Menurut
Goetsh dan Davis (1994) dalam Bilson Simamora (2001:180) “kualitas merupakan
suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, layanan, manusia, proses,
lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan”.
Menurut
American Society for Quality Control (dalam Swa Sembada September 2002 hal 31)
“kualitas adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan
yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan
atau yang tersirat”. Definisi ini merupakan definisi kualitas yang berpusat
pada pelanggan yang mana seorang penjual telah memberikan kualitas apabila
produk dan pelayanan penjual memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.
Philip B
Crosby (1979) dikutip dalam Zulian Yamit (2005:7) mempersepsikan kualitas
sebagai nilai cacat, kesempurnaan, dan kesesuaian terhadap persyaratan.
Sedangkan Juran (1988) dalam Zulian Yamit (2005:7) mengemukakan bahwa kualitas
sebagai kesesuaian terhadap spesifikasi.
0 komentar:
Posting Komentar