Kamis, 17 Mei 2012

Langkah langkah menurunkan kolestrol (Cara hidup Lebih baik)



Cara hidup Lebih baik

1. Hindari makanan penyebab kolesterol tinggi
 -Lemak jenuh
               Lemak jenuh banyak terdapat pada daging hewan
- Lemak trans
       
      Lemak trans adalah lemak yang dibuat dengan memanaskan minyak nabati cair di dalam gas hidrogen dan katalis tertentu, pada proses yang disebut hidrogenasi. Proses ini membuat minyak lebih stabil dan awet (tidak mudah tengik), dan mengubah bentuknya menjadi padat sehingga memudahkan transportasi. Minyak trans juga tahan terhadap pemanasan berulang sehingga lebih ideal untuk menggoreng makanan cepat saji. Tidak mengherankan bila minyak trans menjadi andalan di restoran dan industri makanan kemasan. Namun, lemak trans lebih buruk daripada lemak jenuh dalam menaikkan kolesterol jahat. Bahkan sejumlah kecil lemak trans di dalam makanan dapat merugikan kesehatan. Untuk setiap tambahan 2 persen kalori harian lemak trans, risiko penyakit jantung koroner meningkat sebesar 23 persen.
Satu porsi sedang kentang goreng mengandung sekitar 5 gram lemak trans,cukup untuk melipatduakan risiko Anda terkena penyakit jantung.Anda harus benar benar membaca label makanan dan memastikan bahwa Anda tidak memakan atau menelan lemak ini.


2. Perbanyak makanan penurun kolesterol
 Tidak semua minyak sama,,,,,,,Bila minyak yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans menaikkan kolesterol jahat, minyak lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa virgin dan minyak ikan dapat menurunkannya
teh hijau, buah delima, dll juga dapat memiliki efek yang sama.
Ekstrak bawang putih adalah suplemen populer yang telah banyak diteliti sebagai penurun kolesterol. Selain memakan bawang putih sebagai bagian dari diet Anda, Anda dapat mengambil suplemen bawang putih untuk mempercepat penurunan kolesterol.

3. Tingkatkan olahraga

Manfaaat olalhraga tidak diragukan lagi...
banyak orang yang bermalas malasan untuk olahraga padahal khasiatnya jauh lebih kuat dari pada obat resep apa pun. Latihan fisik selama 30-50 menit sehari telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan melakukan latihan fisik atau olahraga secara teratur minimal 5 jam per minggu, Anda bisa secara dramatis mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Berhenti merokok.
 Merokok merusak pembuluh darah, berkontribusi terhadap pengerasan pembuluh darah dan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, stroke dan penyakit degeneratif lainnya.

5. Praktikkan manajemen stres yang baik.
stres dalam jumlah tertentu adalah sehat. Bila berlebihan dan terus-menerus maka dampaknya buruk bagi kesehatan, termasuk meningkatkan produksi kolesterol jahat. Luangkanlah waktu anda bersama keluarga atau untuk bersantai, melepaskan beban, dan bersenang-senang  untuk menjaga tingkat stres anda di bawah kontrol.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More