Kamis, 10 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II Semester II Hal 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SD
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : II
Semester                                 : II



BAB IV



Kompetensi dasar
Melaksana kan perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari

Indikator
1.      Membedakan kegiatan mana yang dikatakan jujur dengan yang tidak jujur.
2.      Berperilaku jujur
3.      Berkata apa adanya
4.      Tidak berbicara bohong

Alokasi Waktu                     :  2  x 35 menit ( 1  kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan jujur dengan yang tidak jujur.
2.      Siswa dapat berperilaku jujur
3.      Siswa dapat berkata apa adanya
4.      Siswa dapat tidak berbicara bohong

B. Materi Ajar
Bersikap jujur

C. Pendekatan Dan Metode pembelajaran
  1. Pendekatan kontekstual
  2. Pendekatan Cooperatif Learning
  3. Diskusi dengan teman sebangku
  4. Tanya jawab
  5. Ceramah
  6. Penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
            1. kegiatan awal
a.      Siswa diajak berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum pelajaran di mulai.
b.      Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya. Untuk mengetahui apakah siswa mempelajari lagi dirumah atau tidak dan mengukur kepahaman siswa tentang materi yang talah diajarkan sebelumnya.
c.      Guru menjelaskan materi kemarin secara singkat dan mengaitkannya dengan materi yangakan di sampaikan pada pertemuan saat ini.
            2. kegiatan inti
a.      Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada halaman 70 - 73. Guru menceritakan situasi pada gambar dan siswa memilih mana gambar yang menunjukan sikap jujur dan mana yang tidak.
b.      Siswa dapat diminta untuk mewarnai gambar yang dipilihnya yang mengambarkan sikap jujur, dengan warna-warna cerah dan sesuai.
c.      Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang gambar-gambar yang telah diamati dan diwarnai menganai sikap dan berkata jujur.
d.     Guru menjelaskan dan meminta siswa untuk dapat berperilaku jujur dimana saja dan kapan pun.
e.      sebagai tambahan latihan bagi siswa dapat di tugaskan secara individu untuk meyelesaikan soal-soal pada halaman 75-76
            3. kegiatan penutup
a.      Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
b.      Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diajarkan dan mempelajari  materi selanjutnya di rumah.
c.      Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing

E. Sumber Bahan Ajar
1.      Gambar dan bacaan pada halaman 70-74
2.      Buku paket ( Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd) hal 59-76.
3.      Orang tua
4.      Lingkungan
5.      Teman

F. Penilaian
Teknik                                    :   Tugas Individu
Bentuk Instrumen     : Penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercarita)
Contoh Instrumen    : mewarnai gambar pada halaman 71-73


........, .......................................
Mengetahui                                                                           Guru Mata Pelajaran Pkn



...........................                                                           ...........................................
NIP                                                                                     NIP                               


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More