Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema PERISTIWA ALAM Hal 32



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : PERISTIWA ALAM
ALOKASI WAKTU 2 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Memberi contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari dan kekurangan diii sendiri dan lain
2.   BAHASA INDONESIA
5.1    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1    Melakukan percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat ringkas
7.1    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
8.1    Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3.   MATEMATIKA
3.2    Membandingkan pecahari sederhana  
5.1    Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
6.1    MendiskrlIPSikan kenampakan permukaan bumi di Iingkungan sekitar.
6.2    Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami pentingnya semangat kerja
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Mengakui kelebihari dan kekurangan diri sendiri
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mencatat isi berita
·         Memberikan komentar isi berita
·         Mencerjtakan isi drama
·         Mampu membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·         Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·         Mampu mengajukan pertanyaan
·         Mampu menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
·         Mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri
3.   MATEMATIKA
·         Membandingkan pecahari sederhana
·         Mengunutkan pecahari sedenharia
·         Menggunakan perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
·         Menemukan rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
·         Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
·         Menggunakan keliling persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·         Mengidentifikasi kondisi cuaca. Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.­
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menjelaskan cara membenikan manfaat orang untuk bekenja
·         Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam bekerja
·         Memberi contoh ciri-ciri semangat bekerja (misal kerja keras disiplin jujur) yang telah dilakukannya dalam kehtdupan sehari-hari
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Hujan”


B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    MendeskriIPSikan kelebihari dan kekurangan diri sendiri
2.   Mencatat berita dan Koran
3.   Mendengarkan berita di TV/radio
4.   Mencatat isi berita
5.   Mengajukan pertanyaan Mengomentari si berita
6.   Menyimpulkan si berita
7.   Menentukari tema percakapan
8.   Membuat teks dialog percakapan
9.   Mempraktekkan dialog yang telah dibuat
10. Membaca teks panjang secara intensif
11. Menjawab pertanyaan isi teks
12. Mengajukan pertanyaan
13. Menulis kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun gambar sen yang diacak
15. Menulis beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Membandingkan pecahari sederhana
17. Mengurutkan pecahari sederhana
18. Menggunakan perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
19. Menemukan rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
20. Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
21. Menggunakan keliling persegidan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
22. Menjelaskan bentuk permikaan bumi dan bentuk bumi.
23. Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
24. Menjelaskan manfaat serta pentingnya memiliki semangat kerja
25. Menjelaskan ciri-ciri semangat kerja
 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Seorang Kapitan”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More