RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : PERISTIWA ALAM
ALOKASI WAKTU 2
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Memberi
contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari
dan kekurangan diii sendiri dan lain
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
7.1 Menjawab dan
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif
8.1 Menulis
karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat
yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda
titik
3. MATEMATIKA
3.2 Membandingkan
pecahari sederhana
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
6.1 MendiskrlIPSikan
kenampakan permukaan bumi di Iingkungan sekitar.
6.2 Menjelaskan hubungan
antara keadaan awan dan cuaca.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami
pentingnya semangat kerja
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengakui
kelebihari dan kekurangan diri sendiri
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat
isi berita
·
Memberikan
komentar isi berita
·
Mencerjtakan
isi drama
·
Mampu
membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu
mengajukan pertanyaan
·
Mampu
menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·
Mampu
menulis karangan berdasarkan gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Membandingkan
pecahari sederhana
·
Mengunutkan
pecahari sedenharia
·
Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
·
Menemukan
rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
·
Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
·
Menggunakan
keliling persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·
Mengidentifikasi
kondisi cuaca. Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan
cara membenikan manfaat orang untuk bekenja
·
Menjelaskan
pentingnya memiliki semangat dalam bekerja
·
Memberi
contoh ciri-ciri semangat bekerja (misal kerja keras disiplin jujur) yang telah
dilakukannya dalam kehtdupan sehari-hari
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Hujan”
B. KEGIATAN
Inti
1 MendeskriIPSikan
kelebihari dan kekurangan diri sendiri
2. Mencatat
berita dan Koran
3. Mendengarkan
berita di TV/radio
4. Mencatat
isi berita
5. Mengajukan
pertanyaan Mengomentari si berita
6. Menyimpulkan
si berita
7. Menentukari
tema percakapan
8. Membuat
teks dialog percakapan
9. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
10. Membaca
teks panjang secara intensif
11. Menjawab
pertanyaan isi teks
12. Mengajukan
pertanyaan
13. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun
gambar sen yang diacak
15. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Membandingkan
pecahari sederhana
17. Mengurutkan
pecahari sederhana
18. Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
19. Menemukan
rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
20. Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
21. Menggunakan
keliling persegidan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
22. Menjelaskan
bentuk permikaan bumi dan bentuk bumi.
23. Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
24. Menjelaskan
manfaat serta pentingnya memiliki semangat kerja
25. Menjelaskan
ciri-ciri semangat kerja
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Seorang Kapitan”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………






0 komentar:
Posting Komentar