Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema KESEHATAN DAN KEAMANAN Hal 19



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                                : KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER      : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU            : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
4.1.   Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari­hari.
2.   BAHASA INDONESIA
            5.1.   Mendengarkan
Menyampaikan pesan pendek yang didengamya kepada orang lain.
            6.1.   Berbicara
Mendesknipsikan tumbuhan atau binatang di sekilar sesuai ciri cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.
            7.1.   Membaca
Membaca nyaring teks (15 - 20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
            8.1.   Menulis
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
3.   MATEMATIKA
            3.1.   Bilangan
                     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bitangan dua angka.
            4.1.   Geometnidan Pengukuran
                     Mengelompokan bangun datar.
4.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.
            2.1.   Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
5.   lImu Pengetahuan Alam.
            3.1.   Mengidentillkasi sumber sumber ( panas, listrik, cahaya, dan bumi) yang ada dilingkungan sekitar.
II.   INDIKATOR
1.   PKN
4.1.1.   Menjelaskan arti kejujuran
4.1.2.   Menjelaskan arti. kedisiplinan
4.1.3.   Menyebulkan contoh sikap kejujuran.
4.1.4.   Menyebutkan contoh sikap kedisiplinan
4.1.5.   Menyebutkan akibattidakjujur
4.1.6.   Menyebutkan akibattidak disiplin.
4.1.7.   Menjalankan sikap jujur dalam kehidupan. sehani-hari
4.1.8.   Menjalankan sikap disiplin dalam kehidupan sehani-hari.
2.   BAHASA INDONESIA.
a.   Mendengarkan.
5.1.1.   Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng Icerita.
5.1.2.   Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
5.1.3.   Menceritakan kembali dengan menggunakan.kata-kata sendini.
b.   Berbicara.
6.1.1.   Menirukan gerakdan suara binatang tertentu.
6.1.2.   Menyebutkan hewan berkaki 4
6.1.3.   Menyebutkan hewan berkaki 2.
c.   Membaca.
7.1.1.   Membaca lancar dengan pemahaman teks.
7.1.2.   Menjawab pertanyaan isi teks.
7.1.3.   Menceritakan isi teks.
d.   Menulis.
8.1.1.   Melengkapi syair lagu
8.1.2.   Menulis syair lagu dengan tulisan tegak bersambung.
3.   MATEMATIKA.
            a.  Bilangan
3.1.1      Mengenal arti perkalian sebagai penjumlahan berulang
3.1.2      Mengenal fakta perkalian sampai 5x10 dengan berbagai cara
b.  Geometri dan Pengukuran


4.1.1.   Mengelompokan bangun-bangun datar menurut bentuknya.
4.1.2.   Mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya.
4.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.
2.1.1.   Menyebutkan kedudukan ayah dalam keluarga.
2.1.2.   Menyebutkan kedudukan ibu dalam keluarga.
2.1.3.   Menyebutkan peran ayah dalarn keluarga.
2.1.4.   Menyebutkan peran ibu dalam keluarga.
2.1.5.   Menyebutkan peran anak dalam keluarga.
5.   ILMU PENGETAHUAN ALAM.
3.1.1.   Menyebutkan jenis-jenis sumber energi.
3.1.2.   Menyebutkan sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui.
3.1.3.   Menyebutkan sumber-sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.
3.1.4.   Menyebutkan kaedah sumber energi bagi kehidupan sehari-hari.
III.  LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I
A.   Kegiatan awal.
1.   Berdoa bersama.
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi.
B.   Kegiatan Inti
1.   Guru bercerita dongeng tentang kejujuran,
2.   Guru menjelaskan pentingnya arti kejujuran dan kedisiplinan.
3.   Siswa menjelaskan arti pentingnya kejujuran dan kedisiplinan dengan bimbingan guru.
4.   Gurumengadakan tanya tentang isi dongeng,
5.   Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam dongeng / cerita
6.   Siswa Menyebutkan binatang-binatang yang ad di kebun binatang
7.   Guru bertanya jawab dengan siswa tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
8.   Siswa mencari hasil perkalian bilangan dua angka yang hasil perkalian angka yang hasitnya sampai dengan 50.
9.   Guru menjelaskan peran dan kedudukan ayah dalam keluarga,
10. Guru menjelaskan kedudukan dan peran ibu dalam keluarga,
11. Siswa menyebutkan kedudukan dan peran ayah dan ibu dalam keluarga,
12. Guru menjelaskan jenis-jenis sumber energi di kehidupan sehari hari.
13. Meiaksanakan tugas portopblio.
14. Merefleksikan hasil tugas portopolio.

C.  Kegiatan Akhir.
1.     Menyanyi.
2.     Berdoa.
PERTEMUAN MINGGU KE-II
A.   Kegiatan awal
1.     Doa bersama
2.     Mengabsen siswa.
3.     Apersepsi
B.   Kegiatan Inti:
1.     Siswa membaca teks I wacana dengari bersuara dengan tema “akibat tidak jujur dan tidak disiplin
2.     Siswa menyebutkan akibat - akibat yang ditimbulkan akibat tidak jujur.
3.     Siswa menyebutkan akibat-akibat yang ditimbulkan akibat tidak disiplin
4.     Siswa menjawab pertanyaan dan guru tentang isi bacaan dan dapat menceritakan isi bacaan secara singkat dengan bahasa sendini.
5.     Siswa melengkapisyair lagu dengan tulisan tegak bersambung
6.     Guru menunjukkan berbagai bangun datar
7.     Siswa menyebutkan nama berbagai bangun datar
8.     Siswa mengurutkan bangun datar menurut ukurannya
9.     Guru bertanya jawab tentang peran anak dalam keluarga
10.   Siswa menyebutkan faedah sumber energi bagi kehidupan sehani - han
11.   Guru menunjukkan bahan - bahan yang digunakan untuk pembuatan cat pewama dan alam
12.   Siswa membuat cat pewama dan alam
13.   Melaksanakan tugas portofolio
14.   Merefleksi hasil tugas portofolio


C.  Kegiatan Akhir
1.   Mendongeng (bercerita)
2.   Menyanyi
3.   Berdoa

IV.  SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
A.   Sumber
1.   Buku tematik (buku paket)
2.   Buku pendamping
3.   Pengembangan diri
4.   Lingkungan
5.   Siswa
6.   Majalah anak-anak
B.   Media Pembelajaran
1.   Gambar-gambar binatang
2.   Tabel perkalian
3.   Lingkungan
4.   Model alat musik sederhana
5.   Model bangun dalar
6.   Bahan barang bekas
7.   Gambar keluarga / Foto keluarga
8.   Gambar sumber - sumber energi

V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanyajawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio


                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More