RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : I (Satu)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Kompetensi Dasar
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Indikator
Menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah (keluarga) dan di sekolah.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah (keluarga) dan di sekolah.
B. Materi Ajar
Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di
sekolah.
C. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelas.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai anak berangkat ke sekolah.
2. Kegiatan Inti
a) Bertanya jawab tentang kesukaan dan kebiasaan
anak-anak di sekolah, dan meskipun berbeda agama, berbeda kesukaan dan berbeda
kebiasaan, tetap harus rukun, tidak boleh bertengkar.
b) Guru menjelaskan apa akibatnya jika tidak
rukun dengan teman sekolah.
c) Siswa ditugaskan untuk selalu rukun dengan
semua temannya meskipun berbeda kesukaan, berbeda agama dan berbeda
kebiasaannya.
d) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam-macam agama di
Indonesia, contoh
hidup rukun di rumah dan di sekolah, serta cara menerapkan
hidup rukun di rumah dan di
sekolah, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 22-24, untuk menghadapi ulangan harian pada
pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan
Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang tertib di rumah dan di sekolah.
E. Sumber/Bahan Belajar
a) Gambar yang mencerminkan cara hidup yang
tidak rukun di rumah dan di sekolah.
b) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan
ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 18-24.
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Teknik : tugas
individu, ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian
unjuk kerja (keberanian
anak bercerita dan berekspresi melalui gambar), pilihan ganda, penilaian tertulis
(uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Buatlah gambar yang menggambarkan kerukunan di dalam
keluargamu.
2. Supaya hidup rukun kita harus ...
a.
Saling membenci
b.
Saling memukul
c.
Saling menghormati
3. Apabila ada teman yang
bertengkar kamu akan ...
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Pkn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar