Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema KELUARGA Hal 26



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KELUARGA
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Mengamalkan nilai nilai sumpah pemuda
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
         Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
         Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
         Menyusun paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
2.1    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, Umbangan, atau jam) Melakukan penjumlahan dan perigurangan tiga angka.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, tim-bangan, atau jam)
4.   ILMUPENGETAHUANAL.AM .
1.1   Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1    Memelihara Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Meneladani jiwa sumpah pemuda, persatuan dan kesatuan, rela  berkorban
2.   BAHASA INDONESIA
·         Menyusun paragraf sederhdna dengan memperhatikan pengguhaan ejaan
·         Mendengarkan penjelasan
·         Menganalisa penjelasan
·         Melaksanakan penjelasan
·         Melengkapi kalimat penjelasan
·         Menceritakan pengalaman pribadi
·         Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Menyusun paragraf sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
·         Menggambar garis bilangan
·         Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Menyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
·         Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
·         Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
·         Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
·         Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Meriyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·         Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan hewan dan tumbuhari
·         Menggoiongkan hewan berdasarkan persamean ciri-cirinya.
·         Menggolongkan tumbuhari berdasarkan persamean ciri-cirinya
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menjelaskan alam
·         Menyebutkan cara merawat alam dan buatan
·         Melaksanakan atau merawat alam
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”


B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Mengidentifikasi jenis kelamin
2.   Melakukan kebiasaan hidup bersatu dalam kehidupan sehari-hari
3.   Menyebutkan arti rela berkorban
4.   Mendengarkan penjelasan
5.   Menganalisa penjelasan
6.   Melaksanakan penjelasan
7.   Melengkapi kalimat penjelasan
8.   Menceritakan pengalaman pribadi
9.   Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
10, Menyusun paragraf berdasarkan. bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
11. Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
12. Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
13. Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
14. Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
15. Menyebutkan nama alat ukur
16. Menyebutkan fungsi alat Ukur
17. Mengukur dengan alat ukur
18. Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. .
19, Mengebmpokkan hewan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
20. Mengelompokkan tumbuhari berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
21. Menerangkan cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dan PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
                                   
                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More