RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KELUARGA
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengamalkan
nilai nilai sumpah pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menyusun
paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan
ejaan
3. MATEMATIKA
2.1 Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, Umbangan, atau jam) Melakukan penjumlahan
dan perigurangan tiga angka.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
tim-bangan, atau jam)
4. ILMUPENGETAHUANAL.AM
.
1.1 Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Memelihara
Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Meneladani
jiwa sumpah pemuda, persatuan dan kesatuan, rela berkorban
2. BAHASA
INDONESIA
·
Menyusun
paragraf sederhdna dengan memperhatikan pengguhaan ejaan
·
Mendengarkan
penjelasan
·
Menganalisa
penjelasan
·
Melaksanakan
penjelasan
·
Melengkapi
kalimat penjelasan
·
Menceritakan
pengalaman pribadi
·
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menyusun
paragraf sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
·
Menggambar
garis bilangan
·
Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
·
Menyebutkan
nama alat ukur
·
Menyebutkan
fungsi alat ukur
·
Mengukur
dengan alat ukur
·
Menjumlahkan
tiga angka tanpa teknik menyimpan
·
Menjumlahkan
tiga angka dengan teknik menyimpan
·
Mengurangkan
tiga angka tanpa teknik meminjam
·
Mengurangkan
tiga angka dengan teknik meminjam
·
Menyebutkan
nama alat ukur
·
Meriyebutkan
fungsi alat ukur
·
Mengukur
dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan hewan dan tumbuhari
·
Menggoiongkan
hewan berdasarkan persamean ciri-cirinya.
·
Menggolongkan
tumbuhari berdasarkan persamean ciri-cirinya
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan
alam
·
Menyebutkan
cara merawat alam dan buatan
·
Melaksanakan
atau merawat alam
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengidentifikasi jenis kelamin
2. Melakukan kebiasaan hidup bersatu dalam
kehidupan sehari-hari
3. Menyebutkan arti rela berkorban
4. Mendengarkan penjelasan
5. Menganalisa penjelasan
6. Melaksanakan penjelasan
7. Melengkapi kalimat penjelasan
8. Menceritakan pengalaman pribadi
9. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
10, Menyusun
paragraf berdasarkan. bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
11. Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
12. Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
13. Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
14. Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
15. Menyebutkan nama alat ukur
16. Menyebutkan fungsi alat Ukur
17. Mengukur dengan alat ukur
18. Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan
ciri-cirinya. .
19,
Mengebmpokkan hewan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
20. Mengelompokkan tumbuhari berdasarkan persamaan
ciri-cirinya.
21. Menerangkan cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masingmasing
sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar