Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema DIRI SENDIRI Hal 13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                             : DIRI SENDIRI
KELAS / SEMESTER   : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU         : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
2.   BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.1       Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek Berbicara
2.1    Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pitihan kata yang tepat dan santun
Membaca
3.1    Menyimpulkan isi teks pendek (10 - 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis
4.1    Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
3.   MATEMATIKA
1.1    Membandingkanbilangan sampai 500
2.1    Mengurutkan bilangan sampai 500
Geometri
3.1    Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.1    Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1    Memelihara dokumen dan koltksi benda berharga miliknya
II.   INDIKATOR
1.   PKN
1.1.1    Mendefinisikan pengertial gotong royong dan contohnya
1.1.2    Menjelaskan  anti hidup rukun
1.1.3    Menjelaskan  akibat hidup rukun
1.1.4    Menjelaskan  akibat hidup tidak rukun,
1.1.5    Membenikan contoh hidup rukun
1.1.6    Menjelaskan manfaat hidup rukun
1.1.7    Menjelaskan pengertian hidup saling berbagi
1.1.8    Memberikan contoh bidup saling berbagi
1.1.9    Menjelaskan akibat hidup saling berbagi
1.1.10  Menjelaskan akibat hidup tidak saling berbagi
1.1.11  Mendefinisikan arti hidup tolong menolong
1.1.12  Menjelaskan akibat hidup tolong menotong
1.1.13  Menjelaskan akibat hidup tidak saling totong menotong
2.   BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
1.1.1    Menjawab pertnyaan sesuai isi cerita yang didengar
1.1.2    Menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan kata-kata sendini
1.1.3    Memilih kata yang tepat untuk melengkapi jawaban
Berbicara:
2.1.1    Melakukan percakapan dengan teman tentang pengalaman diri sendiri
2.1.2    Melakukan tanya jawab dengan teman tentang kegiatan sehani-hari di rumah
2.1.3    Mengajukan pertanyaan secara lisan pada orang lain tentang pengalaman yang berkesan
Membaca:
3.1.1    Membaca teks pendek (10 - 15 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.1.2    Menjawab pertanyaan dari isi teks yang dibaca
3.1.3    Mengajukan pertanyaan dan isi teks yang dibaca
3.1.4    Menyimpulkan isi bacaan
Menulis :
4.1.1    Menulis kata yang tepat untuk melngekapi kalimat yang diambil dari cerita


4.1.2    Membuat kalimat berdasarkan kata yang tersetha
4.1.3    Menyalin cents dengan huruf tegak bersambung
4.1.4    Menulis katimat sederhana yang didiktekan guru
3.   MATEMATIKA
Bilangan.:
1.1.1    Membilang secara urut bilangan 100 - 105
1.1.2    Menulis bilangan 100- 105
1.1.3    Menyebutkan banyak benda
1.1.4    Menuliskan lambang bilangan berdasarkan banyak benda
1.1.5    Menuliskan Iambang bilangan yang didiktekan guru
1.1.6    Menulis nama bilangan
1.1.7    Membandingkan bilangan
1.2.1    Menyebutkan bilangan ganjil dan genap
1.2.2    Mengurutkan bitangan terkecil ke terbesar dan sebaliknya (100-500)
1.2.3    Membilang loncat
Geometri
2.1.1    Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditentukan
2.1.2    Menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
2.1.3    Menyatakan lama waktu
2.1.4    Membuat jam tiruan sederhana
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.1.1    Menyebutkan hewan yang ada di Iingkungan sekitar
1.1.2    Menyebutkan tempat hidup hewan
1.1.3    Menyebutkan cara bergerak hewan
1.1.4    Menyebutkan makanan hewan
1.1.5    Menjelaskan manfaat hewan
1.1.6    Membuat daftar bagiani-bagian tubuh hewan
1.1.7    Menggambar secara sederhana dan menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
1.1.8    Menirukan berbagal suara hewan yang ada di sekitar
1.1.9    Menyebutkan tumbuhan yang ada di sekitar kita
1.1.10  Menyebutkan tempat hidup hewan
1.1.11  Menjelaskan manfaat tumbuhan
1.1.12  Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
1.1.13  Menggambar secara sederhana dan menyebutkan bagian-bagian tumbuhan.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1.1    Menjelaskan pengertian dokumen
1.1.2    Menyebutkan macam-macam dokumen
1.1.3    Memberikan contoh dokumen berdasarkan penggolongannya
1.1.4    Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen
1.1.5    Menceritakan cara memelihara dokumen
1.1.6    Menjelaskan akibat bila dokumen tidak disimpan dengan balk
1.1.7    Menunjukkan contoh dokumen diri dan keluarga
1.1.8    Menceritakan penistiwa yang berkesan waktu kecil tentang metatui dokumen (foto, Akte Ketahiran)
1.1.9    Mendokumentasikan penistiwa-penistiwa penting siswa

