RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
KELUARGA
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Melaksanakan
hidup rukun saling berbagi dan saling tolong menolong di rumah dan di sekolah.
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
2.1 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
3.1 Menyimpulkan
isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan bacaan lancar.
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
3. MATEMATIKA
1.1 Membandingkanbilangan
sampai 500
1.3 Mengurutkan
bilangan sampai 500
2.1 Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1.2 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran)dan imbuhan (dan
biji menjadi tanaman).
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.2 Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keliarga sebagai sumber cerita
II. INDIKATOR
1. PKN
1.2.1. Menjelaskan
pentingnya menghormati orang tua dan anggota keluarga lainnya
1.2.2. Menjelaskan
pentingnya menghormati guru dan teman di sekolah
1.2.3. Memberi
contoh akibat bila tidak hormat kepada orang tua
1.2.4. Memberi
contoh akibat bila tidak hormat kepada guru, teman di sekolah
1.2.5. Mempraktikan
cara memberi hormat kepada orang tua dan guru.
2. BAHASA
INDONESIA
1.1.1 Menyebutkan
isi pesan teks yang dibacakan guru.
1.1.2 Menuliskan
isi pesandari teks yang dibacakan guru.
2.2.1 Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang
lain.
3.1.1. Menceritakan
isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri minimal 5
kalimat.
3.1.2. Menuliskan
nama orang tua dan pekerjaanr~ya menggunakan huruf kapital * dan tanda baca.
3. MATEMATIKA
3.1.4. Memiliskan
nama orang Iua dan pekerjaannya menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
3.1.5. Menulis
menggunakan huruf sambut dengan rapi dengan kecepatan tertentu.
1.2.1. Mengurutkan
bilangan dan yang kecil ke bilangan yang besar.
1.2.2. Mengidentifikasi
bilangan genap dan ganjil.
1.1.1. Menunjukkan
bilangan yang nilainya lebih kecil dan lebih besar.
berangkat
sekolah, masuk sekolsh dan pulang sekolah.
1.1.3. Menggambar
tanda waktu anak belajar, tidlir.
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1.2.1. Menyimpulkan
pertumbuhan dan biji menjadi tanaman.
1.2.2. Melaporkan
hasil pengamatan pertumbuhan ayam.
1.2.3. Menggambarkan
pertumbuhan yang terjadi pada biji kacang h~au.
1.2.4. Menggambarkan
pertumbuhan yang terjadi pads he~wan ayam.
5. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
1.2.1. Menyebutkan
surat-surat yang harus dimiliki pengemudi.
1.2.2. Menjelaskan
pentingnya memelihara dan koleksi barang keluarga.
1.2.3. Mengumpulkan
barang / dokumen yang berharga dan keluarga
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Mengabsen
siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN Inti
1. Anak diajak
berdiri sambil bernyanyi “Satu-Satu”
2. Guru
menjelaskan pentingnya menghormatiorang tua dan anggota keluarga Iainnya.
3. Guru membacakan
teks pendek tentang silsilah keluarga.
4. Menulis data
keluarga.
5. Anak
mengurutkan umur anggota ketuarga.
6. Guru
menjelaskan bilangan genap dan ganjil.
7. Guru menggambar
di papan tulis tentang pertumbuhan kacang tanah.
8. Mengamati
gambar pertumbuhan ayam.
9. Menjetaskan
pentingnya surat-surat sebagai pengemudi.
10. Melaksanakan
tugas portofotio.
11. Merefleksi hasil
tugas portofolio
PERTEMUAN KE-2
A. KEGIATAN AWAL
1. Memberi
salam
2. Doa bersama
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi,
menyanyi “Oh Ibu dan Ayah”
B. KEGIATAN INTI:
1. Peserta didik
menjawab pertanyaan guru tentang kalimat salam pada orang tua.
2. Pesertà didik
menjelaskan akibat bila tidak hormat kepada orang tua.
3. Peserta didik
menjelaskan akibat bila tidak hormat kepada guru dan teman di sekolah.
4. Peserta didik
menjelaskan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut.
5. Peserta didik
menceritakan kembali isi teks yang dibaca rnenggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
6. Peserta didik
menunjukkan bilangan yang nhlainya Iebih kecil dan Iebih besar.
7. Peserta didik
menggambar pertumbuhan yang terjadi pada biji kacang hijau.
8. Peserta didik
menjelaskan pentingnya memelihara barang berharga milik ketuarga.
C. KEGIATAN AKHIR
Pembelajaran ditutup
dengan menyanyl lagu “Kasih Ibu”
PERTEMUAN KE-3
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Memberi salam
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi: menyanyi
lagu “Nenek Moyangku”
B. KEGIATAN
INTI:
1. Peserta didik
selalu melaksariakan hormat kepada orang tua dan guru.
2. Peserta didik
menuliskan nama orang tua dan pekerjaannya dengan huruf kapital dan tanda baca.
3. Peserta didik
menulis huruf tegak bersambung dengan rapi dan kecepatan tertentu.
4. Peserta didik
rncnyebutkan waktu berangkat sekotah, masuk sekofah dan pulang sekolah.
5. Peserta didik
menggambar jam yang menunjükkan waktu belajar atau tidur.
6. Peserta
didikmenggambar pertumbuhan yang terjadi pada hewan ayam.
7. Peserta didik
mengoleksi dokumen keluarga.
8. Peserta didik
membuat zat wama dan bahan alami.
C. KEGIATAN AKHIR
Pembelajaran ditutup dengan menyanyikan tagu “Pelangi”
IV. SUMBER,
MEDIA PEMBELAJARAN
A. SUMBER
1. Buku Ajar Tematik Kelas II
2. Buku pendamping
3. Lingkungan sekitar alam
B. MEDIA
1. Photo keluarga
2. Dokumen (KTP, KK, Surat nikah, Ijasah TK, Akte kelahiran)
3.
Kartu bilangan
V. EVALUASI
1. Lisan :
Tanya jawab
2. Tertulis : Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
0 komentar:
Posting Komentar