Pengertian
Belajar Mengajar
1.
Pengertian belajar mengajar.
Belajar
merupakan kegiatan bagi setiap orang. Pengetahuan, Keteampilan, Kebiasaan,
Kegemaran, dan sikap seserang yang berbentuk, dimodifikasi dan berkembang disebabkan
belajar. Karena itu seseorang dikatakan belajar bila pada iri seseorang itu
terjadi suatu proses kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku.
Perubahan perilaku itu dapat diamati dan berlaku pada waktu yang rlativ lama.
Perubahan perilaju yang relativ lama disertai usaha orang tersebut sehingga
dari tidak mengerjakan sesuatu menjadi mampu mengerjakannya. Tanpa usah,
walaupun terjadi perubahan perilaku, bukanlah belajar. Kegiatan usaha untuk
mencapai perubahan tingkah laku itu merupakan proses belajar. Sedangkan
perubahan perilaku merupakan tujuan belajar. Jadi belajar menyangkut proses dan
hasil belajar.
Belajar
adalah aktifitas yang dilakukan oleh manusia yang dapat mengembangkan
kepribadian, sikap, pengetahuan, serta ketrerampilan (Handoyo, 1979 : 107)
berpendapat bahwa belajar merupan suatu proses aktif dalam memper oleh
pengalaman baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku. Pendapat lain
dikemukakan oleh Sudjana (1989 : 26) bahwa belajar adalah suatu proses yang
ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang, Slameto (1995:2)
berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkalaku yang baru secara keseluryhan,
sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dengan
adanya interaksi lingkungan masyarakat itulah maka belajar itu terbentuk.
Keberhasilan
proses belajar akan menimbulkan perubahan pada sektor kognitif, afektif, dan
psikomotor (Bloom, dkk).Hasil belajar sektor kognitif berorientasi pada
kemampuan berpikir untuk memahami kondisi diri dan lingkungan serta dapat
memecahkn masalah yang dihadapi. Hasil belajar sector afektif berakibat dalam
keberhasilan memahaman dan mengendalikan emosi system nilai dan sikap hati
dalam menghadapi berbagai situasi. Sehingga dapat menempatkan diri serta mampu
beradaptasi dimanapun berada. Hal lain dapat terwujud dari keberhasilan ini
adalah terwujudnya nilai moral dalam kehidupan masyrakat. Sedangkan hasil
belajar psikomotor berorientasi pada kemampuan keterampilan motorik yang
berhubungan dengan gerakan tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi
antara saraf dan otot.
Ada beberapa
ciri yang menunjukan bahwa perubahan tingkah laku seorang setelah melakukan
proses pembelajaran. Ciri itu diantaranya adalah :
a. Perubahan
perilaku akibat belajar terjadi secara sadar ini bahwa seorang melakukan proses
pembelajaran akan menyadari perubahan perilaku itu. Dia akan merasa bisa
setelah sebelumnya tidak bisa. Dia akan menyadari pemahaman yang sebelumnya ia
belum paham.
b. Perubahan
perilaku setelah proses belajar bersifat continue dan fungsional sebagai hasil
belajar, perubahan terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara
berkesinambungan, tidak statis.
c. Perubahan
dalam belajar bersifat positif dan aktif.
d. Perubahan
dalam belajaran bukan bersifat sementara. Perubahan yang terjadi karena proses
belajar bersifat menetap atau permanent.Ini berarti bahwa tingkah laku yang
terjadi setelah belajar akan bersifat tetap.
Berdasarkan
beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah sesuatu
proses mental untuk mendapatkan suatu pengalaman baru sehingga dengan
pengalaman yang baru ini akan timbul suatu perubahan tingkah laku.Dengan
belajar maka tungkah laku seseorang akan mengalami perubahan,baik itu perubahan
secara mendadak maupun secara perlahan-lahan tergantung dari persiapan mental
seseorang dalam merespon pembelajaran.Sehingga dengan demikian dapat
diansumsikan bahwa seseorang telah melakukan kegiatan pembelajaran bila padanya
terdapat perubahan tingkah laku.Misalnya setelah mempelajari matematika seorang
siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang dihadapi,yang sebelumnya dia tidak
dapat melakukan.
0 komentar:
Posting Komentar