RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1. Melaksanakan
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong .di rumah clan di sekoldh.
2. Bahasa Indonesia
a. Mendengarkan
Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
3. Matematika
1.1. Melakukan
penjunilahan dan pengurangan sampal 500.
4. Ilmu Pengetahuan Alam.
1.1. Mengindentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
5. Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1. Memelihara
dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
II. INDIKATOR
1. PKN
1.1.1. Menjelaskan
pengertian hidup rukun
1.1.2. Menyebutkan
manfaat hidup rukun
1.1.3. Menyebutkan
akibat ticlak hidup rukun
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.1.1. Menyebutkan
kembali pesan yang didengar dengan bahasa sendiri
Berbicara
2.2.1. Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca
3.1.1. Menceritakan
kembali bacaan “Kegemaran”. dengan bahasanya sendiri.
Menulis
4,2.1. Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru tentang “Kegemaran”dengan huruf tegak
bersambung dengan ejaan yang benar.
3. MATEMATIKA
Bilangan
1.4.1. Mengerjakan
penjumlahan dan pengurangan sampai 500
Geometri
2.3.1. Menyebutkan cara menggunakan alat ukur berat
4. UMU PENGETAHUAN ALAM
1.4.1. Menyebutkan
ciri-ciri makhluk Uidup yang menguntungkan dan merugikan
2.3.1. Menyebutkan
ciri-ciri benda yang dikenal dan kegunaannya.
5. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
1.1.1. Menjelaskan
arti dokumen
1.1.2. Menyebutkan
cara memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
Ill. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
1. Doa bersama
2. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Anak diajak bernyanyi lagu “Main Layang-Layang”
2. Menjelaskan pengertian hidup rukun
3. Menyebutkan akibat tidak hidup rukun
4. Menjelaskan pengertian hidup rukun dengan
kata-kata sendiri
5. Menceritakan cara hidup rukun dalam keluarga
dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
6. Membacakan teks bacaan “Kegemaran”denan
bahasa sendiri
7. Menulis kalimat sederhana tentang “Kegemaran”
yang didiktekan guru
8. Bermain dengan mengambil kartu bilangan lebih
kecil dan bilangan 500
9. Membandingkan bilangan lebih kecil dari
bilangan 500
10. Menjelaskan dan mengidentifikasi bagian-bagian
hewan yang berkaki empat
11. Menyebutkan ciri-ciri benda yang dikenl dan
kegunaannya
12. Menjelaskan pengertian dokumen
13. Menuliskan nama-nama dokumen yang harus dirawat
IV. Sumber
dan Media Pembelajaran.
A. Sumber:
1. Buku Tematik.
2. Lingkungan alam sekitar
3. Siswa
4. Fotocopy dokumen
5. Contoh gambar
B. Media
Pembelajaran:
1. Kartu bilangan
2. Gambar hewan / hewan tiruan
3. Lingkungan
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar