Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema TEMPAT UMUM Hal 31



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Memberi contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari dan kekurangan diii sendiri dan lain
2.   BAHASA INDONESIA
5.1    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1    Melakukan percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3.   MATEMATIKA
3.1    Mengenal pecahari sederhana
4.1    Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
4.1    Menyimpulkan hash pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
4.2    MendeskriIPSikan hash! pengamatan tentang pengarĂ¼h energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
4.3    Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mengamati jenis-jenis pekerjaan
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Mengakui kelebihari dan kekurangan diii sendiri
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mencatat isi berita
·         Memberikan komentar isi berita
·         Mencerjtakan isi drama
·         Mampu membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·         Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·         Mampu mengajukan pertanyaan
·         Mampu menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·         Mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri
3.   MATEMATIKA
·         Mengartikan pecahari sederhana
·         Membaca pecahari sederhana
·         Menulis pecahari sederhana
·         Melakukan penyelidikan sifat-sifat sudut dengan alat dan bahari yang ada di Iingkungan sekolah, pojok siku-siku / lipatan kertas
·         Menyelidiki ciri-ciri yang dimihiki sudut lancip siku-siku dan tumpul
·         Menggambar sudut lancip siku siku dan tumpul

4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya menggeIinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar
·         Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar halus)
·         Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari misalnya roda berputar, air mengalir.­
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Mengidentifikasikan jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
·         Membuat daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B.      KEGIATAN Inti                                                                                   
1    MendeskriIPSikan kelebihari dan kekurangan diii sendiri
2.   Mencatat berita dan Koran
3.   Mendengarkan berita di TV/radio
4.   Mencatat si berita
5.   Mengajukan pertanyaan Mengomentari si berita
6.   Menyimpulkan si berita
7.   Menentukari tema percakapan
8.   Membuat teks dialog percakapan
9.   Mempraktekkan dialog yang telah dibuat
10. Membaca teks panjang secara intensif
11. Menjawab pert~nyaan isi teks
12. Mengajukan pertanyaan
13. Menulis kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun gambar sen yang diacak
15. Menulis beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Mengartikan pecahari sederhana
17. Membaca pecahari sederhana
18. Menulis pecahari sederhana
19. Melakukan penyelidikan sifat-sifat sudut dengan alat dan bahari yang ada di lingkungan sekolah, pojok siku-siku / lipatan kertas
20. Menyelidiki ciri-ciri yang dimilik~ sudut lancip, siku-siku, dantumpul -
21. Menggambar sudut lancip, siku-siku, dan tumpul
22. Melakukan percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan berputar.
23. Membandingkan gerak benda tersebut.
24. Mendiskusikan/tanya jawab tentang berbagai gerak benda.
25. Menyimpulkan percobaan berbagai gerak benda.
26. .Membuktikan/menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
27. Menyebutkan kegunaan gerak bends.
28. Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
29. Menjelaskan cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More