Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema TRANSPORTASI Hal 34



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TRANSPORTASI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2.   BAHASA INDONESIA
5.1    Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.2    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2    Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3.   MATEMATIKA
3.3    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
5.1    Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubahmenjadi energi gerak.
5.2    Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal sejarah uang
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Menyebutkan kekhasan bangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa
·         Menyebutkan kekayaan alam yang menjadi kebanggaan Indonesia
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mampu menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·         Mampu menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·         Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·         Menceritakan si teks drama
·         Mampu menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·         Mampu menulis pengalaman pribadi dengan kalimat sederhana
·         Menemukan si puisi
·         Membacakan puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·         Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3.   MATEMATIKA
·         Menggunakan Iuas persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
·         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahari sederhana
·         Menyelesaikan soal cents yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Menunjukkan adanya pengaruh energi berdasarkan pengamatan. Misalnya:panas dan sinar mataharii, kincir angin berputar bile ditiup angin, den memetik gitar menghasilkan energi.
·         Membuat kincir untuk menunjukkan bentuk energi gerak.
·         Memberi contoh dan menerapkan care menghemat energi di rumah dandi sekolah.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menjelaskan sejarah uang
·         Menjelaskan alat tukar sebelum ada uang
·         Menceritakan berbagai alat tukar misalnya barang dan uang
·         Menunjukkan jenis uang yang beredar di masyarakat
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1.   Menjelaskan kekhasan bangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa


2.   Menjelaskan kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3.   Mendengarkan dialog yang dibacakan guru
4.   Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat
5.   Mengajukan pertanyaan
6.   Menanggapi dialog yang didengar
7.   Menyimpulkan isi dialog yang ada
8.   Menceritakan pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9.   Menulis pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi Puisi
13. Membaca puisi dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan gambar yang disediakan
15. Membuat puisi berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi yang ditulisnya
17. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahthn sederhana
18. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan uas persegi dan persegi panjang
19. Menjelaskan bentuk-bentuk energi.
20. Ményebutkan perubahari bentuk energi.
21. Menjelaskan pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari.
22. Membuat kincirangin.
23. Menjelaskan cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
24. Menjelaskan sejarah uang
25. Menjelaskan alat tukar sebelum ada uang
26. Menceritakan berbagai alat tukar misalnya barang dan uang
27. Menunjukkan jenis uang yang beredar di masyarakat
 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Pada Hari Minggu”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More