RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
LINGKUNGAN
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
2.1 Mengenal
pentingnya Iingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2.2 Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Menyebutkan
kembah dengan kala-kata atau kalirnat sendiri isi teks pendek
1.2 Mendiskripsikan
isi puisi
2.3 Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
3.2 Menjelaskari
isi puisi anak yang dibaca
4.2 Menolis
kalimat sederhana dan memperhatikan penggunaan huruf kapitol dan tanda titik.
3. IPS
1.3 Mencentakan
peristiwa penting dalain keluarga secara kronologis
2.1 Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetartgga
4. MATEMATIKA
1.3 Menentukan
nilal tenipal ratusan, puluhan, dan satuan
2.2 Menggunakan
atat ukui panjang tidakbaku dan baku
(cm, m) yang sering digunakan
5. IPA
1.3 Mengidentifikasi
berbagal tempat hidup., mahiuk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
II. INDIKATOR
1. PKN
2.1.1 Menyebutkan
nama-nama hewan dan tumbuhan yang ada lingkungan sekitar
2.1.2 Menyimpulkan
ciri-ciri Iingkungan sekitar yang tidak sehat dan sehat dalam kehidupan
sehari-hari
2. BAHASA
INDONESIA
1.1.1 Menceritakan
kembali cerila dengan menggunakan kata-kata sendiri
1.2.1 Menyebutkan
isi dan puisi yang sudah didengar anak
2.3.1 Membawakan
puisi dcngan ekspresi yang tepat
3.2.1 Menjawab
pertanyaan dan isi puisi yang.telah dibaca anak
4.2.1 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat:
3. IPS
1.3.1 Menyebutkan
cara menghormati orangtua. dan tingkungan masyarakat sekitamya.
2.1.1 Menyebutkan
beberapa contoh bentuk kerjasama atau gotong royong di lingkungan kerja
4. MATEMATIKA
1.3.1 Menentukan
nilal tempat sampai ratusan
1.3.2. Membaca dan
menggunakan symbol <, =, > dalam pengerjaan hitungan.
2.2.1. Menentukan
benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain.
-
2.2.2. Mengukur
panjang benda
2.2.3. Mengukur
benda degan satuan baku
yang sering digunakan (misal : cm, m).
2.2.4. Menentukan
panjang benda dengan satuan yang sesuai.
5. IPA
1.3.1. Menunjukkan
tempat hidup mahiuk hidup tertentu
1.3.2. Memberi
contoh hewan yang hidup di darai dan di air.
1.3.3. Membeni
contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melatui pengamatan
Ill. LANGKAH-IANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I
A. Kegiatan
awal
1. Memberi salam
2. Berdoa bersama
3. Mengadakan
tanya jawab tentang lingkungan kelas kita, sekolah kita, -rurnah kita.
B. Kegiatan
mu:
1. Guru
menjelaskan tentang lingkungan
2. Anak diajak
mengamati hewan dan tunibuhan yang ada di lingkungan sekitar sekolah.
3. Anak
disuruh mer.yebutkan hewan dan tumbuhan yang diamati dilingkungan sekitar
sekolah.
4. Anak
mendengarkan puisi yang dibaca oleh temannya.
5. Anak
disuruh menceritakan atau menyebutkan isi puisi yang didengar tadi.
6. Anak
menunjukan sikap saling menghormati dalam anggota keluarga, tetangga,
lingkungan.
7. Guru
menjelaskan nilai tempat sampai ratusan, hingga sampai bilangan 500.
8. Anak
membaca dan menggunakan symbol < = > dalam pengerjaan berhitung sampai
bilangan 500.
9. Anak
menunjukan tempat hidup hewan dan tumbuhan
10. Melaksanakan
tugas portofolio
11. Merefleksi
hasil tugas protofolio
PERTEMUAN MINGGU II
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa
bersama
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi
B. KEGIATAN INTI:
1. Guru mengajak’
anak-anäk untuk melihat Iingkungan sekitar mana lingkungan yang
sehat, mana
yang tidak sehat.
2. .Guru mengajak
anak untuk menyimpulkan ciri-ciri Iingkungan sehat dan tidak sehat dibuat teks
pendek.
3. Anak
menceritakan atau Iingkungan sehat dan tidak sehat.
4. Guru menanyakan
ke anak tugas apa yang djberikan orang tua untuk menjaga kebersihan Hngkungan
rumah untuk satu keluarga yang di rumah itu
5. Guru menyiapkan
alat atau benda yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan.
6. Guru memberi
tugas untuk mengelompokan benda-benda yang dapat di ukur dan
dapat
dibandingkan panjang pendek, besar kecil.
7. Anak secara
bersama-sama diajak inenyanyikan lagu menanam jagung dengan diiringi tepuk tangan dan gerak.
8. Anak dibiasakan
Untuk merawat lingkungannyasendiri (kelas masing-masing)
9. Anak
metaksanakan tugas dan guru.
PERTEMUAN KE III
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa
bersama
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi
B. KEGIATAN INTI:
1. Guru
menjelaskan tentang lingkungan alam sekitar khta.Siswa menyebutkan chri-ciri
lingkungan sehat.
3. Menüliskan
pendapat gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
4. Menceritakan
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
5. Menjawab
pertanyaan sesüai dengan jawaban yang tersedia.
6. Siswa mengenali
lingkungan tetangga sekitar.
7. Menyebutkan hak
dan kewajiban tetangga.
8. Menyebutkan
nama-nama tetangganya
9. Siswa membaca
lambang bilangan
10. Menaksir panjang
benda dengan meteran
11. Mêmbandingkan
berat benda
12. Mengukur benda
dengan satuan cm, in
13. Mengamati
tanamàn di sekolah, dan di rumah serta di Ihngkungannya.
14. Menyebutkan
tempat hidup mahiuk hidup
15. Menyiapkan bahan
atam yang digunakan bahan warna alam
IV. SUMBER,
MEDIA PEMBELAJARAN
A. SUMBER
1. Buku Tematik 4. Buku pendamping
2. Pengembangan
guru 5. Lingkungan
3. Siswa
B. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Lingkungan
V. EVALUASI
1. Lisan :
Tanya jawab
2. Tertulis : Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar