RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA :
LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.2 Memberikan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di seko~ah
2. BAHASA
INDONESIA
1.2 Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
3.2 Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh denqan kalimat sederhana
3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampal 20
2.1 Menentukan
waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)
4. ILMU PENGETAHUAN
ALAM .
1.3 Membiasakan
hid up sehat
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menceritakan
hidup rukun di rumah
·
Membeni
contoh hidup rukun di rumah
·
Menjelaskan
akibat tidak rukun di rumah
·
Menceritakan
hidup rukun di sekolah
·
Memberi
contoh hidup rukun di sekolah
·
Menjelaskan
akibat tidak rukun di sekolah
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mengenal
huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
·
Mernbaca’nyaring
kalimat sederhana
·
Mengenal
huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana
·
Mendesknipsikan
benda-benda di sekitar kita
·
Menyebutkan
kegunaan benda di sekitar kita
·
Mengenal
anggota tubuh
·
Mempraktikkan
cara-cara merawat anggota tubuh
3. MATEMATIKA
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
·
Menyelesaikan
masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan
21-50
·
Menyelesaikan
masalah datam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2
1-50
·
Memberi
contoh kegiatan yang lama atau sebentar
·
Membedakan
waktu lama atau sebentar
·
Melakukan
kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
·
Menyebutkan
urutan nama-nama hari dalam satu minggu
·
Menyebutkan
urutan nama-nama bulan dalam setahun
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Menjelaskan
cara hidup sehat
·
Menceritakan
kebiasaan hidup sehat
·
Menerapkan
hidup sehat dalarn kehidupan sehari-hari
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan
nama Iengkap dan nama panggilan
·
Menyebutkan
alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
·
Menyebutkan
keluarga yang tinggal dalam satu rumah
·
Melakukan
sikap hormatpada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
: Menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Memberi contoh hidup rukun di rumah
3. Ménjelaskan akibat tidak rukun dirumah
4. Menceritakan hidup rukun di sekolah
5. Memberi contoh hidup rukun di seko!ah
6. Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
7. Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi
yang tepat
8. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
9. Menceritakan hidup rukun di sekolah
10. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar kita
11. Menáeritakan kegunaan benda di sekitar kita
12. Mengenalkan anggota tubuh
13. Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
14. Menyelesaikan rnasalah yang berkaitan dengan penjumlahan
bilangan 2 1-50
15. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pengurangan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
17. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal
cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
18. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama
Hari”
19. Memberl contoh kegiatan . yang lama atau
sebentar
20. Membedakan waktu lama atau sebentar
21. Melakukan kegiatan seharii-harii yang
sebentar atau lama
22. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu
minggu
23. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam
setahun
24. Menjelaskan cara hidup sehat
25. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
26. Mempraktikkan hidup sehat
27. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
28. Mempraktikkan hidup séhat
29. Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
30. Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan
saudara
31. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu
rumah
32. Melakukan sikap honmat pada orang lain (orang
tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar