Sabtu, 12 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan XV



MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN III

I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
               Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah


II.                  KOMPETENSI DASAR
Membilang banyak benda

III.               INDIKATOR
Siswa dapat membilang banyak benda melalui kegiatan mencongak

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bermain kartu yang telah dibuat untuk memperkuat konsep membilang banyak benda secara kelompok kecil 4-5 orang

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa membilang secara lisan pertanyaan dari guru yang menggunakan benda kongkrit yang ada di kelas (untuk melatih konsentrasi)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mencongak (membilang banyak benda dengan melihat benda kongkrit yang diperlihatkan oleh guru sebagai soal secara lisan)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak


V.                  SUMBER DAN MEDIA
Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Matematika jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media             : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN
1.       Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian tertulis
Setiap butir soal diberi nilai 2
Butir soal dan kunci jawaban mencongak
No.
Butir Soal
Kunci jawaban
1.
Gambar : kursi 40 buah

40
2.
Gambar : meja 30 buah

30
3.
Gambar : buku 50 buah

50
4..
Gambar : tas 45 buah

45
5.
Gambar : pensil 40 buah

40
Cat : benda kongkrit disesuaikan dengan kondisi sekolah


Bandung,            Juli 2009
Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     









 




  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More