Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema Diri Sendiri Hal 16



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                             : LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER   : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU         : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1.   Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
2.   BAHASA INDONESIA
a.   Mendengarkan
1.1.   Menyebutkan kembali dengan kata-kata.
b.   Berbicara.
1.2.   Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami. orang lain
c.   Membaca.
1.3.   Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan bahasa lancar.
d.   Menulis.
1.4. Melengkapi cerita sedcrhana dengan kata yang tepat.
3.   MATEMATIKA
1.1.   Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
1.2.   Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku ( em.m ) yang sering digunakan.
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM.
1.1.   Mengidentifikasi berbagai tempat hidup mahkluk hidup ( air, tanah dan tempat lainnya).
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.
1.1.   Menceritakan pcristiwa penting datam keluarga secara kronologis,
II.   INDIKATOR
1.   PKN.
1.1.   Memberikan contoh cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah.
1.2.   Menceritakan akibat yang ditimbulkan jika lingkungan tidak dipeHhara
2.   BAHASA INDONESIA.
a.   Mendengarkan.
1.2.   Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengarkan.
1.3.   Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata sendiri.
b.   Berbicara.
1.1.   Menceritakan pengalaman pribadi misal: pengalaman berenang disungai.
1.2.   Menjawab pertanyaan tentang isi cerita temori.
c.   Membaca.
1.1.   Membaca hmcar dengan pemahaman teks cerita (10-15 kalimat).
1.2.   Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks.
d.   Menulis.
1.1.   Memilih kata yang tepat untuk melengkapi cerita sederhana.
3.   MATEMATIKA
a.   Bilangan
1.1.   Menentukan nhlal tempat sampai ratusan.
1.2.   Menuliskan bilangan 3 angka dalam bentuk panjang.
b.   Geometri.
1.4.   Menentukan benda yang Iebih panjang, Iebih pendek atau sarna panjang.
1.5.   Mengukur panjang benda.
1.6.   Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (cm, in).
1.7.   Menaksir panjang benda dengan satuan yang ada.
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM.
1.1.   Menunjukkan tempat hidup mahkluk hidup tertentu.
1.2.   Memberi contoh hewan yang hidup di darat, air dan tempat ainnya
1.3.   Memberi contoh tumbuhan yang hidup didarat dan air.
1.4.   Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain.
5.   LIMU PENGETAHUAN SOSIAL.
1.1.   Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang din dan keluarga melalui dokumen.
III.  LANGKAH-LANGKAH PEMBÈLAJARAN.
PERTEMUAN I
A.   Kegiatan Awal.
1.   Doa bersama.
2.   Mengabsen siswa.
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti.
1.   Mengajak menyanyikan lagu “naik naik kepuncak gunung”.
2.   Guru menanyakan apakah gunung termasuk Iingkungan alam atau lautan.
3.   Guru menanyakan cara memelihara Iingkungan alam.
4.   Guru menanyakan tanaman yang ada disekitar rumah.
5.   Anak menyebutkan bermacam-macam tanaman yang berada disekitar
6.   Menanyakan pada siswa bagaimana cara merawat tanaman.
7.   Guru menanyakan pada siswa siapa yang pemah rekreasi ke gunung.
8.   Siswa menceritakan pengalaman rekreasi ke gunung.
9.   Siswa méncerilakan mahkluk hidup di gunung.
10. Siswa menunjukkun tempat-tempat hidup mahktuk hidup.
11. Siswa menaksir tinggi pohon yang ada digunung.
12. Siswa membandingkan tinggi pohon digunung dengan pohon yang ada disekitar.
13. Siswa mengukur benda yang ada disekitar kelas.
14. Siswa mengukur panjang pigura foto.
15. Guru bertanya siapa yang pemah berfoto bersama keluarga.
16. Siswa menceritakan pengalaman ketika berfoto bersama keluarga.
C.  Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
Pertemuan II
A.   KegiatanAwal.
1.   Do’a bersama,
2.   Apersepsi.
B.   Kegiatan Inti.
1.   Menyanyikan lagu kutilang.
2.   Anak menyebutkan tempat tumbuh pohon cemara.
3.   Anak menjelaskan akibat penebangan pohon sembarangan.
4.   Guru bercerita tentang bencana alam.
5.   Guru menanyakan banyaknya korban bencana alam.
6.   Siswa menuliskan dipapan tulis.
7.   Lambang bilangan yang disebulkan.
8.   Guru menèrangkan nilal tempat ratusan, puluhan dan satuan.
9.   Anak menuliskan bilangan 3 angka dalam bentuk panjang.
10. Anak menyebutkan tempat-tempat hidup hewan dan turnbuh an,
11. Guru menanyakan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
12. Guru menanyakan contoh hewan yang hidup di air.
13. Guru menanyakan siapa yang pernah memancing bersama keluarga.
14. Anak menceritakan pengalaman bersama keluarga
C.  Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disathpaikan.
Pertemuan Ill.
A.   Kegiatan Awal
1.   Do’a bersama.
2.   Apersepsi.
B.   Kegiatan Inti.
1.   Anak diajak menyanyikan lagu “tamasya “.
2.   Anak bercerita tentang apa yang pernah dilihat dikota,
3.   Guru bertanya bagaimana suasana dikota.
4.   Siswa membacakan cerita sederhana” Bertamasya ke Tinjomoyo
5.   Anak melengkapi cerita sederhana” Bertamasya ke Tinjomoyo “.
6.   Guru bertanya banyaknya pengunjung di Tinjomoyo.
7.   Anak menuliskan lambang bilangan sampai ratusan, puluhan dan satuan.
8.   Anak menuliskan bilangan 3 angka, dalam bentuk panjang.
C.  Kegiatan Akhir.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
IV.  Sumber dan Media Pembelajaran.
A.   Sumber:
1.   Buku Tematik.                        3.   Buku pendam ping.
2.   Pengembangan Guru.            4.   Lingkungan.
B.   Media Pembelajaran:
1.   Benda disekitar.                      3.   Teks cerita.
2.   Pigura foto.                             4.   Meteran.

V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanyajawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio


                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More