RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
DIRI SENDIRI
KELAS / SEMESTER :
II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
2. BAHASA
INDONESIA
Mendengarkan
1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek Berbicara
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pitihan kata yang tepat dan santun
Membaca
3.1 Menyimpulkan
isi teks pendek (10 - 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis
4.1 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat
3. MATEMATIKA
1.1 Membandingkanbilangan
sampai 500
2.1 Mengurutkan
bilangan sampai 500
Geometri
3.1 Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Memelihara
dokumen dan koltksi benda berharga miliknya
II. INDIKATOR
1. PKN
1.1.1 Mendefinisikan
pengertial gotong royong dan contohnya
1.1.2 Menjelaskan anti hidup rukun
1.1.3 Menjelaskan akibat hidup rukun
1.1.4 Menjelaskan akibat hidup tidak rukun,
1.1.5 Membenikan
contoh hidup rukun
1.1.6 Menjelaskan
manfaat hidup rukun
1.1.7 Menjelaskan
pengertian hidup saling berbagi
1.1.8 Memberikan
contoh bidup saling berbagi
1.1.9 Menjelaskan
akibat hidup saling berbagi
1.1.10 Menjelaskan
akibat hidup tidak saling berbagi
1.1.11 Mendefinisikan
arti hidup tolong menolong
1.1.12 Menjelaskan
akibat hidup tolong menotong
1.1.13 Menjelaskan
akibat hidup tidak saling totong menotong
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
1.1.1 Menjawab
pertnyaan sesuai isi cerita yang didengar
1.1.2 Menceritakan
kembali isi cerita dengan menggunakan kata-kata sendini
1.1.3 Memilih
kata yang tepat untuk melengkapi jawaban
Berbicara:
2.1.1 Melakukan
percakapan dengan teman tentang pengalaman diri sendiri
2.1.2 Melakukan
tanya jawab dengan teman tentang kegiatan sehani-hari di rumah
2.1.3 Mengajukan
pertanyaan secara lisan pada orang lain tentang pengalaman yang berkesan
Membaca:
3.1.1 Membaca
teks pendek (10 - 15 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
3.1.2 Menjawab
pertanyaan dari isi teks yang dibaca
3.1.3 Mengajukan
pertanyaan dan isi teks yang dibaca
3.1.4 Menyimpulkan
isi bacaan
Menulis :
4.1.1 Menulis
kata yang tepat untuk melngekapi kalimat yang diambil dari cerita
4.1.2 Membuat
kalimat berdasarkan kata yang tersetha
4.1.3 Menyalin
cents dengan huruf tegak bersambung
4.1.4 Menulis
katimat sederhana yang didiktekan guru
3. MATEMATIKA
Bilangan.:
1.1.1 Membilang
secara urut bilangan 100 - 105
1.1.2 Menulis
bilangan 100- 105
1.1.3 Menyebutkan
banyak benda
1.1.4 Menuliskan
lambang bilangan berdasarkan banyak benda
1.1.5 Menuliskan
Iambang bilangan yang didiktekan guru
1.1.6 Menulis
nama bilangan
1.1.7 Membandingkan
bilangan
1.2.1 Menyebutkan
bilangan ganjil dan genap
1.2.2 Mengurutkan
bitangan terkecil ke terbesar dan sebaliknya (100-500)
1.2.3 Membilang
loncat
Geometri
2.1.1 Membaca dan
menentukan tanda waktu yang ditentukan
2.1.2 Menuliskan
tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
2.1.3 Menyatakan
lama waktu
2.1.4 Membuat jam
tiruan sederhana
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
1.1.1 Menyebutkan
hewan yang ada di Iingkungan sekitar
1.1.2 Menyebutkan
tempat hidup hewan
1.1.3 Menyebutkan
cara bergerak hewan
1.1.4 Menyebutkan
makanan hewan
1.1.5 Menjelaskan
manfaat hewan
1.1.6 Membuat
daftar bagiani-bagian tubuh hewan
1.1.7 Menggambar
secara sederhana dan menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
1.1.8 Menirukan
berbagal suara hewan yang ada di sekitar
1.1.9 Menyebutkan
tumbuhan yang ada di sekitar kita
1.1.10 Menyebutkan
tempat hidup hewan
1.1.11 Menjelaskan
manfaat tumbuhan
1.1.12 Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan
1.1.13 Menggambar
secara sederhana dan menyebutkan bagian-bagian tumbuhan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1.1 Menjelaskan
pengertian dokumen
1.1.2 Menyebutkan
macam-macam dokumen
1.1.3 Memberikan
contoh dokumen berdasarkan penggolongannya
1.1.4 Menjelaskan
pentingnya memelihara dokumen
1.1.5 Menceritakan
cara memelihara dokumen
1.1.6 Menjelaskan
akibat bila dokumen tidak disimpan dengan balk
1.1.7 Menunjukkan
contoh dokumen diri dan keluarga
1.1.8 Menceritakan
penistiwa yang berkesan waktu kecil tentang metatui dokumen (foto, Akte
Ketahiran)
1.1.9 Mendokumentasikan
penistiwa-penistiwa penting siswa
