Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema Diri Sendiri Hal 24



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                                : HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS / SEMESTER      : II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU            : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
4.2.   Melaksanakan perilaku jujur, disiptin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
2.   BAHASA INDONESIA
5.2.   Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengamya.
6.2    Menceritakan kembali cerita anak yang di dengarkan dengan menggunakan kata­kata sendiri.
7.2.   Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang di baca dalam hati.
8.2.   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3.   MATEMATIKA
3.3.   Melakukan operasi hitung campuran.
4.3.   Mengenal sudut-sudut bangun datar.
4.   ILMU PENGATAHUAN ALAM.
4.2.   Mendiskripsikán kegunaan panas dan cahaya mataharl.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.3    Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetangga.
II.   INDIKATOR
1.   PKN
4.2.1.   Mendefinisikan arti kejujuran.
4.2.2.   Menjelaskan manfaat dan kejujuran.
4.2.3.   Mendefinisikn anti kedisipflnan.
4.2.4.   Menjelaskan manfaat kedisiplinan.
4.2.5.   Menyebutkan manfaat kenjasama.
4.2.6.   Membenikan contoh bentuk kerjasama.
4.2.7.   Akibat tidak jujur, disipfln dan kerjasama.
2.   BAHASA INDONESIA
5.2.1.   Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
5.2.2.   Menceritakan kembali ceritadengan menggunakan kata-kata sendiri.
6.2.1.   Membaca cerita pendek tentang dongeng.
6.2.2.   Menceritakan kembali dongeng dengan kata-katanya sendini.
7.2.1.   Membaca tek cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7.2.2.   Menjawab atau mengajukan pertanyaan dan teks yang dibaca.
8.2.1.   Menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung.
3.   MATEMATIKA
3.3.1.   Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian.
4.3.1.   Melakukan pengukuran dengan alat ukur untuk menentukan bentuk benda.
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.2.1.   Menjelaskan manfaat panas matahari.
4.2.2.   Menyeebutkan manfaat panas matahari.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.3.1.   Menjelaskan pentingnya kerjasama.
2.3.2.   Menyebutkan manfaat kerjasama.
2.3.3.   Menyebutkan contoh kerjasama di rumah, sekolah dan Iingkungan.
III.  LANGKAH-IANGKAH PEMBELAJARAN PERTEMUAN
MINGGU KE-1
A.   Kegiatan  Awal:
1.   Doa
2.   Mengabsen peserta didik.
3.   Apersepi.
B.   Kegiatan  Inti :
1.   Peserta didik diajak bermain peran yang mengandung nilai kejujuran.
2.   Peserta didik menyebutkan manfaat kejujuran.
3.   Guru menjelaskan anti kedisiplinan.
4.   Peserta didik membaca cerita pendek.
5.   Peserta didik membaca sebuah dongeng.
6.   Peserta didik menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung

7.   Peserta didik menjelaskan soal-soal perkalian.
Contoh:     1 ekor kambing berkaki  4. Berapa jumlah kaki 5 ekor kambing?
8.   Peserta didik mengukur tinggi tanaman.
9.   Peserta didik diajak ke tempat yang terkena sinar matahari.
10. Peserta didik diberi tugas memelihara tanaman secara berkelompok
C.  Kegiatan  Akhir (Penutup)
Menyanyikan lagu “Naik ke Puncak gunung”.
Pertemuan Minggu ke-Il
A.   Kegiatan  Awal:
1.   Doa
2.   Mengabsen peserta didik.
3.   Apersepi
B.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan arti disiplin.
2.   Peserta didik menyebutkan manfaat kedisiplinan
3.   Peserta didik menyebutkan manfaat kerjasama.
4.   Peserta didik menceritakan teks cerita dengan kata-kalanya sendiri.
5.   Peserta didik menceritakan kembali dongeng yang telah didengar katanya sendiri
6.   Peserta didik menjawab pertanyaán dan teks bacaan yang telah dibaca.
7.   Peserta didik menulis kalimat yang di diktekan oleh guru.
8.   Peserta didik menyelesaikan soal-soal pembagian.
Contoh: 1 keranjang mangga berisi 5 buah dibagikan kepada 3 anak. Berapa bagian tiap-tiap anak?
9.   Peserta didik membandingkan hewan kucing, dengan tikus.
10. Guru menjelaskan manfaat pasan matahari:
11. Tanya jawab manfaat kerjasama
C.  Kegiatan  Akhir
Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
Pertemuan Minggu ke-III
A.   Kegiatan  Awal
1.   Doa.
2.   Mengabsen peserta didik
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Intl
1.   Peserta didik menyebutkan contoh-contoh kerjasama.
2.   Guru menjelaskan akibat orang yang tidak mau bekerjasama.
3.   Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
4.   Peserta didik membaca óenita kemudian menceritakan kembali dengan kata-katanya sendini.
5.   Peserta didik membaca teks cerita.
6.   Peserta didik menulis puisi dengan tulisan tegak bersambung.
7.   Peserta didik mengerjakan hitungan campuran mengenai perkalian dan pembagian.
8.   Peserta didik mengukur tinggi tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
9.   Peserta didik menjelaskan dan menyebutkan manfaat matahari.
10. Pesenta didik menyebutkan contoh kerjasarna di rumah, sekolah dan lingkungan
IV.  Sumber dan Media Pembelajaran
A.   Sumber
            1.   Buku tematik                 3.      Buku pendamping
            2.   Pengembangan guru     4.      Lingkungan
            3.   Kaset / CD                     5.      Tap recorder
B.   Media Pembelajaran
            1.   Gambar hewan
            4.   GambarTumbuhan
            5.   Lingkungan
V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanyajawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio
                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II


                  ……………………….                                                ……………………….
                 NIP…………..…………                                              NIP……………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More