RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA :
PENGALAMAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.3 Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah
2. BAHASA
INDONESIA
2.2 Menyapa orang
lain dengan menggunakän kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang èantun
4.3 Mencontoh
huruf, kata atau kalimat sederhana dan buku atau papan tulis
3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
2.1 Menentukan
waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)
4. ILMU PENGETAHUAN
ALAM .
1.3 Mengenal
benda yang dapat diubah bentuknya
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Menceritakan
pengalaman diri
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan
keluarga yang tinggal dalam satu rumah
·
Melakukan
sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)
·
Memberi
contoh hidup rukun di rumah
·
Membeni
contoh hidup rukun di sekolah
·
Menjelaskan
akibat hidup tidak rukun
·
Menyebutkan
manfaat hidup
2. BAHASA
INDONESIA
·
Menyapa
orang lain
·
Menjelaskan
kata tanya untuk menyapa orang lain
·
Menggunakan
kalimat sapaan dengàn benar
·
Menulis
kata tanya
·
Membuat
kalimat tanya dengan kata yang sederhana
3. MATEMATIKA
·
Menyelesaikan
masatah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
·
Menyelesaikan
masalah dalam bentuk scat cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan
21-50
·
Menyelesaikan
masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2
1-50
·
Memberi
contoh kegiatan yang lama atau sebentar
·
Membedakan
waktu lama atau sebentar
·
Melakukan
kegiatan seharii-harii yang sebentar atau lama
·
Menyebutkan
urutan nama-nama hari dalam satu minggu
·
Menyebutkan
urutan nama-nama bulan dalam setahun
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Membedakan
bentuk suatu benda
·
Mengelornpokkan
benda yang sama bentuknya
·
Menjelaskan
perubahari bentuk benda melalui perlakuan yang berbeda
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkani
keluarga yang tinggal dalam satu rumah
·
Melakukan
sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
·
Menceritakan
dan menutis penistiwa menyenangkan yang pernah dialami
·
Menceritakan
dan menulis penistiwa tidak menyenangkan yang pernah dialami
·
Menceritakan
kembali hal-hal yang pemah dialami berdasankan cerita orang tua atau orang lain
·
Menyebutkan
peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang
tua atau orang lain
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Nama-Nama
Hari”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam
satu rumah
3. Melakukan sikap hormat pada orang lain
(orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
4. Memberi contoh hidup rukun di rumab
5. Memberi contoh hidup rukun di sekolah
6. Menjelaskan akibat hidup tidak rukun
7. Menyebutkan manfaat hidup rukun
8. Menyapa teman sebaya dengan benar
9. Menggunakan kata tanya untuk menyapa orang
lain
10. Membuat kalimat sapaan secara lisan
11. Menulis kata tanya (apa, siapa, di mana)
12. Membuat kalimat Tanya dengan benar
13. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjurniahari bilangan 2 1-50
14. Menye!esaikan masalah yang berkaitan dengan
pengurangan bilangan 21-50
15. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal
cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
17. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama Hari”
18. Membeni contoh kegiatan yang lama atau
sebentar
19. Membedakan, waktu lama atau sebentar
~20. Melakukan
kegiatan sehari-hari yang sebentar atau larna
21. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu
minggu
22. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam
setahun
23. Membedakan bentuk suatu benda
24. Mengelompokkan benda yang sama bentuknya
25. Menjelaskan perubahari bentuk benda melalui
penlakuan yang berbeda
26. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu
rumah
27. Melakukan sikap hormat pada orang lain (orang
tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
28. Menceritakan dan menulis penistiwa
menyenangkan yang pernah dialami
29. Menceritakan dan menulis peristiwa tidak
menyenangkan yang pernah dialami
30. Menceritakan kembali hal-hal yang pemah
dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
31. Menyebutkan penistiwa yang pernah terjadi di
lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
0 komentar:
Posting Komentar