Jumat, 04 Mei 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan Hal 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  I (Satu)
Semester                      :  I (Satu)



Bab 1

Kompetensi Dasar                      
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

Indikator
Menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah (keluarga) dan di sekolah.

Alokasi Waktu                             :     4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerapkan cara-cara hidup rukun di rumah (keluarga) dan di sekolah.

B.  Materi Ajar
Menerapkan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelas.
4.   Tanya jawab.
5.   Ceramah.
6.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai anak berangkat ke sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Bertanya jawab tentang kesukaan dan kebiasaan anak-anak di sekolah, dan meskipun berbeda agama, berbeda kesukaan dan berbeda kebiasaan, tetap harus rukun, tidak boleh bertengkar.
b)   Guru menjelaskan apa akibatnya jika tidak rukun dengan teman sekolah.
c)  Siswa ditugaskan untuk selalu rukun dengan semua temannya meskipun berbeda kesukaan, berbeda agama dan berbeda kebiasaannya.
d)   Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerukunan dalam keluarga dan antara teman sekolah, macam-macam agama di Indonesia, contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah, serta cara menerapkan  hidup  rukun di rumah dan di sekolah, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 22-24, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang tertib di rumah dan di sekolah.

E.  Sumber/Bahan Belajar
a)   Gambar yang mencerminkan cara hidup yang tidak rukun di rumah dan di sekolah.
b)   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 18-24.
c)   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
                 
               Teknik                      :        tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    :        penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan berekspresi melalui gambar), pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).

Contoh Instrumen    :       
1.   Buatlah gambar yang menggambarkan kerukunan di dalam keluargamu.
2.   Supaya hidup rukun kita harus ...
       a.  Saling membenci
       b.  Saling memukul
       c.  Saling menghormati
3.   Apabila ada teman yang bertengkar kamu akan ...

                                
                                    __________,  _____________________

             
             Mengetahui,                                      
           
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran Pkn

 _______________________                                      _______________________
  NIP.                                                                         NIP.



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More