RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER :
II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.1. Mengenal kegiatan bermusyawarah.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.2. Menceritakan
kembali isi dongeng yang didengamya.
Berbicara
6.2. Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Membaca
7.2. Menyebutkan
isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
Menulis
8.2. Menyalin puisi
anak dengan huruf tegak bersambung yahg rapi.
3. MATEMATIKA
Bilangan
3.1. Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
Geometri dan
Pengukuran
4.2. Mengenal
sisi-sisi bangun datar.
4. IPA
3.2. Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematiiya.
5. IPS
2.1. Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
§ Menjetaskan manfaat bermusyawarah
§ Menjelaskan pengertian bermusyawarah
§ Melaksanakan hash musyawarah.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
§ Mendengarkan dongeng
§ Menjawáb
pertanyaan tentang isi dongeng
Berbicara
§ Menceritakan
kembali cerita yang didengar dengan kata-kata sendiri.
Membaca
§ Menyebutkan
isi teks dan bacaan
Menulis
§ Menuliskan
puisi dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3. MATEMATIKA
Bilangan
§ Mengenal perkalian sebagai penjumlahan berulang
§ Mengenal fakta perkalian yang hasilnya dua angka
§ Mengerjakan
soal cerita dalambentuk perkalian
Geometri dan
Pengukuran.
§ Menyebutkan jumlah sisi persegi
§ Menyebutkan
jumlah sisi persegi panjang
4. IPA
Energi dan
Perubahannya
§ Menyebutkan alat-alat komunikasi yang menggunakan listrik
§ Menyebutkan
kegunaan alat komunikasi.
5. IPS
§ Menyebutkan kedudukan / peran ayah
§ Menyebutkan kedudukan / peran ibu
§ Menyebutkan
kedudukan / peran anak
III. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I
A. Kegiatan Awal:
1. Do’a
bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Guru bertanya
jawab tentang dongeng komunikasi
2. Guru mendongeng
/ bercerita tentang komunikasi
3. Mengadakan
tanya jawab dengan teman sebangkunya tentang dongeng yang di dengar
4. Mengajukan
beberapapertanyaan tentang isi dongeng komunikasi
5. Anak menuliskan
jumlah atat komunikasi yang dimiliki
6. Anak diajak
berhitung perkalian
7. Anak diajak
menghitung jumlah sisi bangun datar yang ada di dalam kelas
8. Tanya jawab
tentang alat komunikasi yang menggunakan listrik
9. Anak diajak
tanya jawab tentang peran/ kedudukan orang tua di dalam anggota keluarga.
10. Anak
menggambarkan bangun datar persegi dan persegi panjang.
C. Penutup
Guru
dan anak membuat kesimpulan tentang “Komunikasi” Anak menyanyikan lagu “Tukang
Pos”
PERTEMUAN MINGGU KE-2
A. Kegiatan Awal
1. Do’a bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan
1. Anak diajak
bermusyawarah tentang alat komunikasi
2. Guru membagi
buku perpustakaan untuk dibaca oleh anak
3. Guru menulis
puisi di papan tulis anak menyalin meñggunakan huruf tegak bersambung
4. Guru bercerita
tentang soat cerita perkalian
5. Anak diajak
menghitung jumlah sisi bangun datar yang ada di dalam kelas
6. Anak diajak
berkomunikasi melatui alat komunikasi
7. Tanya jawab
tentang perani kedudukau
anak di dalam anggota keluarga
C. Penutup
Guru
dan anak membuat kesimpulan tentang “Komunikasi”
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar