Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema PERISTIWA Hal 21



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                                : PERISTIWA
KELAS / SEMESTER      : II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU            : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
3.3.   Menampilkan sikap man menerima kekalahan.
2.   BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.1.   Menyampaikanpesan pendek yang di dengamya kepada orang Iain.
            Berbicara
6.1.   Mengendiskripsikan tumbuhan / binatang di sekitar sesuai ciri-ciri dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.
            Membaca
7.1.   Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
            Menulis
8.1    Mendiskripsikan tumbuhan / binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa
                tulis.
3.   MATEMATIKA
            Bilangan
3.2.   Melakukan pembagiandua angka
            Geometri dan pengukuran
4.2    Mengenal sisi-sisi bangun datar
4.   IPA
2.1    Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
5.   IPS
2.2.   Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
II.   INDIKATOR
1.    PKN
3.3.1.   Menyebutkan contoh sikap yang balk bila mengalami kesalahan
2.    BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.1.1.   Dapat menyampaikan pesan yang didengar dengari baik
5.1.2.   Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Berbicara
6.1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri tumbuhan di sekitar kita.
6.1.2. Mengidentifikasikan ciri-ciri binatang di sekitar kita
Membaca
7.1.1.   Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7.1.2.   Menjawab atau mengajukan pertanyaan isi teks.
Menulis
8.1.1.   Menuliskan ciri-ciri tumbuhan.
8.1.2.   Menuliskan ciri-ciri binatang.
3.   Matematika
Bilangan
3.2.1.   Mengenai arti pembagian
3.2.2.   Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya
3.2.3.   Mengingat faktor pembagian sampai SD dengan berbagai cara.
Geometri dan Pengukuran
4.2.1.   Mengelompokkan bangun-bangun datar menurut bentuknya
4.2.2.   Menunjukkan sisi-sisi bangun datar
4.2.3.   Menyebutkan sisi-sisi bangun datar.
4.   lImu Pengetahuan Alam
3.2.1.   Mertyebutkan sumber-sumber energi
3.2.2.   Mengidentifikasi jenis energi yang sering digunakan di lingkungan sekitar
3.2.3.   Menyebutkan cara menghemat energi.
5.   IPS
2.2.1.   Menyebutkan anggota keluarga


2.2.2.   Menceritakan peran ayah dalam keluarga
2.2.3.   Menceritakan peran ibu dalam keluarga.
III.  Langkah-Iangkah Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal
1.   Do’a
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti :
Pertemuan minggu I
1.   Peserta didik dapat mengungkapkan perasaan bila niengalami kesalahan dalam bertanding.
2.   Beberapa peserta didik diberi tugas menyampaikan pesan kepada temannya.
3.   Peserta didik diberi tugas menyampaikan pesan kepada temannya.
4.   Peserta didikdapatmenyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang ada di sekitar kita.
5.   Peserta didik dapat menuliskan ciri-ciri tumbuhan yang ada di sekitar kita.
6.   Peserta didik dapat mengerjakan pembagian dengan cara pengulangan berulang.
7.   Peserta didik dapat mengelompokkan bangun-bangun datar menurut bentuknya.,
8.   Peserta didik dapat menyebutkan sumber energi.
9.   Peserta didik dapat menyebutkan anggota keluarga
10. Peserta didik dapat menggambar pemandangan di sekitar Sekolah.
11. Peserta didik dapat menyebutkan benda yang menimbulkan bunyi.
Pertemuan minggu II
1.   Peserta didik dapat menyebutkan akibat dan kekalahan waktu pertandingan.
2.   Peserta didik dapat meneeritakan kembaU isi cerita dengan bahasa sendini.
3.   Peserta didik dapatmenyebutkan ciri-ciri hewan.
4.   Guru dan peserta didik mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
5.   Peserta didikdapat menuliskan ciri-ciri hewan (ikan).
6.   Peserla didik dapat mengubah perkalian menjadi bentuk pembagian.
7.   Peserta didik dapat menunjukkan sisi bangun datar.
8.   Peserta didik dapat menyebutkan jenis energi yang sering digunakan.
9.   Peserla didik dapat menceritakan.peran ayah dalam keluarga.
Pertemuan minggu III
1.   Peserta didik dapat menyebutkan akibat dan kekalahan waktu bertanding.
2.   Peserta didik dapat menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.   Peserta didik dapatmenyebutkan ciri-ciri binatang berkaki empat yang makan rumput.
4.   Peserta didik dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
5.   Peserta didik dapat menuliskan ciri-ciri binatang yang berkaki empat.
6.   Peserta didik dapat mengingat fakta pembagian sampai 50.
7.   Peserta didik dapat menyebutkan sisi-sisi bangun datar.
8.   Peserta didikdapat menyebul cara menghemat energi.
9.   Peserta didik dapat menyebutkan peran ibu dalam keluarga
IV.  Sumber dan Media Pembelajaran
A.   Sumber
            1.   Buku tematik                 3.     Buku pendamping
            2.   Pengembangan guru    4.     Lingkungan
B.   Media Pembelajaran
            1.   Gambar pertandingan sepak bola
            2.   Kartu bilangan
            3.   Batu Batery
            4.   GambarTumbuhan
            5.   Lingkungan
V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanyajawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                 NIP…………..…………                                              NIP……………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More