RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
2.2 Melaksanakan
Pemehharaan Lingkungan Alam
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.2 Mendiskripsikan
isi puisi.
Berbicara
2.3 Mendeklanmsikan
puisi dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
3.2 Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
Menulis
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
3. MATEMATIKA
Bilangan
1.3 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
Geometri
2.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengailberat benda.
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan
cair yang ada di Iingkungan sekitar.
2.2 Menunjukkan perubahan
bentuk dan wujud benda (plastisn/tanah liat/adonan tepung) akibat dan kondisi
tertentu.
5. ILMUPENGETAHUAN
SOSIAL
1.3 Mencerilakan
peristiwa penting datam keluarga secara kronologis
II. INDIKATOR
1. PKN
2.2.1 Menyebutkan
cara memelihara lingkungan dengan baik
2.2.2 Menjelaskan
cara menjaga kelestarian Iingkungan
2.2.3 Menyebutkan
akibat jika tidak memelihara Iingkungan dengan baik
2. Bahasa
Indonesia.
Mendengarkan
1.2 1. Menjelaskan teks puisi yang dibacakan guru
Berbicara
2.3.1
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yaug tepat
Membaca
3.2.1 Membaca
puisi Aku Anak Sehat dengan lafal dan intonasi yaag tepat
Menulis
4.2.1 Menulis
cerita pendek (8-12 kalimat) yang didektekan guru dengan memperhatikan tanda
baca dan ejaan yang benar dalam tulisan huruf
3. MATEMATIKA
Bilangan
1.4.1 Membaca
dan menggunakan simbol +, - dan - dalam pengerjaan
1.4.2
Mengingatfakta dasar penjumlahan dan penguragan sampai 500
1.4.3 Mengubah
kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
1.4.4 Menjum$ah
tiga bilangan dengan dan tanpa menyimpan
1.4.5 Mengurang
tiga bilangan dengan dan taripa meminjam
1.4.6 Melakukan
dan menghitung operasi campuran menjumlah dan mengurang
1.4.7 Memecahkan
soal cerita yang mengandnng penjumlahan dan pengurangan
Geometri
2.4.1 Membandingkan
berat sualu benda
2.4.2 Mengukur
berat benda
2.4.3
Mengukur.benda dengan satuan baku
yang sering digunakan (misal : ons, kg).
4. IPA
1.1.1
Menggotongkan benda padatdan benda cair
2.1.2
Menyebutkan ciri-ciri benda padat dan cair
2.2.1 Melakukan percobaan
perubahan wujud benda
2.2.2
Menjelaskan perubahan wujud benda cair ke padat atau sebaliknya
5. IPS
1.3.1 Menyebulkan
3 peristiwa penting dalam keluarga
1.3.2 Menuliskan
tanggal lahiniya sendiri
1.3.3 Menceritakan
peristiwa ulang tahun salah satu anggota keluarga
Ill. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Minggu I
A. Kegiatan Awal
1. Doa bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Anak diajak
menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
2. Guru
menjelaskan cara menjaga kebersihan dan merawat Iingkungan
3. Anak
mendengarkan puisi “Aku Anak Sehat yang dibacakan guru”
4. Anak mendeklamasikan
puisi
5. Guru
menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan s.d 500 tanpa teknik
menyimpan dan meminjam
6. Anak
mengerjakan operasi hitung penjumtahan dan pengurangan bilangan s.d 500.
7. Anak
mengoperasikan pengerjaan hitung campuran penjumlahan dan pengurangan bilangan
s.d 500
8. Anak diajak
untuk mengamati benda-benda di lingkungan kelas
9. Anak
mengelompokkan benda padat dan cair serta ciri-cirinya
10. Anak menyebutkan
peristiwa-peristiwa penting dalam keluarga
11. Metaksanakan
tugas portofolio
C. Kegiatan
Akhir
1. Pesan moral
tentang bersih
2. Doa
Pertemuan
Minggu II
A. Kegiatan Awal
1. Doabersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Anak diajak
keluar kelas untuk mengamati lingkungan
2. Guru
menjelaskan akibatjika tidak memelihara lingkungan dengan baik
3. Anak mendeklamasikan
puisi “Aku Anak Sehat” dengan ekspresi yang tepat
4. Anak menulis
cerita pendek (8-12 kalimat) dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan
memperhatikan huruf kapital serta tanda baca yang benar
5. Guru
menjelaskan cara menyelesaikan soal hitung campuran (s.d 500)
6. Anak
menyelesaikan soal hitung campuran penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk
soal cerita
7. Anak diajak
menimbang berat badan teman
8. Anak mengenal
satuan ukuran baku
(ons, kg)
9. Anak melakukan
percobaan perubahan wujud suátu benda (benda padat ke cair atau sebaliknya)
10. Anak
menceritakan peristivva “ulang tahun” salah satu anggota keluarga
C. Kegiatan Akhir
1. Pesan
moral tentang bersih
2. Doa
IV. SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
A. Sumber
1. Buku
Tematik 3. Buku Pendamping
2. Pengembangan
guru 4. Lingkungan
B. Media
1. Kartu
Bilangan 3. Timbangan
2. Gambar
yang mendukung 4. Lingkungan
V. Evaluasi
1. Lesan :
Tanyajawab
2. Tertulis :
Isian, uraian
3. Unjuk kerja :
hasil pengamatan dan praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
0 komentar:
Posting Komentar