RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : REKREASI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal kekhasan
bangsa Indonesia,
seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.2 Membandingkan
pecahari sederhana
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran.
4.2 MendeskriIPSikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-harii.
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami kegiatan
jual beli di ingkungan rumah dan sekolah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan
kekhasanbangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
·
Menyebutkan
kekayaan alam yang menjadi kebanggaan Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu
menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·
Mampu
menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan
si teks drama
·
Mampu
menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·
Mampu
menulis pengalaman pribadi dengan kalimat sederhana
·
Menemukan
si puisi
·
Membacakan
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Membandingkan
pecahari sederhana
·
Mengunutkan
pecahari sedenharia
·
Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
·
Menemukan
rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
·
Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
·
Menggunakan
keliling persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh,
mengalir, memantul, berputar.
·
Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk, dan
permukaan benda (kasar, halus).
·
Membuat
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: roda
berputar, air mengalir.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan
tempat jual beli di lingkungan rumah
·
Menyebutkan
tempat jual beli di lingkungan sekolah
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menjelaskan
kekhasan bangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
2. Menjelaskan
kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3. Mendengarkan
dialog yang dibacakan guru
4. Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat
5. Mengajukan
pertanyaan
6. Menanggapi
dialog yang didengar
7. Menyimpulkan
isi dialog yang ada
8. Menceritakan
pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9. Menulis
pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan
cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi
Puisi
13. Membaca puisi
dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan
gambar yang disediakan
15. Membuat puisi
berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi
yang ditulisnya
17. Mernbandingkan
pecahari sederhana
18. Mengurutkan
pecahari sederhana
19. Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
20. Menemukan rumus
untuk mencari luas persegi dan persegi panjang
21. Menghitung luas
persegi dan persegi panjang
22. Menggunakan luas
persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
23. Melakukan
percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan
berputar.
24. Membandingkan
gerak benda tersebut.
25. Mendiskusikan/tanya
jawab tentang berbagai gerak benda.
26. Menyimpulkan
percobaan berbagai gerak benda.
27. Membuktikan/menjelaskan
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
28. Menyebutkan
kegunaan gerak benda.
29. Menjelaskan
tempat-tempat untuk berjual beli, pasar, swalayan, toko, warung, koperasi
sekolah, dll
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………






0 komentar:
Posting Komentar