Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema TRANSPORTASI Hal 23



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA                                : TRANSPORTASI
KELAS / SEMESTER      : II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU            : 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
4.2.   Melaksanakan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari­han.
2.   BAHASA INDONESIA
5.1.   Menyampaikan pesan pendek yang didengamya dan orang lain.
6.2.   Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
7.1.   Membaca nyaning teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
8.2.   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3.   MATEMATIKA
3.3.   Melakukan operasi hitung campuran.
4.   IPA
4.2    Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehani­hari.
3.3.   Melakukan operasi hitung campuran.
4.3.   Mengenal sudut-sudut bangun datar.
5.   IPS
2.3.   Membeni contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
II.   INDIKATOR
1.   PKN
4.2.1.   Pengertianjujur.
4.2.2.   Menyebutkan contoh perilaku jujur.
4.2.3.   Menyebulkan contoh perilaku tidak jujur.
4.2.4.   Menjelaskan pengertian disiplin.
4.2.5.   Menyebutkan contoh disiplin di jalan raya.
4.2.6.   Akibat tingkah laku tidak disiplin di jalan raya.
4.2.7.   Menyebutkan contoh tidak disiplin di jalan raya.
2.   BAHASA INDONESIA.
5.1.1.   Menceritakan kembali cerita dengan kata-kata sendiri.
6.2.1.   Menyebutkan bagian-bagian angkutan umum.
6.2.2.   Menyebutkan tempat-tempat angkutan umum.
7.1.1.   Membaca nyaning dengan intonasi yang tepat.
7.1.2.   Membaca dengan lafal yang tepat.
7.1.3.   Membaca sesuai dengan tanda baca yang benar.
8.2.1.   Menulis dengan huruf tegak bersambung.
3.   MATEMATIKA
3.3.1    Melakukan pengerjaan hitung campuran sampai dua àngka.
3.3.2    Melakukan pengerjaan hitung campuranperkalian dan pembagian.
4.3.1    Menyebutkan benda-benda di Iingkungan yang berbentuk persegi, persegi panjang dan segitiga.
4.   IPA
4.2.1    Menyebutkan arah matahari terbit.
4.2.2    Menyebutkan arah matahari terbenam.
4.2.3    Menyebutkan posisi atau letak matahari menurut waktu.
5.   IPS
2.3.1.   Menjelaskan kerjasama.
2.3.2.   Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di Iingkungan tetangga.
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
Pertemuan Minggu I
A.   Kegiatan Awal
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi ( menyanyikan Iagu Tamasya)
B.   Kegiatan Inti
1.   Menjelaskan pengertian jujur dalam perilaku sehari-hari


2.   Peserta didik mendengarkan cerita bacaan pendek tentang angkutan tradisional
3.   Peserta didik menyebutkan bagian-bagian alat transportasi
4.   Membaca teks angkutan umum
5.   Menulis nama-nama atat transportasi dengan huruf tegak bersambung
6.   Peserta didik mengerjakan hitungan campuran perkalian dan pembagian 2 angka
7.   Menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar disekitar kita
8.   Peserta didik mengamati matahari
9.   Melakukan-kerjasama dalam keg iatan sehari-hari
10. Peserta didik mewarnai alat transportasi
C.  Kegiatan akhir
1.   Tanya jawab materi yang diajarkan
2.   Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang alat transportasi
3.   Doa bersama
Pertemuan Minggu II
A.   Kegiatan Awal
1.   Doa bersama
2.   Mengabsen siswa
3.   Apersepsi (bercerita perjalanan berangkat ke sekolah)
B.   Kegiatan Inti
1.   Menjelaskan disiplin berlalu-lintas
2.   Peserta didik menyebutkan transportasi modem
3.   Menyebutkan bagian-bagian mobil
4.   Membaca nyaring tentang angkutan umum
5.   Menulis tegak bersambung tentang alat transportasi
6.   Membentuk beberapa bangun datar sehingga membentuk bangun datar yang lain
7.   Pengerjaan hitung perkalian dan pembagian.
8.   Menyebutkan manfaat sinar matahari dalam kehidupan sehari-hari
9.   Menyebutkan contoh kerjasama dalam kehidupan sehari-hari
C.  KegiatanAkhir
1.   Tanya jawab materi yang diajarkan
2.   Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang alat transportasi
3.   Doa bersama
Pertemuan Minggu Ill
A.   Kegiatan Awàl
1.   Doabersama
2.   Mengabsen sisWa
3.   Apersepsi
B.   Kegiatan Inti
1.   Guru dan peserta didik tanya jawab tentang aturan-aturan naik kereta api
2.   Peserta didik menjawab pertanyaan akibat tidak membeli karcis
3.   Menjelaskan perilaku tidak disiplin
4.   Menyebutkan perbedaan angkutan modem dan angkutan tradisional
5.   Menyebutkan tempa-tempat pemberhentian angkutan umum
6.   Membaca Teks yang berjudul” Naik Kereta Api” dengan lafal dan intonasi yang benar
7.   Menyalin teks lagu “ Naik Kereta Api” dengan tulisan tegak bersambung
8.   Melakukan pengerjaan operasi hitung perkalian dan pembagian dalam bentuk soal cerita.
9.   Mengurutkan bangun-bangun datar dan yang terkecil ke terbesar
10. Menggambar dan mewamal gambar bangun datar
11. Menyebutkan Ietak matahari menurut waktu
12. Membiasakan kerjasama di Iingkungan tetangga
C.  Kegiatan Akhir
1.   Tanya jawab mateni yang diajar!can
2.   Guru bersama peserta didik menyimpulkan mateni yang diajarkan tentang atat transportasi
3.   Doa bersama
IV.  SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Sumber
1.    Buku tematik



2.    Buku Pendamping
3.    Pengembangan guru
4.    Lingkungan
5.    Siswa
B.    Media Pembelajaran
1.   Gambar alat transportasi
2.   Model alat transportasi

V.   Evaluasi
1.   Lesan                 : Tanya jawab
2.   Tertulis               : Isian, uraian
3.   Unjuk kerja         : Hasil pengamatan dan praktek
4.   Portofolio

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



                  ……………………….                                                ……………………….
                 NIP…………..…………                                              NIP……………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More