RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS / SEMESTER :
II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
4.2. Melaksanakan
perilaku jujur, disiptin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
2. BAHASA INDONESIA
5.2. Menceritakan
kembali isi dongeng yang di dengamya.
6.2 Menceritakan
kembali cerita anak yang di dengarkan dengan menggunakan katakata sendiri.
7.2. Menyebutkan
isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang di baca dalam hati.
8.2. Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3. MATEMATIKA
3.3. Melakukan
operasi hitung campuran.
4.3. Mengenal
sudut-sudut bangun datar.
4. ILMU PENGATAHUAN
ALAM.
4.2. Mendiskripsikán kegunaan panas dan cahaya mataharl.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
2.3 Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetangga.
II. INDIKATOR
1. PKN
4.2.1. Mendefinisikan
arti kejujuran.
4.2.2. Menjelaskan
manfaat dan kejujuran.
4.2.3. Mendefinisikn
anti kedisipflnan.
4.2.4. Menjelaskan
manfaat kedisiplinan.
4.2.5. Menyebutkan
manfaat kenjasama.
4.2.6. Membenikan
contoh bentuk kerjasama.
4.2.7. Akibat
tidak jujur, disipfln dan kerjasama.
2. BAHASA
INDONESIA
5.2.1. Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita.
5.2.2. Menceritakan
kembali ceritadengan menggunakan kata-kata sendiri.
6.2.1. Membaca
cerita pendek tentang dongeng.
6.2.2. Menceritakan
kembali dongeng dengan kata-katanya sendini.
7.2.1. Membaca tek
cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7.2.2. Menjawab
atau mengajukan pertanyaan dan teks yang dibaca.
8.2.1. Menyalin
puisi dengan tulisan tegak bersambung.
3. MATEMATIKA
3.3.1. Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian.
4.3.1. Melakukan
pengukuran dengan alat ukur untuk menentukan bentuk benda.
4. ILMU PENGETAHUAN
ALAM
4.2.1. Menjelaskan
manfaat panas matahari.
4.2.2. Menyeebutkan
manfaat panas matahari.
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.3.1. Menjelaskan
pentingnya kerjasama.
2.3.2. Menyebutkan
manfaat kerjasama.
2.3.3. Menyebutkan
contoh kerjasama di rumah, sekolah dan Iingkungan.
III. LANGKAH-IANGKAH PEMBELAJARAN PERTEMUAN
MINGGU
KE-1
A. Kegiatan
Awal:
1. Doa
2. Mengabsen
peserta didik.
3. Apersepi.
B. Kegiatan
Inti :
1. Peserta didik
diajak bermain peran yang mengandung nilai kejujuran.
2. Peserta didik
menyebutkan manfaat kejujuran.
3. Guru
menjelaskan anti kedisiplinan.
4. Peserta didik
membaca cerita pendek.
5. Peserta didik
membaca sebuah dongeng.
6. Peserta didik
menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung
7. Peserta didik
menjelaskan soal-soal perkalian.
Contoh: 1 ekor kambing berkaki 4. Berapa jumlah kaki 5 ekor kambing?
8. Peserta didik
mengukur tinggi tanaman.
9. Peserta didik diajak
ke tempat yang terkena sinar matahari.
10. Peserta didik
diberi tugas memelihara tanaman secara berkelompok
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
Menyanyikan
lagu “Naik ke Puncak gunung”.
Pertemuan
Minggu ke-Il
A. Kegiatan
Awal:
1. Doa
2. Mengabsen
peserta didik.
3. Apersepi
B. Kegiatan
Inti
1. Guru
menjelaskan arti disiplin.
2. Peserta didik
menyebutkan manfaat kedisiplinan
3. Peserta didik
menyebutkan manfaat kerjasama.
4. Peserta didik
menceritakan teks cerita dengan kata-kalanya sendiri.
5. Peserta didik menceritakan
kembali dongeng yang telah didengar katanya sendiri
6. Peserta didik
menjawab pertanyaán dan teks bacaan yang telah dibaca.
7. Peserta didik
menulis kalimat yang di diktekan oleh guru.
8. Peserta didik
menyelesaikan soal-soal pembagian.
Contoh:
1 keranjang mangga berisi 5 buah dibagikan kepada 3 anak. Berapa bagian
tiap-tiap anak?
9. Peserta didik
membandingkan hewan kucing, dengan tikus.
10. Guru menjelaskan
manfaat pasan matahari:
11. Tanya jawab
manfaat kerjasama
C. Kegiatan Akhir
Menyanyikan
lagu “Matahari Terbenam”
Pertemuan
Minggu ke-III
A. Kegiatan Awal
1. Doa.
2. Mengabsen
peserta didik
3. Apersepsi
B. Kegiatan
Intl
1. Peserta
didik menyebutkan contoh-contoh kerjasama.
2. Guru
menjelaskan akibat orang yang tidak mau bekerjasama.
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
4. Peserta
didik membaca óenita kemudian menceritakan kembali dengan kata-katanya sendini.
5. Peserta
didik membaca teks cerita.
6. Peserta
didik menulis puisi dengan tulisan tegak bersambung.
7. Peserta
didik mengerjakan hitungan campuran mengenai perkalian dan pembagian.
8. Peserta
didik mengukur tinggi tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
9. Peserta
didik menjelaskan dan menyebutkan manfaat matahari.
10. Pesenta
didik menyebutkan contoh kerjasarna di rumah, sekolah dan lingkungan
IV. Sumber
dan Media Pembelajaran
A. Sumber
1. Buku
tematik 3. Buku pendamping
2. Pengembangan
guru 4. Lingkungan
3. Kaset
/ CD 5. Tap recorder
B. Media
Pembelajaran
1. Gambar
hewan
4. GambarTumbuhan
5. Lingkungan
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanyajawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP…………..………… NIP……………………
0 komentar:
Posting Komentar