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Mengabsen
siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN Inti
1. Siswa diajak
bernyanyi lagu “Satu-Satu”
2. Guru bercerita
singkat peristiwa gotong royong
3. Guru
menjelaskan tentang hidup rukun
4. Guru membacakan
teks pendek dan buku
5. Siswa menceritakan
kembali isi teks yang dibacakan guru
6. Siswa menjawab
pertanyaan tentang isi teks
7. Siswa
berpasangan di depan ketas untuk mengadakan tanya jawab tentang kegiatan dan
bangun tidur sampai berangkat sekolah
8. Siswa
berpasangan mengadakan tanya jawab tentang pengalaman yang berkesan
9. Siswa
menulis bilangan di papan tulis
10. Guru mengajak siswa untuk
membilang bilangan 100 - 500
11. Siswa menuliskan bilangan yang
disebutkan guru
12. Tanya
jawab tentang jumlah hewan pemeliharaan siswa
13. Siswa
menyebutkan nama hewan yang pemah dilihatnya
14. Siswa menyebutkan tempat hidup dan
cara bergerak hewan
15. Guru
menunjukkan gambar-gambar hewan
16. Tanya
jawab tentang makanan dan manfaat hewan
17. Tanya jawab téntang tempat wisata
yang pemah dikunjungi siswa
18. Guru
menjelaskan tentang pengertian dokumen, macam-macam dokumen dan contoh dokumen
19. Guru
menunjukkan dontoh dokumen
20. Guru
mengajak siswa untuk menyebutkan benda-benda yang ada di dalam dan di luar kelas
Pertemuan Minggu II
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Mengabsen
siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN Inti
1. Tanya jawab tentang hidup rukun dalam
keluarga
2. Guru menjelaskan pentingnya hidup rukun
3. Guru menjelaskan hidup saiing berbagi
4. Guru memberi contoh membaca teks pendek
dengan lafal dan intonasi yang benar
5. Siswa membaca teks dan buku dengan lafal dan
intonasi yang benar
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
7. Guru bersama siswa menyimpulkan isi bacaan
8. Siswa menuils nama bilangan
9. Siswa membandingkan bilangan dan menyebutkan
bilangan ganjil, genap
10. Guru membimbing siswa mengurutkan bilangan dan
membi$ang Ioncat
11. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu
“Kupu-Kupu”
12. Guru mengajak siswa untuk menyebutkan
bagian-bagian hewan melalui gambar hewan
13. Siswa menirukan suara hewan
14. Guru menunjukkan gambar-gambar tumbutian
15. Siswa menyebutkan tumbuh-tumbuhan yang ada di
Iingkungan sekitar
16. Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen
17. Siswa menjelaskan cara memetihara dokumen
dengan bimbingan guru
18. Guru menjelaskan akibat bila dokumen tidak
disimpan dengan baik
Pertemuan Minggu III
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Mengabsen
siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN Inti
1. Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
2. Guru
menjelaskan tentang hidup tolong menotong
3. Guru
menyuruh siswa menulis kata di papan tutis
4. Siswa
lain meluaskan kata yang ditutis menjadi sebuah kalimat
5. Guru
mendiktekan kalimat
6. Tanya
jawab tentang kegiatan siswa di pagi hari
7. Guru
menunjukkan jam di depan
8. Siswa
diajak / dibimbing untuk menentukan tanda waktu
9. Siswa
membuat jam tiruan dengan bimbingan guru
10. Tanya
jawab tentang waktu menyiram tanaman
11. Menjelaskan
manfaat turnbuh-tumbuhan
12. Siswa
mengajak untuk menyebutkan bagian tumbuh-tumbuhan dan rumah
13. Siswa
menggambar tumbuh-tumbuhan dan menyebutkan bàgian-bagiannya
14. Siswa
menyuruh menunjukkan dokumen yang sudah dibawa
15. Siswa
menceritakan peristiwa penting yang berkesan
16. Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa
penting yang dialaminya.
(Urutan kegiatan inti disesuaikan dengan jadwal
pelajaran masing masing sekoIah)
C. Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran dan memberikan himbauan kepada siswa serta memberi
Pekerjaan Rumah
IV. SUMBER,
MEDIA PEMBELAJARAN
A. SUMBER
1. Buku Paket Tematik Kelas II
2. Buku pendamping
3. Pengembangan guru
4. Lingkungan siswa
B. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Gambar yang berkaitan d~ngan tolong menolong
2. Kartu kata
3. Sedotan
4. Jam dinding
5. Gambar hewan
6. Tumbuh-tumbuhan
7. Foto
8. Akte Kelahiran
9. Benda tiga dimensi, misalnya: ember
V. EVALUASI
1. Lisan :
Tanya jawab
2. Tertulis : Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar