RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TRANSPORTASI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal kekhasan
bangsa Indonesia,
seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
5.1 Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubahmenjadi energi
gerak.
5.2 Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal sejarah uang
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan
kekhasan bangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
·
Menyebutkan
kekayaan alam yang menjadi kebanggaan Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu
menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·
Mampu
menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan
si teks drama
·
Mampu
menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·
Mampu
menulis pengalaman pribadi dengan kalimat sederhana
·
Menemukan
si puisi
·
Membacakan
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Menggunakan
Iuas persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahari sederhana
·
Menyelesaikan
soal cents yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Menunjukkan
adanya pengaruh energi berdasarkan pengamatan. Misalnya:panas dan sinar
mataharii, kincir angin berputar bile ditiup angin, den memetik gitar
menghasilkan energi.
·
Membuat
kincir untuk menunjukkan bentuk energi gerak.
·
Memberi
contoh dan menerapkan care menghemat energi di rumah dandi sekolah.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan
sejarah uang
·
Menjelaskan
alat tukar sebelum ada uang
·
Menceritakan
berbagai alat tukar misalnya barang dan uang
·
Menunjukkan
jenis uang yang beredar di masyarakat
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menjelaskan
kekhasan bangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
2. Menjelaskan
kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3. Mendengarkan
dialog yang dibacakan guru
4. Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat
5. Mengajukan pertanyaan
6. Menanggapi
dialog yang didengar
7. Menyimpulkan
isi dialog yang ada
8. Menceritakan
pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9. Menulis
pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan
cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi
Puisi
13. Membaca puisi
dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan
gambar yang disediakan
15. Membuat puisi
berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi
yang ditulisnya
17. Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahthn sederhana
18. Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan uas persegi dan persegi panjang
19. Menjelaskan
bentuk-bentuk energi.
20. Ményebutkan
perubahari bentuk energi.
21. Menjelaskan
pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari.
22. Membuat
kincirangin.
23. Menjelaskan cara
menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di
sekolah.
24. Menjelaskan
sejarah uang
25. Menjelaskan alat
tukar sebelum ada uang
26. Menceritakan
berbagai alat tukar misalnya barang dan uang
27. Menunjukkan
jenis uang yang beredar di masyarakat
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Pada Hari Minggu”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………






0 komentar:
Posting Komentar