Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema LINGKUNGAN Hal 17





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                             : LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER   : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU         : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1.   Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong .di rumah clan di sekoldh.
2.   Bahasa Indonesia
a.   Mendengarkan
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
3.   Matematika
1.1.   Melakukan penjunilahan dan pengurangan sampal 500.
4.   Ilmu Pengetahuan Alam.
1.1.   Mengindentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
5.   Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1.   Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
II.   INDIKATOR
1.   PKN
1.1.1.   Menjelaskan pengertian hidup rukun
1.1.2.   Menyebutkan manfaat hidup rukun
1.1.3.   Menyebutkan akibat ticlak hidup rukun
2.   BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.1.1.   Menyebutkan kembali pesan yang didengar dengan bahasa sendiri
Berbicara
2.2.1.   Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Membaca
3.1.1.   Menceritakan kembali bacaan “Kegemaran”. dengan bahasanya sendiri.
Menulis
4,2.1.   Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru tentang “Kegemaran”dengan huruf tegak bersambung dengan ejaan yang benar.
3.   MATEMATIKA
Bilangan
1.4.1.   Mengerjakan penjumlahan dan pengurangan sampai 500
Geometri
2.3.1. Menyebutkan cara menggunakan alat ukur berat
4. UMU PENGETAHUAN ALAM
1.4.1.   Menyebutkan ciri-ciri makhluk Uidup yang menguntungkan dan merugikan
2.3.1.   Menyebutkan ciri-ciri benda yang dikenal dan kegunaannya.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1.1.   Menjelaskan arti dokumen
1.1.2.   Menyebutkan cara memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
Ill.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
1.   Doa bersama
2.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti
1.   Anak diajak bernyanyi lagu “Main Layang-Layang”
2.   Menjelaskan pengertian hidup rukun
3.   Menyebutkan akibat tidak hidup rukun
4.   Menjelaskan pengertian hidup rukun dengan kata-kata sendiri
5.   Menceritakan cara hidup rukun dalam keluarga dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
6.   Membacakan teks bacaan “Kegemaran”denan bahasa sendiri
7.   Menulis kalimat sederhana tentang “Kegemaran” yang didiktekan guru
8.   Bermain dengan mengambil kartu bilangan lebih kecil dan bilangan 500
9.   Membandingkan bilangan lebih kecil dari bilangan 500
10. Menjelaskan dan mengidentifikasi bagian-bagian hewan yang berkaki empat
11. Menyebutkan ciri-ciri benda yang dikenl dan kegunaannya


12. Menjelaskan pengertian dokumen
13. Menuliskan nama-nama dokumen yang harus dirawat

IV.  Sumber dan Media Pembelajaran.
A.   Sumber:
1.   Buku Tematik.                       
2.   Lingkungan alam sekitar
3.   Siswa
4.   Fotocopy dokumen
5.   Contoh gambar
B.   Media Pembelajaran:
1.   Kartu bilangan
2.   Gambar hewan / hewan tiruan
3.   Lingkungan
V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanyajawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio


                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More