RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
TRANSPORTASI
KELAS / SEMESTER :
II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU :
3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
4.2. Melaksanakan
perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan seharihan.
2. BAHASA
INDONESIA
5.1. Menyampaikan
pesan pendek yang didengamya dan orang lain.
6.2. Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
7.1. Membaca
nyaning teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang
tepat.
8.2. Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3. MATEMATIKA
3.3. Melakukan
operasi hitung campuran.
4. IPA
4.2 Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehanihari.
3.3. Melakukan
operasi hitung campuran.
4.3. Mengenal
sudut-sudut bangun datar.
5. IPS
2.3. Membeni
contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
II. INDIKATOR
1. PKN
4.2.1. Pengertianjujur.
4.2.2. Menyebutkan
contoh perilaku jujur.
4.2.3. Menyebulkan
contoh perilaku tidak jujur.
4.2.4. Menjelaskan
pengertian disiplin.
4.2.5. Menyebutkan
contoh disiplin di jalan raya.
4.2.6. Akibat
tingkah laku tidak disiplin di jalan raya.
4.2.7. Menyebutkan
contoh tidak disiplin di jalan raya.
2. BAHASA
INDONESIA.
5.1.1. Menceritakan
kembali cerita dengan kata-kata sendiri.
6.2.1. Menyebutkan
bagian-bagian angkutan umum.
6.2.2. Menyebutkan
tempat-tempat angkutan umum.
7.1.1. Membaca nyaning
dengan intonasi yang tepat.
7.1.2. Membaca
dengan lafal yang tepat.
7.1.3. Membaca
sesuai dengan tanda baca yang benar.
8.2.1. Menulis
dengan huruf tegak bersambung.
3. MATEMATIKA
3.3.1 Melakukan
pengerjaan hitung campuran sampai dua àngka.
3.3.2 Melakukan
pengerjaan hitung campuranperkalian dan pembagian.
4.3.1 Menyebutkan
benda-benda di Iingkungan yang berbentuk persegi, persegi panjang dan segitiga.
4. IPA
4.2.1 Menyebutkan
arah matahari terbit.
4.2.2 Menyebutkan
arah matahari terbenam.
4.2.3 Menyebutkan
posisi atau letak matahari menurut waktu.
5. IPS
2.3.1. Menjelaskan
kerjasama.
2.3.2. Menyebutkan
bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetangga.
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
Pertemuan Minggu I
A. Kegiatan
Awal
1. Doa bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi (
menyanyikan Iagu Tamasya)
B. Kegiatan
Inti
1. Menjelaskan
pengertian jujur dalam perilaku sehari-hari
2. Peserta didik
mendengarkan cerita bacaan pendek tentang angkutan tradisional
3. Peserta didik
menyebutkan bagian-bagian alat transportasi
4. Membaca teks
angkutan umum
5. Menulis
nama-nama atat transportasi dengan huruf tegak bersambung
6. Peserta didik
mengerjakan hitungan campuran perkalian dan pembagian 2 angka
7. Menyebutkan
bentuk-bentuk bangun datar disekitar kita
8. Peserta didik
mengamati matahari
9. Melakukan-kerjasama
dalam keg iatan sehari-hari
10. Peserta didik
mewarnai alat transportasi
C. Kegiatan
akhir
1. Tanya jawab
materi yang diajarkan
2. Guru bersama
peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang alat transportasi
3. Doa bersama
Pertemuan Minggu II
A. Kegiatan
Awal
1. Doa bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
(bercerita perjalanan berangkat ke sekolah)
B. Kegiatan
Inti
1. Menjelaskan
disiplin berlalu-lintas
2. Peserta didik
menyebutkan transportasi modem
3. Menyebutkan
bagian-bagian mobil
4. Membaca nyaring
tentang angkutan umum
5. Menulis tegak
bersambung tentang alat transportasi
6. Membentuk
beberapa bangun datar sehingga membentuk bangun datar yang lain
7. Pengerjaan
hitung perkalian dan pembagian.
8. Menyebutkan
manfaat sinar matahari dalam kehidupan sehari-hari
9. Menyebutkan
contoh kerjasama dalam kehidupan sehari-hari
C. KegiatanAkhir
1. Tanya jawab
materi yang diajarkan
2. Guru bersama
peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang alat transportasi
3. Doa bersama
Pertemuan Minggu Ill
A. Kegiatan
Awàl
1. Doabersama
2. Mengabsen sisWa
3. Apersepsi
B. Kegiatan
Inti
1. Guru dan
peserta didik tanya jawab tentang aturan-aturan naik kereta api
2. Peserta didik
menjawab pertanyaan akibat tidak membeli karcis
3. Menjelaskan
perilaku tidak disiplin
4. Menyebutkan
perbedaan angkutan modem dan angkutan tradisional
5. Menyebutkan
tempa-tempat pemberhentian angkutan umum
6. Membaca Teks
yang berjudul” Naik Kereta Api” dengan lafal dan intonasi yang benar
7. Menyalin teks
lagu “ Naik Kereta Api” dengan tulisan tegak bersambung
8. Melakukan
pengerjaan operasi hitung perkalian dan pembagian dalam bentuk soal cerita.
9. Mengurutkan
bangun-bangun datar dan yang terkecil ke terbesar
10. Menggambar dan
mewamal gambar bangun datar
11. Menyebutkan Ietak
matahari menurut waktu
12. Membiasakan
kerjasama di Iingkungan tetangga
C. Kegiatan
Akhir
1. Tanya jawab
mateni yang diajar!can
2. Guru bersama peserta
didik menyimpulkan mateni yang diajarkan tentang atat transportasi
3. Doa bersama
IV. SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
A. Sumber
1. Buku tematik
2. Buku Pendamping
3. Pengembangan guru
4. Lingkungan
5.
Siswa
B.
Media Pembelajaran
1. Gambar alat
transportasi
2. Model alat
transportasi
V. Evaluasi
1. Lesan
: Tanya jawab
2. Tertulis
: Isian, uraian
3. Unjuk
kerja : Hasil pengamatan dan
praktek
4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
………………………. ……………………….
NIP…………..………… NIP……………………
0 komentar:
Posting Komentar