RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1. Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
2. BAHASA INDONESIA
a. Mendengarkan
1.1. Menyebutkan
kembali dengan kata-kata.
b. Berbicara.
1.2. Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami. orang lain
c. Membaca.
1.3. Menyimpulkan
isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan bahasa lancar.
d. Menulis.
1.4. Melengkapi cerita sedcrhana dengan kata yang tepat.
3. MATEMATIKA
1.1. Menentukan
nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
1.2. Menggunakan
alat ukur panjang tidak baku dan baku ( em.m ) yang sering
digunakan.
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM.
1.1. Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup mahkluk hidup ( air, tanah dan tempat lainnya).
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL.
1.1. Menceritakan
pcristiwa penting datam keluarga secara kronologis,
II. INDIKATOR
1. PKN.
1.1. Memberikan
contoh cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah.
1.2. Menceritakan
akibat yang ditimbulkan jika lingkungan tidak dipeHhara
2. BAHASA
INDONESIA.
a. Mendengarkan.
1.2. Menjawab
pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengarkan.
1.3. Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata sendiri.
b. Berbicara.
1.1. Menceritakan
pengalaman pribadi misal: pengalaman berenang disungai.
1.2. Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita temori.
c. Membaca.
1.1. Membaca hmcar
dengan pemahaman teks cerita (10-15 kalimat).
1.2. Menjawab atau
mengajukan pertanyaan tentang isi teks.
d. Menulis.
1.1. Memilih kata
yang tepat untuk melengkapi cerita sederhana.
3. MATEMATIKA
a. Bilangan
1.1. Menentukan
nhlal tempat sampai ratusan.
1.2. Menuliskan
bilangan 3 angka dalam bentuk panjang.
b. Geometri.
1.4. Menentukan
benda yang Iebih panjang, Iebih pendek atau sarna panjang.
1.5. Mengukur
panjang benda.
1.6. Mengukur
benda dengan satuan baku
yang sering digunakan (cm, in).
1.7. Menaksir
panjang benda dengan satuan yang ada.
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM.
1.1. Menunjukkan
tempat hidup mahkluk hidup tertentu.
1.2. Memberi
contoh hewan yang hidup di darat, air dan tempat ainnya
1.3. Memberi
contoh tumbuhan yang hidup didarat dan air.
1.4. Memberi
contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain.
5. LIMU
PENGETAHUAN SOSIAL.
1.1. Menceritakan
peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang din dan keluarga melalui dokumen.
III. LANGKAH-LANGKAH
PEMBÈLAJARAN.
PERTEMUAN
I
A. Kegiatan Awal.
1. Doa bersama.
2. Mengabsen
siswa.
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti.
1. Mengajak
menyanyikan lagu “naik naik kepuncak gunung”.
2. Guru menanyakan
apakah gunung termasuk Iingkungan alam atau lautan.
3. Guru menanyakan
cara memelihara Iingkungan alam.
4. Guru menanyakan
tanaman yang ada disekitar rumah.
5. Anak
menyebutkan bermacam-macam tanaman yang berada disekitar
6. Menanyakan pada
siswa bagaimana cara merawat tanaman.
7. Guru menanyakan
pada siswa siapa yang pemah rekreasi ke gunung.
8. Siswa
menceritakan pengalaman rekreasi ke gunung.
9. Siswa
méncerilakan mahkluk hidup di gunung.
10. Siswa
menunjukkun tempat-tempat hidup mahktuk hidup.
11. Siswa menaksir tinggi pohon yang ada digunung.
12. Siswa membandingkan tinggi pohon digunung dengan
pohon yang ada disekitar.
13. Siswa mengukur
benda yang ada disekitar kelas.
14. Siswa mengukur
panjang pigura foto.
15. Guru bertanya
siapa yang pemah berfoto bersama keluarga.
16. Siswa
menceritakan pengalaman ketika berfoto bersama keluarga.
C. Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
Pertemuan II
A. KegiatanAwal.
1. Do’a bersama,
2. Apersepsi.
B. Kegiatan
Inti.
1. Menyanyikan
lagu kutilang.
2. Anak
menyebutkan tempat tumbuh pohon cemara.
3. Anak
menjelaskan akibat penebangan pohon sembarangan.
4. Guru bercerita
tentang bencana alam.
5. Guru menanyakan
banyaknya korban bencana alam.
6. Siswa
menuliskan dipapan tulis.
7. Lambang
bilangan yang disebulkan.
8. Guru
menèrangkan nilal tempat ratusan, puluhan dan satuan.
9. Anak menuliskan
bilangan 3 angka dalam bentuk panjang.
10. Anak menyebutkan
tempat-tempat hidup hewan dan turnbuh an,
11. Guru menanyakan
tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
12. Guru menanyakan
contoh hewan yang hidup di air.
13. Guru menanyakan
siapa yang pernah memancing bersama keluarga.
14. Anak
menceritakan pengalaman bersama keluarga
C. Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi yang telah disathpaikan.
Pertemuan Ill.
A. Kegiatan Awal
1. Do’a
bersama.
2. Apersepsi.
B. Kegiatan Inti.
1. Anak diajak
menyanyikan lagu “tamasya “.
2. Anak bercerita
tentang apa yang pernah dilihat dikota,
3. Guru bertanya
bagaimana suasana dikota.
4. Siswa
membacakan cerita sederhana” Bertamasya ke Tinjomoyo
5. Anak melengkapi
cerita sederhana” Bertamasya ke Tinjomoyo “.
6. Guru bertanya
banyaknya pengunjung di Tinjomoyo.
7. Anak menuliskan
lambang bilangan sampai ratusan, puluhan dan satuan.
8. Anak menuliskan
bilangan 3 angka, dalam bentuk panjang.
C. Kegiatan
Akhir.
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
IV. Sumber
dan Media Pembelajaran.
A. Sumber:
1. Buku Tematik. 3. Buku pendam ping.
2. Pengembangan Guru. 4. Lingkungan.
B. Media
Pembelajaran:
1. Benda disekitar. 3. Teks
cerita.
2. Pigura foto. 4. Meteran.
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar