Struktur
organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas.
Struktur
organisasi merupakan kerangka pembagian tanggung jawab fungsional kepada
unit-unit organisasi yang dibentuk untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pokok
perusahaan.
Sistem
wewenang dan prosedur pencatatan memberikan perlindungan yang cukup terhadap
kekayaan , hutang, pendapatan dan biaya.
Dalam
organisasi, transaksi hanya terjadi atas dasar otorisasi dari pejabat yang
memiliki wewenang untuk menyetujui terjadinya transaksi tersebut. Oleh karena
itu, harus dibuat sistem yang mengatur pembagian wewenang untuk otorisasi
terlaksananya setiap transaksi.
Praktek yang
sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi.
Pembagian
tanggung jawab fungsional dan sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang
telah ditetapkan tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak diciptakan
cara-cara untuk menjamin praktek yang sehat dalam pelaksanaannya.
Karyawan yang
mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Bagaimanapun
baiknya struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan serta
berbagai cara yang diciptakan untuk mendorong praktek yang sehat semuanya
sangat tergantung pada manusia yang melaksanakannya.
0 komentar:
Posting Komentar