RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 2
TEMA : PERISTIWA ALAM
ALOKASI WAKTU 2
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.2 Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
2. BAHASA
INDONESIA
5.2 Menyebutkan
isi dongeng
8.2 Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
3. MATEMATIKA
4.3 Menentukan
nilai tempat puluhari dan satuan
4.5 Menggunakan
sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.2 Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak (baterai, per I
pegas, dorongan tangan dan magnet)
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
2.2 Mendeskripsikan
letak rumah
II. INDIKATOR
1. PKN
4.1.1 Melaksanakan
tata tertib di rumah
4.1.2 Menyebutkan
kegiatan di rumah pada siang hari
4.1.3 Menyebutkan
kegiatan di rumah pada malam hari
4.1.4 Menjelaskan
akibat tidak melaksanakan tata tertib
2. BAHASA
INDONESIA
5.2.1 Mendengarkan
dongeng yang dibacakan guru
5.2.2 Menyebutkan
nama-nama tokoh dongeng
5.2.3 Menceritakan
kembaIi isi dongeng dengan kata-kata sendini
5.2.4 Menjawab
pertanyaan isi dongeng
8.2.1 Membaca
pulsi
8.2.2 Menyalin
puisi dengan huruf tegak bersambung
3. MATEMATIKA
4.3.1 Menulis
bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan puluhari dan satuan
4.3.2 Menentukan
nilai tempat puluhari dan satuan
4.3.3 Menentukan
bentuk panjang dan suatu bilangan
4.3.4 Menjumlah
dua bilangan dengan cara susun panjang
4.3.5 Menjumlah
dua bitangan dengan cara susun pendek
4.5.1 Menentukan
sifat pertukaran pada penjumlahan
4.5.2 Menentukan
sifat pengelompokan pada penjumlahan
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
4.2.1 Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak
4.2.2 Menyebutkan
cara benda bergerak
4.2.3 Menyebutkan
sumber energi
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
2.2.1 Menyebutkan
arah mata angina
2.2.2 Menyebutkan
letak rumah sesuai arah mata angina
2.2.3 Menggambar
denah rumah
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
: Menyanyikan lagu “Arah Mata Angin”
B. KEGIATAN Inti
1. Melaksanakan
tata tertib di rumah
2. Memberikan
contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
3. Menyebutkan
tata tertib di rumah dan di sekolah
4. Menjelaskan
akibat apabilĂ tidak metaksanakan tata tertib
5. Menceritakan
isi dongeng dengan kalimat sederhana sesual kemampuan anak
6. Menyebutkari
tokoh-tokoh dongeng yang didengar
7. Membaca
puisi
8. Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung secara benar
9. Menulis
bilangan dua angka
10. Menentukan
nitai tempat
11. Menentukan
bentuk panjang
12. Menjumlah
buangan dengan cara susun panjang
13. Menjumlah
bUangan dengan cara susun pendek
14. Menentukan
sifat pertu-karan pada penjumlahan
15 Menuhs sifat pengetompokan pada penjumlahan
16. Mengidentifikasi
gerak benda
17. Menceritakan
penyebab benda bergerak
18. Menyebutkan
sumber energi
19. Menyebutkan
arah mata angin
20. Mengidentifikasi
letak rumah sesuai arah mata angin
21. Menggambar
denah rumah siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Si Kancil”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar