Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema KESEHATAN DAN KEAMANAN Hal 18



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                                : KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER      : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU            : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
2.2    Melaksanakan Pemehharaan Lingkungan Alam
2.   BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.2    Mendiskripsikan isi puisi.
Berbicara
2.3    Mendeklanmsikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
3.2    Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis
4.2    Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
3.   MATEMATIKA
Bilangan
1.3    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
Geometri
2.4    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengailberat benda.
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
2.1    Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di Iingkungan sekitar.
2.2    Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisn/tanah liat/adonan tepung) akibat dan kondisi tertentu.
5.   ILMUPENGETAHUAN SOSIAL
1.3    Mencerilakan peristiwa penting datam keluarga secara kronologis
II.   INDIKATOR
1.   PKN
2.2.1    Menyebutkan cara memelihara lingkungan dengan baik
2.2.2    Menjelaskan cara menjaga kelestarian Iingkungan
2.2.3    Menyebutkan akibat jika tidak memelihara Iingkungan dengan baik
2.   Bahasa Indonesia.
Mendengarkan
1.2 1. Menjelaskan teks puisi yang dibacakan guru
Berbicara
2.3.1    Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yaug tepat
Membaca
3.2.1    Membaca puisi Aku Anak Sehat dengan lafal dan intonasi yaag tepat
Menulis
4.2.1    Menulis cerita pendek (8-12 kalimat) yang didektekan guru dengan memperhatikan tanda baca dan ejaan yang benar dalam tulisan huruf
3.   MATEMATIKA
Bilangan
1.4.1    Membaca dan menggunakan simbol +, - dan - dalam pengerjaan
1.4.2    Mengingatfakta dasar penjumlahan dan penguragan sampai 500
1.4.3    Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
1.4.4    Menjum$ah tiga bilangan dengan dan tanpa menyimpan
1.4.5    Mengurang tiga bilangan dengan dan taripa meminjam
1.4.6    Melakukan dan menghitung operasi campuran menjumlah dan mengurang
1.4.7    Memecahkan soal cerita yang mengandnng penjumlahan dan pengurangan
Geometri
2.4.1    Membandingkan berat sualu benda
2.4.2    Mengukur berat benda
2.4.3    Mengukur.benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal : ons, kg).
4.   IPA
1.1.1    Menggotongkan benda padatdan benda cair
2.1.2    Menyebutkan ciri-ciri benda padat dan cair
2.2.1    Melakukan percobaan perubahan wujud benda
2.2.2    Menjelaskan perubahan wujud benda cair ke padat atau sebaliknya



5.   IPS
1.3.1    Menyebulkan 3 peristiwa penting dalam keluarga
1.3.2    Menuliskan tanggal lahiniya sendiri
1.3.3    Menceritakan peristiwa ulang tahun salah satu anggota keluarga
Ill.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Minggu I
A.   Kegiatan Awal
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti
1.   Anak diajak menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
2.   Guru menjelaskan cara menjaga kebersihan dan merawat Iingkungan
3.   Anak mendengarkan puisi “Aku Anak Sehat yang dibacakan guru”
4.   Anak mendeklamasikan puisi
5.   Guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan s.d 500 tanpa teknik menyimpan dan meminjam
6.   Anak mengerjakan operasi hitung penjumtahan dan pengurangan bilangan s.d 500.
7.   Anak mengoperasikan pengerjaan hitung campuran penjumlahan dan pengurangan bilangan s.d 500
8.   Anak diajak untuk mengamati benda-benda di lingkungan kelas
9.   Anak mengelompokkan benda padat dan cair serta ciri-cirinya
10. Anak menyebutkan peristiwa-peristiwa penting dalam keluarga
11. Metaksanakan tugas portofolio
C.  Kegiatan Akhir
1.   Pesan moral tentang bersih
2.   Doa
Pertemuan Minggu II
A.   Kegiatan Awal
1.   Doabersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti
1.   Anak diajak keluar kelas untuk mengamati lingkungan
2.   Guru menjelaskan akibatjika tidak memelihara lingkungan dengan baik
3.   Anak mendeklamasikan puisi “Aku Anak Sehat” dengan ekspresi yang tepat
4.   Anak menulis cerita pendek (8-12 kalimat) dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan huruf kapital serta tanda baca yang benar
5.   Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal hitung campuran (s.d 500)
6.   Anak menyelesaikan soal hitung campuran penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita
7.   Anak diajak menimbang berat badan teman
8.   Anak mengenal satuan ukuran baku (ons, kg)
9.   Anak melakukan percobaan perubahan wujud suátu benda (benda padat ke cair atau sebaliknya)
10. Anak menceritakan peristivva “ulang tahun” salah satu anggota keluarga
C.  Kegiatan Akhir                       
             1.   Pesan moral tentang bersih
             2.   Doa
IV.  SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
A.   Sumber
             1.   Buku Tematik                            3.   Buku Pendamping
             2.   Pengembangan guru                 4.   Lingkungan
B.   Media
             1.   Kartu Bilangan                           3.   Timbangan
             2.   Gambar yang mendukung        4.   Lingkungan
V.   Evaluasi
1.   Lesan                          : Tanyajawab
2.   Tertulis                        : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja                  : hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio
                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II

                  ……………………….                                                ……………………….


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More