RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Memberi
contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari
dan kekurangan diii sendiri dan lain
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks
agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen
menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan
peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3. MATEMATIKA
3.1 Mengenal
pecahari sederhana
4.1 Mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Menyimpulkan
hash pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
4.2 MendeskriIPSikan
hash! pengamatan tentang pengarĂ¼h energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
5. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Mengamati
jenis-jenis pekerjaan
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengakui
kelebihari dan kekurangan diii sendiri
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat
isi berita
·
Memberikan
komentar isi berita
·
Mencerjtakan
isi drama
·
Mampu
membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu
mengajukan pertanyaan
·
Mampu
menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·
Mampu
menulis karangan berdasarkan gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Mengartikan
pecahari sederhana
·
Membaca
pecahari sederhana
·
Menulis
pecahari sederhana
·
Melakukan
penyelidikan sifat-sifat sudut dengan alat dan bahari yang ada di Iingkungan
sekolah, pojok siku-siku / lipatan kertas
·
Menyelidiki
ciri-ciri yang dimihiki sudut lancip siku-siku dan tumpul
·
Menggambar
sudut lancip siku siku dan tumpul
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya menggeIinding, jatuh,
mengalir, memantul, berputar
·
Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk dan
permukaan benda (kasar halus)
·
Membuat
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari misalnya roda berputar,
air mengalir.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Mengidentifikasikan
jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan
barang dan jasa
·
Membuat
daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B. KEGIATAN
Inti
1 MendeskriIPSikan
kelebihari dan kekurangan diii sendiri
2. Mencatat
berita dan Koran
3. Mendengarkan
berita di TV/radio
4. Mencatat
si berita
5. Mengajukan
pertanyaan Mengomentari si berita
6. Menyimpulkan
si berita
7. Menentukari
tema percakapan
8. Membuat
teks dialog percakapan
9. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
10. Membaca
teks panjang secara intensif
11. Menjawab
pert~nyaan isi teks
12. Mengajukan
pertanyaan
13. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun
gambar sen yang diacak
15. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Mengartikan
pecahari sederhana
17. Membaca
pecahari sederhana
18. Menulis
pecahari sederhana
19. Melakukan
penyelidikan sifat-sifat sudut dengan alat dan bahari yang ada di lingkungan sekolah,
pojok siku-siku / lipatan kertas
20. Menyelidiki
ciri-ciri yang dimilik~ sudut lancip, siku-siku, dantumpul -
21. Menggambar
sudut lancip, siku-siku, dan tumpul
22. Melakukan
percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan
berputar.
23. Membandingkan
gerak benda tersebut.
24. Mendiskusikan/tanya
jawab tentang berbagai gerak benda.
25. Menyimpulkan
percobaan berbagai gerak benda.
26. .Membuktikan/menjelaskan
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
27. Menyebutkan
kegunaan gerak bends.
28. Menjelaskan
jenis-jenis pekerjaan
29. Menjelaskan
cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………






0 komentar:
Posting Komentar