Jumat, 20 April 2012

Fungsi dan Sumber Vitamin B3 (niasin)




Vitamin B3 (niasin)

Niasin banyak terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan avokad. Dr. R. Altshull untuk pertama kalinya menemukan khasiat niasin untuk menurunkan kadar kolesterol. Vitamin ini dapat menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di hati sehingga produksi kolesterol total, LDL, dan trigliserida menurun. Dengan mengonsumsi 3-6 g niasin setiap hari, kadar kolesterol total dapat diturunkan sebanyak 15%-20%, kadar trigliserida turun 45%-50%, dan kadar HDL meningkat hingga 20%. Bahkan dengan 1-1,5 g niasin sehari, kadar LDL sudah turun l5%-30% dan HDL meningkat secara nyata.


Niasin juga berperan dalam merangsang pembentukan prostaglandin I2, yaitu hormon yang membantu mencegah penggumpalan trombosit. Dengan demikian, niasin dapat memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya memperkecil kemungkinan terjadinya serangan penyakit jantung dan stroke.

Pemberian niasin pada orang yang baru saja menjalani operasi by pass koroner menurunkan kadar kolesterol sampai 69%. Dalam hal ini, niasin berfungsi mencegah berulangnya proses pengapuran pasta bypass.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More