RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : HEWAN DAN
TUMBUHAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Menampilkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
5.2 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
6.1 MendiskriIPSikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
6.3 Mendiskripsikan
pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
6.4 Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhari
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan
contoh sikap bangga sebagai anak Indonesia
·
Membeni
sun teladan bangga sebagal anak Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu
menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·
Mampu
menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan
isi teks drama
·
Mampu
menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·
Mampu
menulis pengalaman pribadi dengan~kaIimat sederhana
·
Menemukan
isi puisi
·
Membacakan
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu
menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Menggunakan
Iuas persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahari sederhana
·
Menyelesaikan
soal cents yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi
berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·
Mengidentifikasi
kondisi cuaca. Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
·
Mengidentifikàsi
kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
·
Membuat
daftar jenis-jenis sumben daya alam dan kegunaannya.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menceritakan
kegunaan uang
·
Menjelaskan
cara mengelola uang dengan baik
·
Menyebutkan
manfaat mengelola uang dengan baik
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menyebutkan kebanggaan sebagai anak Indonesia
2. Mendengarkan dialog yang dibacakan guru’
3. Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat
4. Mengajukan pertanyaan
5. Menang.gapi dialog yang didengar
6. Menyimpülkan isi dialog yang ada
7. Menceritakan pengalaman waktu di ajak Ibu
kekota
8. Menulispengalaman dengan bahasa sederhana
9. Membacakan cerita tentang pengalaman
pribadi
10. Membaca puisi
11. Memahami isi Puisi
12. Membaca puisi dengan lafal, intonasi yang
tepat
13. Mengartikan gambar yang disediakan
14. Membuat puisi berdasarkan gambar
15. Membacakan puisi yang ditulisnya
16. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahari sederhana
17. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
18. Menjelaskan bentuk permikaan bumi dan bentuk
bumi.
19. Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan
cuaca.
20. Menyebutkan kegiatan manusia yang sesual
dengan keadaancuaca.
21. Menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam dan
kegunaannya.
22. Menjelaskancara-cara manusia rnemanfaatkan
sumber daya a!am.
23. Menjelaskan penggunaan uang serta manfaat
pengelolaan uang dengan baik
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Berkibarlah Benderaku”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………






0 komentar:
Posting Komentar