RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal
pentingnya memiliki harga diri
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks
agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen
menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan
peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3. MATEMATIKA
2.3 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.1 Mengenal
pecahari sederhana
4.1 Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
3.2 MendeskriIPSikan
perubahari sifat benda (ukuran, bentuk, warna/rasa) yang dapat diamati akibat
dan pe’rnbakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengamati
jenis-jenis pekerjaan
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengetahuj
adanya hak dan kewajiban sebagai individu
·
Membiasakan
menghargai hak dan kewajiban individu
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat
isi berita
·
Memberikan
komentar si berita
·
Mencerjtakan
isi drama
·
Mampu
membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu
mengajukan pertanyaan
·
Mampu
menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·
Mampu
menulis karangan berdasarkan gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Mengartikan
pecahari
·
Membaca
pecahari
·
MenuUs
pecahari sederhana
·
Menemukan
sifat-sifat bangun datar, segitiga, persegi, persegi panjang
·
Menggambar
bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mendemonstrasikan
adanya perubahari sifat pada benda, akibat pembakaran, pemanasan, dan
diletakkan di udara terbuka.
·
Membandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Mengidentifikasikan
jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan
barang dan jasa
·
Membuat
daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengenal
adanya hak individu
2. Mengenal
kewajiban sebagai individu
3. Melakukan
kebiasaan menghargai hak individu
4. Melakukan
kebiasaan menghargai kewajiban individu
5. Mencatat
berita dan Koran
6. Mendengarkan
berita di TV/radio
7. Mencatat
si berita
8. Mengajukan
pertanyaan mengomentari isi berita
9. Menyimpulkan
si berita
10. Menentukan
tema percakapan
11. Membuat
teks dialog percakapan
12. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
13. Membaca
teks panjang secara intensif
14. Menjawab
pertanyaan isi teks
15. Mengajukan
pertanyaan
16. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
17. Menyusun
gambar sen yang diacak
18. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
19. Mengartikan
pecahari sederhana
20. Membaca
pecahari sederhana
21. Menulis
pecahari sederhana
22. Melakukan
penyelidikan sifat dan ciri-ciri bangun datar, persegi panjang denga.n
menggunakan alat dan bahari yang ada di sekitar, pojok siku-siku / lipatan
kertas
23. Menggambar
bangun datar segitiga, persegi, dan persegi pânjang pada kertas berpetak
24. Mendemonstrasikan
adanya perubahari sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan
di udara terbuka.
25. Meinbandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
26. Menjelaskan
jenis-jenis pekerjaan
27. Menjelaskan
cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP……………………






0 komentar:
Posting Komentar