III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Appersepsi
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1.   Siswa diajak bernyanyi lagu “Satu-Satu”
2.   Guru bercerita singkat peristiwa gotong royong
3.   Guru menjelaskan tentang hidup rukun
4.   Guru membacakan teks pendek dan buku
5.   Siswa menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru
6.   Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks
7.   Siswa berpasangan di depan ketas untuk mengadakan tanya jawab tentang kegiatan dan bangun tidur sampai berangkat sekolah
8.   Siswa berpasangan mengadakan tanya jawab tentang pengalaman yang berkesan
9.   Siswa menulis bilangan di papan tulis


10. Guru mengajak siswa untuk membilang bilangan 100 - 500
11. Siswa menuliskan bilangan yang disebutkan guru
12. Tanya jawab tentang jumlah hewan pemeliharaan siswa
13. Siswa menyebutkan nama hewan yang pemah dilihatnya
14. Siswa menyebutkan tempat hidup dan cara bergerak hewan
15. Guru menunjukkan gambar-gambar hewan
16. Tanya jawab tentang makanan dan manfaat hewan
17. Tanya jawab téntang tempat wisata yang pemah dikunjungi siswa
18. Guru menjelaskan tentang pengertian dokumen, macam-macam dokumen dan contoh dokumen
19. Guru menunjukkan dontoh dokumen
20. Guru mengajak siswa untuk menyebutkan benda-benda yang ada di dalam dan di luar kelas

Pertemuan Minggu II
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Appersepsi
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1.   Tanya jawab tentang hidup rukun dalam keluarga
2.   Guru menjelaskan pentingnya hidup rukun
3.   Guru menjelaskan hidup saiing berbagi
4.   Guru memberi contoh membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
5.   Siswa membaca teks dan buku dengan lafal dan intonasi yang benar
6.   Siswa menjawab pertanyaan bacaan
7.   Guru bersama siswa menyimpulkan isi bacaan
8.   Siswa menuils nama bilangan
9.   Siswa membandingkan bilangan dan menyebutkan bilangan ganjil, genap
10. Guru membimbing siswa mengurutkan bilangan dan membi$ang Ioncat
11. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Kupu-Kupu”
12. Guru mengajak siswa untuk menyebutkan bagian-bagian hewan melalui gambar hewan
13. Siswa menirukan suara hewan
14. Guru menunjukkan gambar-gambar tumbutian
15. Siswa menyebutkan tumbuh-tumbuhan yang ada di Iingkungan sekitar
16. Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen
17. Siswa menjelaskan cara memetihara dokumen dengan bimbingan guru
18. Guru menjelaskan akibat bila dokumen tidak disimpan dengan baik

Pertemuan Minggu III
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Appersepsi
B.      KEGIATAN Inti
1.   Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
2.   Guru menjelaskan tentang hidup tolong menotong
3.   Guru menyuruh siswa menulis kata di papan tutis
4.   Siswa lain meluaskan kata yang ditutis menjadi sebuah kalimat
5.   Guru mendiktekan kalimat
6.   Tanya jawab tentang kegiatan siswa di pagi hari
7.   Guru menunjukkan jam di depan
8.   Siswa diajak / dibimbing untuk menentukan tanda waktu
9.   Siswa membuat jam tiruan dengan bimbingan guru
10. Tanya jawab tentang waktu menyiram tanaman
11. Menjelaskan manfaat turnbuh-tumbuhan
12. Siswa mengajak untuk menyebutkan bagian tumbuh-tumbuhan dan rumah
13. Siswa menggambar tumbuh-tumbuhan dan menyebutkan bàgian-bagiannya
14. Siswa menyuruh menunjukkan dokumen yang sudah dibawa
15. Siswa menceritakan peristiwa penting yang berkesan
16. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa penting yang dialaminya.


(Urutan kegiatan inti disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     Penutup
Guru menyimpulkan pelajaran dan memberikan himbauan kepada siswa serta memberi Pekerjaan Rumah

IV.  SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      SUMBER
1.   Buku Paket Tematik Kelas II
2.   Buku pendamping
3.   Pengembangan guru
4.   Lingkungan siswa         
B.      MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Gambar yang berkaitan d~ngan tolong menolong
2.   Kartu kata
3.   Sedotan
4.   Jam dinding
5.   Gambar hewan
6.   Tumbuh-tumbuhan
7.   Foto
8.   Akte Kelahiran
9.   Benda tiga dimensi, misalnya: ember

V.   EVALUASI
1.   Lisan                   : Tanya jawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio
                                          


                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More