Minggu, 13 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Pertemuan XX




MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN VIII


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BILANGAN
               Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah

II.                  KOMPETENSI DASAR
Membilang banyak benda

III.               INDIKATOR
Siswa dapat membaca dan menulis lambang bilangan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi "lihat kebunku ..." sambil bertepuk tangan

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik Mat (lm 5)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta mengerjakan tes yang dibuat oleh guru
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA
Sumber            : Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
 Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk Matematika jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media              : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN
1.  Penilaian sikap
"KEMANDIRIAN"
Nilai 9              : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8              : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7              : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6              : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.  Penilaian terrulis
kunci jawaban lm 5 :
1. 27 : dua puluh tujuh
2. 81 : delapan puluh Satu
3. 96 : sembilan puluh enam
4. 54 : lima puluh empat
5. 68 : enam puluh delapan
setiap butir soal diberi nilai 5 dan dibagi 3





Bandung,              Juli 2009
Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     











 





  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More