RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
4.1. Mengenal
nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan seharihari.
2. BAHASA INDONESIA
5.1. Mendengarkan
Menyampaikan
pesan pendek yang didengamya kepada orang lain.
6.1. Berbicara
Mendesknipsikan
tumbuhan atau binatang di sekilar sesuai ciri cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain.
7.1. Membaca
Membaca
nyaring teks (15 - 20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang
tepat.
8.1. Menulis
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
3. MATEMATIKA
3.1. Bilangan
Melakukan perkalian
bilangan yang hasilnya bitangan dua angka.
4.1. Geometnidan
Pengukuran
Mengelompokan bangun datar.
4. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL.
2.1. Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga.
5. lImu
Pengetahuan Alam.
3.1. Mengidentillkasi sumber sumber ( panas,
listrik, cahaya, dan bumi) yang ada dilingkungan sekitar.
II. INDIKATOR
1. PKN
4.1.1. Menjelaskan
arti kejujuran
4.1.2. Menjelaskan
arti. kedisiplinan
4.1.3. Menyebulkan
contoh sikap kejujuran.
4.1.4. Menyebutkan
contoh sikap kedisiplinan
4.1.5. Menyebutkan
akibattidakjujur
4.1.6. Menyebutkan
akibattidak disiplin.
4.1.7. Menjalankan
sikap jujur dalam kehidupan. sehani-hari
4.1.8. Menjalankan
sikap disiplin dalam kehidupan sehani-hari.
2. BAHASA
INDONESIA.
a. Mendengarkan.
5.1.1. Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng Icerita.
5.1.2. Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
5.1.3. Menceritakan
kembali dengan menggunakan.kata-kata sendini.
b. Berbicara.
6.1.1. Menirukan
gerakdan suara binatang tertentu.
6.1.2. Menyebutkan
hewan berkaki 4
6.1.3. Menyebutkan
hewan berkaki 2.
c. Membaca.
7.1.1. Membaca
lancar dengan pemahaman teks.
7.1.2. Menjawab
pertanyaan isi teks.
7.1.3. Menceritakan
isi teks.
d. Menulis.
8.1.1. Melengkapi
syair lagu
8.1.2. Menulis
syair lagu dengan tulisan tegak bersambung.
3. MATEMATIKA.
a. Bilangan
3.1.1
Mengenal
arti perkalian sebagai penjumlahan berulang
3.1.2
Mengenal
fakta perkalian sampai 5x10 dengan berbagai cara
b.
Geometri
dan Pengukuran
4.1.1. Mengelompokan
bangun-bangun datar menurut bentuknya.
4.1.2. Mengurutkan
bangun-bangun datar menurut ukurannya.
4. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL.
2.1.1. Menyebutkan
kedudukan ayah dalam keluarga.
2.1.2. Menyebutkan
kedudukan ibu dalam keluarga.
2.1.3. Menyebutkan
peran ayah dalarn keluarga.
2.1.4. Menyebutkan
peran ibu dalam keluarga.
2.1.5. Menyebutkan
peran anak dalam keluarga.
5. ILMU
PENGETAHUAN ALAM.
3.1.1. Menyebutkan
jenis-jenis sumber energi.
3.1.2. Menyebutkan
sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui.
3.1.3. Menyebutkan
sumber-sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.
3.1.4. Menyebutkan
kaedah sumber energi bagi kehidupan sehari-hari.
III. LANGKAH
- LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
MINGGU I
A. Kegiatan awal.
1. Berdoa bersama.
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi.
B. Kegiatan
Inti
1. Guru bercerita dongeng tentang kejujuran,
2. Guru menjelaskan pentingnya arti kejujuran
dan kedisiplinan.
3. Siswa
menjelaskan arti pentingnya kejujuran dan kedisiplinan dengan bimbingan guru.
4. Gurumengadakan tanya tentang isi dongeng,
5. Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam dongeng /
cerita
6. Siswa Menyebutkan binatang-binatang yang ad
di kebun binatang
7. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
8. Siswa
mencari hasil perkalian bilangan dua angka yang hasil perkalian angka yang
hasitnya sampai dengan 50.
9. Guru menjelaskan peran dan kedudukan ayah dalam
keluarga,
10. Guru menjelaskan kedudukan dan peran ibu dalam
keluarga,
11. Siswa menyebutkan kedudukan dan peran ayah dan
ibu dalam keluarga,
12. Guru menjelaskan jenis-jenis sumber energi di
kehidupan sehari hari.
13. Meiaksanakan tugas portopblio.
14. Merefleksikan hasil tugas portopolio.
C. Kegiatan Akhir.
1. Menyanyi.
2. Berdoa.
PERTEMUAN
MINGGU KE-II
A. Kegiatan awal
1. Doa bersama
2. Mengabsen siswa.
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti:
1. Siswa membaca teks I wacana dengari bersuara dengan tema “akibat tidak jujur dan
tidak disiplin
2. Siswa menyebutkan akibat - akibat yang
ditimbulkan akibat tidak jujur.
3. Siswa menyebutkan akibat-akibat yang
ditimbulkan akibat tidak disiplin
4. Siswa menjawab pertanyaan dan guru tentang
isi bacaan dan dapat menceritakan isi bacaan secara singkat dengan bahasa
sendini.
5. Siswa melengkapisyair lagu dengan tulisan
tegak bersambung
6. Guru menunjukkan berbagai bangun datar
7. Siswa menyebutkan nama berbagai bangun
datar
8. Siswa mengurutkan bangun datar menurut ukurannya
9. Guru bertanya jawab tentang peran anak
dalam keluarga
10. Siswa menyebutkan faedah sumber energi bagi
kehidupan sehani - han
11. Guru menunjukkan bahan - bahan yang digunakan
untuk pembuatan cat pewama dan alam
12. Siswa membuat cat pewama dan alam
13. Melaksanakan
tugas portofolio
14. Merefleksi
hasil tugas portofolio
C. Kegiatan Akhir
1. Mendongeng
(bercerita)
2. Menyanyi
3. Berdoa
IV. SUMBER
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Sumber
1. Buku
tematik (buku paket)
2. Buku
pendamping
3. Pengembangan
diri
4. Lingkungan
5. Siswa
6. Majalah
anak-anak
B. Media
Pembelajaran
1. Gambar-gambar
binatang
2. Tabel
perkalian
3. Lingkungan
4. Model
alat musik sederhana
5. Model
bangun dalar
6. Bahan
barang bekas
7. Gambar
keluarga / Foto keluarga
8. Gambar
sumber - sumber energi
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar