Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema LINGKUNGAN Hal 15



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                             : LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER   : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU         : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
2.1    Mengenal pentingnya Iingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2.2    Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Menyebutkan kembah dengan kala-kata atau kalirnat sendiri isi teks pendek
1.2    Mendiskripsikan isi puisi
2.3    Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
3.2    Menjelaskari isi puisi anak yang dibaca
4.2    Menolis kalimat sederhana dan memperhatikan penggunaan huruf kapitol dan tanda titik.
3.   IPS
1.3    Mencentakan peristiwa penting dalain keluarga secara kronologis
2.1    Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetartgga
4.   MATEMATIKA
1.3    Menentukan nilal tenipal ratusan, puluhan, dan satuan
2.2    Menggunakan atat ukui panjang tidakbaku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
5.   IPA
1.3    Mengidentifikasi berbagal tempat hidup., mahiuk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
II.   INDIKATOR
1.   PKN
2.1.1    Menyebutkan nama-nama hewan dan tumbuhan yang ada lingkungan sekitar
2.1.2    Menyimpulkan ciri-ciri Iingkungan sekitar yang tidak sehat dan sehat dalam kehidupan sehari-hari
2.   BAHASA INDONESIA
1.1.1    Menceritakan kembali cerila dengan menggunakan kata-kata sendiri
1.2.1    Menyebutkan isi dan puisi yang sudah didengar anak
2.3.1    Membawakan puisi dcngan ekspresi yang tepat
3.2.1    Menjawab pertanyaan dan isi puisi yang.telah dibaca anak
4.2.1    Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat:
3.   IPS
1.3.1    Menyebutkan cara menghormati orangtua. dan tingkungan masyarakat sekitamya.
2.1.1    Menyebutkan beberapa contoh bentuk kerjasama atau gotong royong di lingkungan kerja
4.   MATEMATIKA
1.3.1    Menentukan nilal tempat sampai ratusan
1.3.2.   Membaca dan menggunakan symbol <, =, > dalam pengerjaan hitungan.
2.2.1.   Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain. -
2.2.2.   Mengukur panjang benda
2.2.3.   Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan (misal : cm, m).
2.2.4.   Menentukan panjang benda dengan satuan yang sesuai.
5.   IPA
1.3.1.   Menunjukkan tempat hidup mahiuk hidup tertentu
1.3.2.   Memberi contoh hewan yang hidup di darai dan di air.
1.3.3.   Membeni contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melatui pengamatan
Ill.   LANGKAH-IANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I
A.   Kegiatan awal
1.   Memberi salam
2.   Berdoa bersama
3.   Mengadakan tanya jawab tentang lingkungan kelas kita, sekolah kita, -rurnah kita.
B.   Kegiatan mu:
1.   Guru menjelaskan tentang lingkungan
2.   Anak diajak mengamati hewan dan tunibuhan yang ada di lingkungan sekitar sekolah.
3.   Anak disuruh mer.yebutkan hewan dan tumbuhan yang diamati dilingkungan sekitar sekolah.
4.   Anak mendengarkan puisi yang dibaca oleh temannya.
5.   Anak disuruh menceritakan atau menyebutkan isi puisi yang didengar tadi.
6.   Anak menunjukan sikap saling menghormati dalam anggota keluarga, tetangga, lingkungan.
7.   Guru menjelaskan nilai tempat sampai ratusan, hingga sampai bilangan 500.
8.   Anak membaca dan menggunakan symbol < = > dalam pengerjaan berhitung sampai bilangan 500.
9.   Anak menunjukan tempat hidup hewan dan tumbuhan
10. Melaksanakan tugas portofolio
11. Merefleksi hasil tugas protofolio
PERTEMUAN MINGGU II
A.      KEGIATAN AWAL
1.   Doa bersama
3.   Mengabsen siswa
4.   Apersepsi
B.      KEGIATAN INTI:
1.   Guru mengajak’ anak-anäk untuk melihat Iingkungan sekitar mana lingkungan yang
      sehat, mana yang tidak sehat.  
2.   .Guru mengajak anak untuk menyimpulkan ciri-ciri Iingkungan sehat dan tidak sehat dibuat teks pendek.
3.   Anak menceritakan atau Iingkungan sehat dan tidak sehat.   
4.   Guru menanyakan ke anak tugas apa yang djberikan orang tua untuk menjaga kebersihan Hngkungan rumah untuk satu keluarga yang di rumah itu  
5.   Guru menyiapkan alat atau benda yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan.      
6.   Guru memberi tugas untuk mengelompokan benda-benda yang dapat di ukur dan
      dapat dibandingkan panjang pendek, besar kecil.       
7.   Anak secara bersama-sama diajak inenyanyikan lagu menanam jagung dengan diiringi       tepuk tangan dan gerak.
8.   Anak dibiasakan Untuk merawat lingkungannyasendiri (kelas masing-masing)
9.   Anak metaksanakan tugas dan guru.
PERTEMUAN KE III
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL
1.   Doa bersama
3.   Mengabsen siswa
4.   Apersepsi
B.      KEGIATAN INTI:
1.   Guru menjelaskan tentang lingkungan alam sekitar khta.Siswa menyebutkan chri-ciri lingkungan sehat.
3.   Menüliskan pendapat gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
4.   Menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
5.   Menjawab pertanyaan sesüai dengan jawaban yang tersedia.
6.   Siswa mengenali lingkungan tetangga sekitar.
7.   Menyebutkan hak dan kewajiban tetangga.
8.   Menyebutkan nama-nama tetangganya
9.   Siswa membaca lambang bilangan
10. Menaksir panjang benda dengan meteran
11. Mêmbandingkan berat benda
12. Mengukur benda dengan satuan cm, in
13. Mengamati tanamàn di sekolah, dan di rumah serta di Ihngkungannya.
14. Menyebutkan tempat hidup mahiuk hidup
15. Menyiapkan bahan atam yang digunakan bahan warna alam
IV.  SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      SUMBER
1.   Buku Tematik                4.   Buku pendamping
2.   Pengembangan guru     5.   Lingkungan
3.   Siswa                            
B.      MEDIA
1.   Kartu bilangan                2.   Lingkungan
V.   EVALUASI
1.   Lisan                   : Tanya jawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio


                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More