Apa arti
pemasaran? Apakah setiap orang yang menjual produk bisa disebut sebagai
pemasar? Istilah pemasaran juga sering dikaitkan dengan 4P. Mata pelajaran
ekonomi maupun bahasa Inggris banyak yang menyebut 4P sebagai konsep pemasaran
ketika menyinggung bab tentang
pemasaran. 4P ini diartikan sebagai: Product,
Price, Place dan Promotion. Produk menyangkut produk apa yang dijual, price
menyangkut harga yang diberlakukan pada produk tersebut, place menyangkut
bagaimana produk tersebut didistribusikan dan promotion menyangkut bagaimana
mempromosikan produk tersebut. Dari 4P tersebut, yang paling terlihat menonjol
adalah promotion.
Apa arti
pemasaran? Apakah setiap orang yang menjual produk bisa disebut sebagai
pemasar?
Ketika berbicara
dengan kelompok orang-orang yang menjadi agen properti, mereka selalu
mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang pemasaran. Padahal pekerjaan mereka
lebih banyak pada urusan jualan.
Saya tidak
menyalahkan mereka. Umumnya industri yang benar-benar mengandalkan tenaga
penjual seperti properti dan asuransi, melihat antara pemasar dan penjual
seperti tidak ada bedanya. Bagi mereka, memasarkan produk berarti ya, menjual.
Soalnya, dibeli atau tidaknya produk mereka akan tergantung dari kemampuan para
agen menjual produk mereka. Mungkin ada beberapa persen pembeli yang membeli
karena sudah merasa yakin akan produk tersebut. Tetapi sebagian besar konsumen
membeli karena dorongan tenaga penjual. Apalagi jika berbicara tentang industri
asuransi dimana antara produk satu dengan yang lain seperti tidak ada bedanya,
maka kemampuan agen asuransi lah yang lebih berperan. Istilah pemasaran juga
dipergunakan di banyak perusahaan untuk menutup persepsi jelek konsumen
terhadap penjual. Banyak konsumen mempersepsikan penjual sebagai orang yang
sangat pushy, licik dan banyak omong. Oleh karena itu istilah pemasar juga
kerap banyak dipakai.
Istilah
pemasaran juga sering dikaitkan dengan 4P. Mata pelajaran ekonomi maupun bahasa
Inggris banyak yang menyebut 4P sebagai konsep pemasaran ketika menyinggung bab
tentang pemasaran. 4P ini diartikan sebagai: Product, Price, Place dan
Promotion. Produk menyangkut produk apa yang dijual, price menyangkut harga
yang diberlakukan pada produk tersebut, place menyangkut bagaimana produk
tersebut didistribusikan dan promotion menyangkut bagaimana mempromosikan
produk tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar