RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkart penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
3.1 Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.1 Menyusun
paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan
ejaan
3. MATEMATIKA
1.1 Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
2.1 Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
1.1 MendiskriIPSikan
ciri-ciri den kebutuhari makhluk hidup.
5. LMU PENGETAHUAN
SOSIAL
1.1 Menceritakan
Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengetahui
makna sumpah pemuda
·
Mengetahui
Iahirnya sumpeh pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan
penjelasan
·
Menganalisa
penjelasan
·
Melaksanakan
penjelasan
·
Melengkapi
kaUmat penjelasan
·
Menceritakan
pengalaman pribadi
·
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menyusun
paragraf sederhana dengan memperhetikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
·
Menggambar
gahs bitangan
·
Menentukan
etak bilangan pada garis bHarigan.
·
Menyebutkan
nama alat ukur
·
Menyebutkan
fungsi alat ukur
·
Mengukur
dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
·
Membedakan
antara makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan
lingkungan alam buatan
·
Menyebutkan
Iingkungan alam alami
·
Menjelasken
alam
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi Menyanyikan
lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengidentifikasi
jenis kelamin
2 Mengenal makna
satu nyse
3 Mengenal makna
satu bangsa
4. Mengenal makna
satu bahasa
5. Mendengarkan
penjelasan
6. Menganalisa
penjelasan
7. Melaksanakan
penjelasan
8. Melengkapi
kalimat penjelasan
9. Menceritakan
pengalaman pribadi
10. Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan afal dan intonasi yang tepat
11. Menyusun
paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
12. Menggambar
garis bilangan
13. Menentukan
etak bilangan pada garis bilangan
14. Menyebutkan
nama alat ukur
15. Menyebutkan
fungsi alat ukur
16. Mengukur
dengan alat ukur
17. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
18. Membandingkan
ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
19. Menjelaskan
alam buatan dan alam alami
20. Mengidentifikasikan alam
21. Menceritakan
alam
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masingmasing
sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar