MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI
WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
Membilang
banyak benda
III.
INDIKATOR
Siswa
dapat membilang banyak benda
IV.
LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa menjawab secara lisan
pertanyaan guru (jumlah hewan dan tumbuhan yang digambar di papan tulis)
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa berkelompok 4-5 orang
bermain kartu yang disediakan guru (memasangkan gambar hewan dan tumbuhan
dengan angka yang tepat)
·
KEGIATAN
AKHIR
1.
Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik
Mat 1B (lm 2)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses
berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai
proses pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Matematika jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain,
diskusi kelompok
VII.
PENILAIAN
1. Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai
7 : Mengerjakan semua tugas
sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian tertulis
Kunci jawaban lm 2 :
Anggur : 54
Duku : 66
Rambutan : 75
Pisang : 100
Setiap soal diberi nilai 2
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,






0 komentar:
Posting Komentar