Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Untuk Kelas 1 Tema HEWAN DAN TUMBUHAN Hal 35




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK 
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : HEWAN DAN TUMBUHAN 
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU


I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
2.   BAHASA INDONESIA
5.2    Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.2    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2    Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3.   MATEMATIKA
3.3    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
6.1    MendiskriIPSikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.
6.2    Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
6.3    Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
6.4    Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhari
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Menyebutkan contoh sikap bangga sebagai anak Indonesia
·         Membeni sun teladan bangga sebagal anak Indonesia
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mampu menyimak pembacaan teks drama yang didengarnya
·         Mampu menirukan dialog yang didengar dengan ekspresi yang tepat
·         Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·         Menceritakan isi teks drama
·         Mampu menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
·         Mampu menulis pengalaman pribadi dengan~kaIimat sederhana
·         Menemukan isi puisi
·         Membacakan puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·         Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3.   MATEMATIKA
·         Menggunakan Iuas persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
·         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahari sederhana
·         Menyelesaikan soal cents yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·         Mengidentifikasi kondisi cuaca. Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
·         Mengidentifikàsi kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
·         Membuat daftar jenis-jenis sumben daya alam dan kegunaannya.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menceritakan kegunaan uang
·         Menjelaskan cara mengelola uang dengan baik
·         Menyebutkan manfaat mengelola uang dengan baik
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”


B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1.     Menyebutkan kebanggaan sebagai anak Indonesia
2.     Mendengarkan dialog yang dibacakan guru’
3.     Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat
4.     Mengajukan pertanyaan
5.     Menang.gapi dialog yang didengar
6.     Menyimpülkan isi dialog yang ada     
7.     Menceritakan pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
8.     Menulispengalaman dengan bahasa sederhana
9.     Membacakan cerita tentang pengalaman pribadi
10.   Membaca puisi
11.   Memahami isi Puisi                 
12.   Membaca puisi dengan lafal, intonasi yang tepat
13.   Mengartikan gambar yang disediakan           
14.   Membuat puisi berdasarkan gambar                                                                                                                                                
15.   Membacakan puisi yang ditulisnya
16.   Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahari sederhana
17.   Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
18.   Menjelaskan bentuk permikaan bumi dan bentuk bumi.
19.   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
20.   Menyebutkan kegiatan manusia yang sesual dengan keadaancuaca.
21.   Menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam dan kegunaannya.
22.   Menjelaskancara-cara manusia rnemanfaatkan sumber daya a!am.
23.   Menjelaskan penggunaan uang serta manfaat pengelolaan uang dengan baik
 (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­ masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Berkibarlah Benderaku”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          

                          Mengetahui,                                              JAKARTA, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas I



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More