Kamis, 10 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II Semester II Hal 6





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SD
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : II
Semester                                 : II

BAB V

Kompetensi dasar
Mengenal nilai kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
Menjelaskan pengertian disiplin
Menerangkan bahwa disiplin penting dalam mencapai cita-cita
Menjelaskan pentingnya menabung untuk masa depan
Menceritakan tentang semua cita-cita dapat dicapai
Mengidentifikasi sikap disiplin di sekolah
Menjelaskan keuntungan dari sikap disiplin
Menyebutkan bagaimana cara berdidiplin
Menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin
Menjelaskan kerugian berperilaku tidak disiplin

Alokasi Waktu                     :  2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian disiplin
Siswa dapat menerangkan bahwa disiplin penting dalam mencapai cita-cita
Siswa dapat menjelaskan pentingnya menabung untuk masa depan
Siswa dapat menceritakan tentang semua cita-cita dapat dicapai
Siswa dapat mengidentifikasi sikap disiplin di sekolah
Siswa dapat menjelaskan keuntungan dari sikap disiplin
Siswa dapat menyebutkan bagaimana cara berdidiplin
Siswa dapat menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin
Siswa dapat menjelaskan kerugian berperilaku tidak disiplin

B. Materi Ajar
Boneka Impian
Mimpi Menjadi Juara
Kura-Kura dan Kelinci

C. Pendekatan Dan Metode pembelajaran
  1. Pendekatan kontekstual
  2. Pendekatan Cooperatif Learning
  3. Diskusi dengan teman sebangku
  4. Tanya jawab
  5. Ceramah
  6. Penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
            1. kegiatan awal
a.      Pada awal pelajaran guru memimpin murid-murid untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
b.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya apakah siswa tau apa yang disebut dengan sikap disiplin. Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan disiplin.
c.      Guru menyimpulkan kegiatan apersepsi dengan menguhubungkannya dengan materi yang akan disampaikan
            2. kegiatan inti
a.      Siswa mengamati gambar pada halaman 78-80. salah satu siswa di minta membacakan bacaan tentang Boneka Impian. Dan guru menjelaskan tentang definisi disiplin.
b.      Menjelaskan pentingnya memiliki sikap disiplin dalam berbagai hal, dan di berbagai tempat. Misalnya di rumah, sekolah dan lingkuan.
c.      Melakukan diskusi kelas tentang pentingnya menabung untuk masa depan. Dan guru menjelaskan pentingnya memiliki sikap gemar menabung.
d.     Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang materi yang disampaikan dan bacaan mengenai Boneka Impian. Misalnya
Apa yang di inginkan oleh Meilan?
Nenek memberikan saran apa pada Meilan?
Apa keuntungan yang didapat oleh Meilan?
e.      Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar pada halaman 81-82. dan menunjuk siswa secara acak untuk membaca bacaan Mimpi Menjadi Juara
f.       Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang pentingnya memiliki sikap disiplin
g.      Berdiskusi tentang cara-cara untuk mencapai cita-cita. Dan menunjuk beberapa orang siswa untuk bercerita di depan kelas tentang cita-citanya dan usaha apa yang harus dilakukan untuk mencapai cita-citanya.
h.     Mengamati gambar pada halaman 83 – 85. Dan mendeskripsikan gambar tersebut dengan bahasanya sendiri.
i.       Kemudian guru bercerita tentang kura-kura dan kelinci, dan menjelaskan inti dari cerita kura-kura dan klinci.kemudian meminta siswa untuk mengulangi inti cerita yang telah di sampaikan di depan kelas
j.        Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang bacaan kura-kura dan kelinci. Misalnya
Siapa yang berlomba lari?
Yang menang dalam perlombaan tersebut adalah?
Mengapa kelinci begitu sombong?
Apa akibat dari sikap tidak berdisiplin dan bekerja keras?
k.      Untuk menambah pemahaman siswa dapat di minta untuk menjawab pertanyaan pemahaman pada halaman 80, 83, dan 85.
            3. kegiatan penutup
a.      Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
b.      Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diajarkan dan mempelajari  materi selanjutnya di rumah.
c.      Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing

E. Sumber Bahan Ajar
1.      Gambar dan bacaan pada halaman 78-87
2.      Buku paket ( Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd) hal 76-92.
3.      Orang tua
4.      Lingkungan
5.      Teman

F. Penilaian
Teknik                                    :   Tugas Individu
Bentuk Instrumen     : Penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercarita)
Contoh Instrumen    : Siapa yang berlomba lari?
Yang menang dalam perlombaan tersebut adalah?
Mengapa kelinci begitu sombong?




........, .......................................
Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran Pkn




...........................                                                ............................................
NIP                                                                            NIP                                        





  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More