RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : II
Semester
: II
Kompetensi dasar
Menghargai suara terbanyak
Indikator
1. Berdiskusi kelas membahas bahwa di
dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri
2. Berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah
3. Menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana
liburan keluarga
Alokasi
Waktu :
2
x 35 menit ( 1 kali pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat berdiskusi kelas membahas bahwa
di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri
2. Siswa dapat berdiskusi bagaimana tata cara saling
menghormati di rumah
3. Siswa dapat menuliskan macam-macam cara membuat keputusan
untuk menentukan rencana liburan keluarga
B.
Materi Ajar
Menentukan Rencana Liburan
C.
Pendekatan Dan Metode pembelajaran
- Pendekatan kontekstual
- Pendekatan Cooperatif Learning
- Diskusi dengan teman sebangku
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
1. kegiatan awal
a.
Siswa diajak berdoa menurut agama dan
kepercayaannya masing-masing sebelum pelajaran di mulai.
b.
Guru memberikan apersepsi tentang materi yang
akan disampaikan dengan mengajukan pertanyaan, apakah siswa pernah pergi
jalan-jalan bersama kelauarga? Biasanya siapa yang memutuskan hendak kemana
jalan-jalannya? Bagaimana reaksi anggota keluarga?
c.
Guru menjelaskan bagaimana pentingnya
memutuskan sesuatu secara musyawarah dan hubungannya dengan materi yang akan
diajarkan.
2. kegiatan inti
a.
Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk
membaca bacaan pada halaman 46. sedangkan yang lainnya di minta untuk menyimak
bacaan yang dibacakan oleh temannya.
b.
Guru menerangkan dalam sebuah keluarga
anggotanya saling membutuhkan. Mulai dari ayah, ibu, dan anak-anak, serta
anggota lain yang tinggal dalam rumah.
c.
Guru memberikan contoh saling membutuhkan
seperti apa antara anggota keluarga. Misalnya Ayah membutuhkan ibu untuk
mengurus rumah tangga, ibu membutuhkan ayah untuk mencukupi kebutuhan
sehari-hari, anak-anak membutuhkan orang tua utuk dapat bersekolah, makan, dan
lain-lain.
d.
Mengadakan kegiatan bertanya jawab, tentang
saling hormat-menghormati. Guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi siapa
saja yang harus di hormati oleh siswa. Memberikan pemahaman menghormati yang
tua dan menyayangi yang muda.
e.
Guru meminta siswa untuk menuliskan siapa
saja yang harus dihormati dalam kelaurga, lingkungan, dan sekolah.
f.
Melakukan diskusi bersama mengenai bagaimana
membuat sebuah kaputusan untuk mengdakan rancana liburan.
g.
Guru mengajukan sebuah rencana untuk pergi
liburan ke sebuah tempat, siswa di minya untuk mengajukan ususlnya
masing-masing, kemudian guru mengambil beberapa tempat pilihan siswa yang
paling banyak di pilih siswa, jika ada beberapa yang menjadi mayoritas guru
memberikan masukan tentang tempat-tempat tersebut. Kemudian guru menayakan
kembali pilihan mana yang akan menjadi temapt tujuan liburan para siswa.
h.
Guru menjelaskan apa tujuan di laksanakan
bermusyawarah itu. Apa manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, dan
bagaimana seharusnya sikap siswa terhadap hasil keputusan tersebut.
i.
Guru megadakan tanya jawab tentang materi
yang telah di sampaikan oleh guru tentang mengahrgai suara terbanyak. Misalnya
dengan mengajukan pertanyaan tentang bacaan dalam buku paket atau yang telah di
terangkan oleh guru,
Apa
yang dilakukan keluarga Dina sebelum berangkat berlibur?
Siapa
yang mengusulkan berlibur ke rumah nenek?
Siapa yang mendukung usul kerumah nenek?
j.
Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
tentang materi yang telah diajarkan, guru dapat meminta siswa untuk menjawab
pertanyaan pemahaman pada halaman 48 dan melakukan kegiatan bercerita sebagai
cara mengatahui sikap yang dimilimi siswa tentang pemungutan suara.
3. kegiatan penutup
a.
Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari.
b.
Melakukan tanya jawab ulang tentang materi
yang telah di ajarkan
c.
Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari
kembali materi yang telah diajarkan dan mempelajari materi selanjutnya di rumah.
d.
Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
E.
Sumber Bahan Ajar
a.
Gambar dan wacana pada halaman 46-48
b.
Buku paket ( Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.pd) hal 34-37.
c.
Orang tua
d.
Lingkungan
e.
Teman
F.
Penilaian
Teknik :
Tugas Individu
Bentuk Instrumen : Penilaian
lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian
anak bercarita)
Contoh Instrumen :
........,.................................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Pkn
...........................
............................................
NIP
NIP






0 komentar:
Posting Komentar