RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
PERISTIWA
KELAS / SEMESTER :
II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.3. Menampilkan sikap man menerima kekalahan.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.1. Menyampaikanpesan pendek yang di dengamya
kepada orang Iain.
Berbicara
6.1. Mengendiskripsikan
tumbuhan / binatang di sekitar sesuai ciri-ciri dengan menggunakan kalimat yang
mudah dipahami orang lain.
Membaca
7.1. Membaca
nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang
tepat.
Menulis
8.1 Mendiskripsikan
tumbuhan / binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa
tulis.
3. MATEMATIKA
Bilangan
3.2. Melakukan
pembagiandua angka
Geometri dan pengukuran
4.2 Mengenal
sisi-sisi bangun datar
4. IPA
2.1 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
5. IPS
2.2. Menceritakan
pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
II. INDIKATOR
1. PKN
3.3.1. Menyebutkan contoh sikap yang balk bila mengalami
kesalahan
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.1.1. Dapat menyampaikan pesan yang didengar
dengari baik
5.1.2. Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Berbicara
6.1.1. Mengidentifikasikan
ciri-ciri tumbuhan di sekitar kita.
6.1.2. Mengidentifikasikan ciri-ciri binatang
di sekitar kita
Membaca
7.1.1. Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7.1.2. Menjawab
atau mengajukan pertanyaan isi teks.
Menulis
8.1.1. Menuliskan ciri-ciri tumbuhan.
8.1.2. Menuliskan
ciri-ciri binatang.
3. Matematika
Bilangan
3.2.1. Mengenai arti pembagian
3.2.2. Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya
3.2.3. Mengingat
faktor pembagian sampai SD dengan berbagai cara.
Geometri
dan Pengukuran
4.2.1. Mengelompokkan bangun-bangun datar menurut
bentuknya
4.2.2. Menunjukkan sisi-sisi bangun datar
4.2.3. Menyebutkan
sisi-sisi bangun datar.
4. lImu Pengetahuan Alam
3.2.1. Mertyebutkan sumber-sumber energi
3.2.2. Mengidentifikasi jenis energi yang sering digunakan di lingkungan sekitar
3.2.3. Menyebutkan cara menghemat energi.
5. IPS
2.2.1. Menyebutkan
anggota keluarga
2.2.2. Menceritakan
peran ayah dalam keluarga
2.2.3. Menceritakan
peran ibu dalam keluarga.
III. Langkah-Iangkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Do’a
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti :
Pertemuan
minggu I
1. Peserta didik
dapat mengungkapkan perasaan bila niengalami kesalahan dalam bertanding.
2. Beberapa peserta
didik diberi tugas menyampaikan pesan kepada temannya.
3. Peserta didik
diberi tugas menyampaikan pesan kepada temannya.
4. Peserta
didikdapatmenyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang ada di sekitar kita.
5. Peserta didik
dapat menuliskan ciri-ciri tumbuhan yang ada di sekitar kita.
6. Peserta didik
dapat mengerjakan pembagian dengan cara pengulangan berulang.
7. Peserta didik
dapat mengelompokkan bangun-bangun datar menurut bentuknya.,
8. Peserta didik
dapat menyebutkan sumber energi.
9. Peserta didik
dapat menyebutkan anggota keluarga
10. Peserta didik
dapat menggambar pemandangan di sekitar Sekolah.
11. Peserta didik
dapat menyebutkan benda yang menimbulkan bunyi.
Pertemuan
minggu II
1. Peserta didik
dapat menyebutkan akibat dan kekalahan waktu pertandingan.
2. Peserta didik
dapat meneeritakan kembaU isi cerita dengan bahasa sendini.
3. Peserta didik
dapatmenyebutkan ciri-ciri hewan.
4. Guru dan
peserta didik mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
5. Peserta
didikdapat menuliskan ciri-ciri hewan (ikan).
6. Peserla didik
dapat mengubah perkalian menjadi bentuk pembagian.
7. Peserta didik dapat
menunjukkan sisi bangun datar.
8. Peserta didik
dapat menyebutkan jenis energi yang sering digunakan.
9. Peserla didik
dapat menceritakan.peran ayah dalam keluarga.
Pertemuan
minggu III
1. Peserta didik
dapat menyebutkan akibat dan kekalahan waktu bertanding.
2. Peserta didik
dapat menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3. Peserta didik
dapatmenyebutkan ciri-ciri binatang berkaki empat yang makan rumput.
4. Peserta didik
dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
5. Peserta didik
dapat menuliskan ciri-ciri binatang yang berkaki empat.
6. Peserta didik
dapat mengingat fakta pembagian sampai 50.
7. Peserta didik
dapat menyebutkan sisi-sisi bangun datar.
8. Peserta didikdapat
menyebul cara menghemat energi.
9. Peserta didik
dapat menyebutkan peran ibu dalam keluarga
IV. Sumber
dan Media Pembelajaran
A. Sumber
1. Buku
tematik 3. Buku pendamping
2. Pengembangan
guru 4. Lingkungan
B. Media
Pembelajaran
1. Gambar pertandingan sepak bola
2. Kartu
bilangan
3. Batu
Batery
4.
GambarTumbuhan
5. Lingkungan
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP…………..………… NIP……………………
0 komentar:
Posting Komentar