Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema REKREASI Hal 33



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : REKREASI 
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2.   BAHASA INDONESIA
5.1    Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.2    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2    Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3.   MATEMATIKA
3.2    Membandingkan pecahari sederhana  
5.1    Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
4.1    Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
         ukuran.  
4.2    MendeskriIPSikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-harii.
4.3    Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami kegiatan jual beli di ingkungan rumah dan sekolah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Menyebutkan kekhasanbangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa
·         Menyebutkan kekayaan alam yang menjadi kebanggaan Indonesia
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mampu menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·         Mampu menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·         Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·         Menceritakan si teks drama
·         Mampu menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·         Mampu menulis pengalaman pribadi dengan kalimat sederhana
·         Menemukan si puisi
·         Membacakan puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·         Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3.   MATEMATIKA
·         Membandingkan pecahari sederhana
·         Mengunutkan pecahari sedenharia
·         Menggunakan perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
·         Menemukan rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
·         Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
·         Menggunakan keliling persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
·         Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk, dan permukaan benda (kasar, halus).
·         Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: roda berputar, air mengalir.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menyebutkan tempat jual beli di lingkungan rumah
·         Menyebutkan tempat jual beli di lingkungan sekolah
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”


B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1.   Menjelaskan kekhasan bangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa
2.   Menjelaskan kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3.   Mendengarkan dialog yang dibacakan guru
4.   Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat
5.   Mengajukan pertanyaan
6.   Menanggapi dialog yang didengar
7.   Menyimpulkan isi dialog yang ada
8.   Menceritakan pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9.   Menulis pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi Puisi
13. Membaca puisi dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan gambar yang disediakan
15. Membuat puisi berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi yang ditulisnya
17. Mernbandingkan pecahari sederhana
18. Mengurutkan pecahari sederhana
19. Menggunakan perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
20. Menemukan rumus untuk mencari luas persegi dan persegi panjang
21. Menghitung luas persegi dan persegi panjang
22. Menggunakan luas persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
23. Melakukan percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan berputar.  
24. Membandingkan gerak benda tersebut.
25. Mendiskusikan/tanya jawab tentang berbagai gerak benda.
26. Menyimpulkan percobaan berbagai gerak benda.
27. Membuktikan/menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
28. Menyebutkan kegunaan gerak benda.
29. Menjelaskan tempat-tempat untuk berjual beli, pasar, swalayan, toko, warung, koperasi sekolah, dll
 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More