Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema TEMPAT UMUM Hal 31



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Mengenal pentingnya memiliki harga diri
2.   BAHASA INDONESIA
5.1    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1    Melakukan percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3.   MATEMATIKA
2.3    Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.1    Mengenal pecahari sederhana
4.1    Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
3.2    MendeskriIPSikan perubahari sifat benda (ukuran, bentuk, warna/rasa) yang dapat diamati akibat dan pe’rnbakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mengamati jenis-jenis pekerjaan
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Mengetahuj adanya hak dan kewajiban sebagai individu
·         Membiasakan menghargai hak dan kewajiban individu
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mencatat isi berita
·         Memberikan komentar si berita
·         Mencerjtakan isi drama
·         Mampu membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·         Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·         Mampu mengajukan pertanyaan
·         Mampu menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·         Mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri
3.   MATEMATIKA
·         Mengartikan pecahari
·         Membaca pecahari
·         MenuUs pecahari sederhana
·         Menemukan sifat-sifat bangun datar, segitiga, persegi, persegi panjang
·         Menggambar bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda, akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
·         Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.­
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Mengidentifikasikan jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
·         Membuat daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Mengenal adanya hak individu

2.   Mengenal kewajiban sebagai individu
3.   Melakukan kebiasaan menghargai hak individu
4.   Melakukan kebiasaan menghargai kewajiban individu
5.   Mencatat berita dan Koran
6.   Mendengarkan berita di TV/radio
7.   Mencatat si berita
8.   Mengajukan pertanyaan mengomentari isi berita
9.   Menyimpulkan si berita
10. Menentukan tema percakapan
11. Membuat teks dialog percakapan
12. Mempraktekkan dialog yang telah dibuat
13. Membaca teks panjang secara intensif
14. Menjawab pertanyaan isi teks
15. Mengajukan pertanyaan
16. Menulis kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
17. Menyusun gambar sen yang diacak
18. Menulis beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
19. Mengartikan pecahari sederhana
20. Membaca pecahari sederhana
21. Menulis pecahari sederhana
22. Melakukan penyelidikan sifat dan ciri-ciri bangun datar, persegi panjang denga.n menggunakan alat dan bahari yang ada di sekitar, pojok siku-siku / lipatan kertas
23. Menggambar bangun datar segitiga, persegi, dan persegi pânjang pada kertas berpetak
24. Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
25. Meinbandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
26. Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
27. Menjelaskan cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa

 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dan PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
                                   
                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP……………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More