
mencongak
No.
|
Butir Soal
|
Kunci jawaban
|
1.
|
Gambar : kursi 40 buah
|
40
|
2.
|
Gambar : meja 30 buah
|
30
|
3.
|
Gambar : buku 50 buah
|
50
|
4..
|
Gambar : tas 45 buah
|
45
|
5.
|
Gambar : pensil 40 buah
|
40
|
Cat
: benda kongkrit disesuaikan dengan kondisi sekolah
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar