Kamis, 10 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II Semester II Hal 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SD
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : II
Semester                                 : II

BAB III

Kompetensi dasar
Menghargai suara terbanyak

Indikator
1.      Berdiskusi kelas membahas bahwa  di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri
2.      Berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah
3.      Menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga

Alokasi Waktu                     :  2  x 35 menit ( 1  kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat berdiskusi kelas membahas bahwa  di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri
2.      Siswa dapat berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah
3.      Siswa dapat menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga

B. Materi Ajar
Menentukan Rencana Liburan

C. Pendekatan Dan Metode pembelajaran
  1. Pendekatan kontekstual
  2. Pendekatan Cooperatif Learning
  3. Diskusi dengan teman sebangku
  4. Tanya jawab
  5. Ceramah
  6. Penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
            1. kegiatan awal
a.      Siswa diajak berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum pelajaran di mulai.
b.      Guru memberikan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan dengan mengajukan pertanyaan, apakah siswa pernah pergi jalan-jalan bersama kelauarga? Biasanya siapa yang memutuskan hendak kemana jalan-jalannya? Bagaimana reaksi anggota keluarga?
c.      Guru menjelaskan bagaimana pentingnya memutuskan sesuatu secara musyawarah dan hubungannya dengan materi yang akan diajarkan.
            2. kegiatan inti
a.      Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca bacaan pada halaman 46. sedangkan yang lainnya di minta untuk menyimak bacaan yang dibacakan oleh temannya.
b.      Guru menerangkan dalam sebuah keluarga anggotanya saling membutuhkan. Mulai dari ayah, ibu, dan anak-anak, serta anggota lain yang tinggal dalam rumah.
c.      Guru memberikan contoh saling membutuhkan seperti apa antara anggota keluarga. Misalnya Ayah membutuhkan ibu untuk mengurus rumah tangga, ibu membutuhkan ayah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, anak-anak membutuhkan orang tua utuk dapat bersekolah, makan, dan lain-lain.
d.     Mengadakan kegiatan bertanya jawab, tentang saling hormat-menghormati. Guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi siapa saja yang harus di hormati oleh siswa. Memberikan pemahaman menghormati yang tua dan menyayangi yang muda.
e.      Guru meminta siswa untuk menuliskan siapa saja yang harus dihormati dalam kelaurga, lingkungan, dan sekolah.
f.       Melakukan diskusi bersama mengenai bagaimana membuat sebuah kaputusan untuk mengdakan rancana liburan.
g.      Guru mengajukan sebuah rencana untuk pergi liburan ke sebuah tempat, siswa di minya untuk mengajukan ususlnya masing-masing, kemudian guru mengambil beberapa tempat pilihan siswa yang paling banyak di pilih siswa, jika ada beberapa yang menjadi mayoritas guru memberikan masukan tentang tempat-tempat tersebut. Kemudian guru menayakan kembali pilihan mana yang akan menjadi temapt tujuan liburan para siswa.
h.     Guru menjelaskan apa tujuan di laksanakan bermusyawarah itu. Apa manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, dan bagaimana seharusnya sikap siswa terhadap hasil keputusan tersebut.
i.       Guru megadakan tanya jawab tentang materi yang telah di sampaikan oleh guru tentang mengahrgai suara terbanyak. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan tentang bacaan dalam buku paket atau yang telah di terangkan oleh guru,
Apa yang dilakukan keluarga Dina sebelum berangkat berlibur?
Siapa yang mengusulkan berlibur ke rumah nenek?
Siapa yang mendukung usul kerumah nenek?
j.        Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan, guru dapat meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pemahaman pada halaman 48 dan melakukan kegiatan bercerita sebagai cara mengatahui sikap yang dimilimi siswa tentang pemungutan suara.
            3. kegiatan penutup
a.      Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
b.      Melakukan tanya jawab ulang tentang materi yang telah di ajarkan
c.      Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diajarkan dan mempelajari  materi selanjutnya di rumah.
d.     Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing

E. Sumber Bahan Ajar
a.      Gambar dan wacana pada halaman 46-48
b.      Buku paket ( Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd) hal 34-37.
c.      Orang tua
d.     Lingkungan
e.      Teman

F. Penilaian
Teknik                                    : Tugas Individu
Bentuk Instrumen     : Penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercarita)
Contoh Instrumen    :



    ........,.................................
Mengetahui                                                                  Guru Mata Pelajaran Pkn




...........................                                                   ............................................
NIP                                                                             NIP                                       



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More